Dunia Sekolah

IKLAN

381 Santri ikuti ajang MTQ ke 44 Tingkat Kota Sawahlunto

On Friday, November 09, 2018

Ketua Pelaksana MTQ Seldra Yosef (Kiri), Camat Silungkang Aholongan (Tengah), Walikota Sawahlunto Deri Asta (Kanan)


Sawahlunto - MTQ ke-44 Tingkat Kota Sawahlunto resmi dibuka. Gelaran dua tahunan tersebut dibuka secara langsung oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta di Lapangan Cinto Moni Kecamatan Silungkang, Rabu (7/11) Pagi.

MTQ yang diselenggarakan satu kali dua tahun itu diikuti sebanyak 381 orang peserta dengan 71 official. Ada sebanyak 10 cabang yang akan diperlombakan, meliputi tilawah, tartil, khaligrafi, hifzil/tahfiz, adzan dan Khutbah jumat, syarhil al Quran, mubaligh cilik, penyelenggaraan jenazah hingga cabang Fahmil al Quran. 

Camat Silungkang Aholongan bersama ketua panitia Seldra Yosep mengatakan, dari empat Kecamatan yang mengikuti MTQ, peserta terbanyak yaitu Kecamatan Silungkang hingga 102 peserta, sementara Talawi ada sebanyak 96 peserta, Barangin 98 peserta dan Kecamatan Lembah Segar 85 peserta.

Selama tiga hari ini Peserta, Panitia maupun Dewan Hakim akan diberikan pemondokan, "Untuk Khafilah di Sekolah, Pemondokan Panitia dan Dewan Hakim di rumah warga,"ungkapnya.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan, pihak pemerintahan Daerah mendukung penuh agenda MTQ ini, karena kegiatan MTQ ini sangat berguna untuk anak anak agar lebih dekat dengan Kitab Suci, "Jadi tentu jika anak anak sudah belajar al Quran akan membentuk karakter yang bagus demi masa depan mereka dan bangsa," ujar Walikota.

"Saya harap kita semua dapat mengimplementasikan makna al Quran pada kehidupan sehari hari. Karena itulah tujuan utama dari perlombaan ini dan saya harap anak anak kita mampu mengukir prestasi sampai tingkat Nasional nantinya," sambungnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto, Idris Nazar dalam sambutannya mengungkapkan bahwa warga masyarakat patut bersyukur mempunyai pimpinan yang terus mendukung akan kegiatan keagamaan diantaranya MTQ ini.

"Karena dengan memahami al Quran akan memabawa kita pada nilai nilai yang dibutuhkan dalam membangun negeri," ujarnya.

Ditambahkan oleh Idris, perlombaan MTQ tingkat Provinsi akan dipercepat pada Bulan Maret tahun 2019 mendatang di Kota Solok."Hasil dari MTQ ini akan membawa anak anak sekalian pada tingkat Provinsi nantinya, dan jika berhasil juga akan mengantarkan pada tingkat Nasional," tutup Idris. (dyko)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

HUKRIM

Video Moment

LOWONGAN KERJA

INSPIRASI KEHIDUPAN

CARITO LAPAU