Notification

×

Iklan

Iklan

Di Payakumbuh Minat Baca Masyarakat Masih Rendah

03 Desember 2018 | 20.14 WIB Last Updated 2018-12-03T13:14:01Z


Payakumbuh - Dinas Arsip dan Perpustakaan kota Payakumbuh menggelar stakeholder meeting tim sinergi se-kota Payakumbuh di aula ex. Balaikota bukik Sibaluik, Senin (3/12). Kegiatan ini diikuti beberapa SOPD lingkup Pemerintah kota (Pemko), seperti Dinas Pertanian, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Ketapang, Diskominfo, dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Disnaker, kecamatan, kelurahan yang menjadi mitra usaha, dan dari pihak BUMN seperti perbankan se-kota, Telkom, Pegadaian dan dari pengelola perpustakaan kelurahan atau TBM (Taman Baca Masyarakat) kota Payakumbuh. 

Ir. Zulinda Kamal selaku Kadis kantor Arsip dan Perpustakaan kota Payakumbuh dalam sambutan nya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah supaya perpustakaan dari kelurahan saat ini dapat bertemu dengan stakeholder agar nanti nya mampu menjadi peran mitra dalam perkembangan minat baca dan pusat kegiatan di masyarakat. 

"Dan perlu juga kita ketahui semua bahwa kota Payakumbuh sudah menjadi mitra dari perpuseru (perpustakaan seru) yang mana nanti kita dapat melaksanakan kegiatan tidak hanya tentang literasi saja, nanti kita bisa membuat kegiatan yang dapat meningkatkan perkembangan dan kemajuan di masyarakat. Dan kita juga dapat bantuan dari pihak coca cola foundation indonesia dan dana nya didapat dari billgates foundation (microsoft), nanti digunakan untuk perkembangan perpustakaan dan perkembangan literasi untuk kemajuan masyarakat," ungkap Zulinda Kamal. 

Jadi melalui meeting stakeholder ini, kata Zulinda Kamal, dari 13 kelurahan mitra usaha saat ini sudah merencanakan kegiatan selama 2019 nanti dan untuk SOPD dan dari perbankan se-kota dapat men-support dan membantu untuk kelancaran dan kemajuan perkembangan literasi kota Payakumbuh kedepannya, dikarenakan secara finansial dinas Arsip dan Perpustakaan kota Payakumbuh belum mampu secara mandiri untuk melakukan kegiatan kegiatan yang telah di rencanakan nantinya.

“Kita berharap, agar semuanya dapat bersinergi untuk kelancaran dan dapat berkembang nya untuk literasi di kota Payakumbuh ini," harap Zulinda.

Sementara Walikota Payakumbuh diwakili Staf ahli bidang kemasyarakatan dan SDM Syahril, menyampaikan akan keprihatinan nya terhadap minat baca masyarakat saat ini, terutama untuk anak muda yang sungguh sangat jauh sekali dari keinginan membaca buku. Dan melalui meeting ini, kita semua berharap kedepannya untuk perkembangan minat baca di tengah masyarakat dapat semakin baik dan bagus.

"Serta dilihat juga dari perkembangannya semua sudah serba digital, apapun itu termasuk untuk membaca juga sudah bisa didapatkan di hp atau komputer di karnakan sekarang sudah banyak beredar soft copy di internet sehingga buku buku yang ada menjadi tidak dilihat lagi karna sudah digantikan oleh hp atau komputer. Dan ini sekarang menjadi tugas kita semua agar kedepannya minat baca di masyarakat dapat tumbuh dan berkembang lagi sehingga perpustakaan yg ada saat ini dapat secara maksimal digunakan," imbuh Syahril. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update