Notification

×

Iklan

Iklan

Berburu Katupek Pitalah Di Tempat Aslinya

21 Januari 2018 | 20.52 WIB Last Updated 2018-11-16T15:16:19Z
Sajian Katupek Pitalah yang menggunakan Belanga tanah untuk memasaknya ( foto: Uda Rafi )
Tanah Datar - Ketupat sayur adalah makanan yang populer atau mudah ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Pun demikian pula adanya di daerah Sumatera Barat. Karenanya ketupat sayur dengan mudah ditemui. Dalam bahasa Minangkabau ketupat disebut dengan katupek.

Dan salah satu menu ketupat khas Minangkabau yang sudah tidak asing lagi adalah Katupek Pitalah.

Makanan khas Sumatera Barat ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Katupek merupakan bahasa minang yang berarti Ketupat dan Pitalah adalah nama sebuah tempat di Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. Katupek pitalah dan karupuak pitalah sebenarnya berasal dari Bungo Tanjung, tapi yang terkenal adalah katupek pitalah.

Menyantap katupek pitalah ini sama halnya dengan makanan pengganti nasi. Dibuat dari beras dengan air yang agak banyak sehingga nasi menjadi lunak seperti bubur, setelah masak kemudian didiamkan dalam wadah hingga menjadi ketupat yang lembut dan kenyal.

Untuk kuahnya, bahan utama yang digunakan adalah nangka, rebung, kol, lobak serta ketimun. Semua bahan tersebut dimasak dengan mencampurkan santan serta bumbu-bumbu khasnya seperti jahe, kunyit, lengkuas,  lada, kemiri, cabai serta tambahkan sedikit gula. Semua bahan di campur dan diaduk hingga masak. Ketupat pitalah siap disajikan dengan dengan kuah nangka yang terasa nikmat dengan diberi kerupuk. 

Dan Anda akan menemukan sensasi yang luar biasa ketika Anda menikmati Katupek Pitalah langsung di tempat aslinya yaitu Pasar Pitalah. Pasar yang hanya dibuka pada hari Minggu saja ini, menyajikan sajian Katupek Pitalah yang khas .

Ketupat yang disajikan ukurannya lebih besar dari yang biasa dan gulai atau sayur dihangatkan terus dalam belanga tanah.
Jika Anda berkesempatan mengunjungi Pasar Pitalah di hari Minggu, Anda dapat menjumpai penjual Katupek Pitalah di Los bagian tengah Pasar Pitalah. Dengan harga yang relatif terjangkau yakni Rp.5000, - , sajian Katupek Pitalah yang lezat sudah dapat Anda nikmati. Di pasar Pitalah, akan terlihat sejumlah pedagang katupek berjejer di loos pasar berbaur dengan penjual makanan Kampuang lainnya.

Banyak pengunjung Pasar yang singgah untuk menikmati Katupek Pitalah ini datang dari luar kota. Bahkan tidak jarang mereka sengaja datang ke Pasar Pitalah hanya untuk sarapan Katupek Pitalah. Disamping ingin berburu jajanan Kampuang lainnya .

Pasar Pitalah memang cukup unik dan khas, sangat prospektif untuk dikelola menjadi sebuah destinasi wisata oleh para stakeholder yang terkait.

Bicara dari segi gizi, katupek mengandung banyak kalori karena bahan dasarnya adalah beras.Dan karena dimasak sangat lama, ketupat tidak cepat basi. Perkiraan kandungan gizi ketupat. Kalori 119 kkal, protein 1,4 gr, lemak 0,07 gr, karbohidrat 27 gr, serat 0,14 gr.

Budi

×
Kaba Nan Baru Update