Latihan Alam dan Pengukuhan Anggota Tetap Komunitas Seni Kuflet

Iklan Semua Halaman

Latihan Alam dan Pengukuhan Anggota Tetap Komunitas Seni Kuflet

Admin Minangkabau
10 December 2018

Padangpanjang --  Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang melaksanakan Latihan Alam. Kegiatan ini dilaksanakan di Tiang Baleh, Lorong Kubu Nan Ampek, Kecamatan Batipuh Barueh, Kabupaten Tanah Datar pada 8-9 Desember 2018.

Acara ini diikuti oleh 26 orang dengan rincian 16 anggota baru, lima orang alumni, dan 5 orang panitia  Latihan Alam kali ini bertemakan Merajut Kekeluargaan Bersama Alam” Papar Munawir Ketua Panitia Pelaksana, Saat ditemui disela-sela latihan alam. (9/12).

Ketua Umum Kuflet Soleha Hasana Nasution mengatakan “Latihan Alam ini secara rutin dilaksanakan setahun sekali, apalagi jika ada anggota baru, maka latihan Alam dilaksanakan sekaligus untuk mengukuhkan anggota baru (Magang) menjadi anggota tetap.


Dari 16 anggota magang yang dikukuhkan hanya 9 orang karena 9 peserta ini telah memenuhi syarat dan lulus dalam mengikuti proses latihan Alam. Sementara 7 peserta gagal menjadi anggota tetap Kuflet karena tidak mampu mengikuti enam tahap latihan alam yang telah menjadi ciri khas Kuflet.

Kuflet telah melakukan 20 kali Latihan Alam sejak didirikan  21 tahun silam tepatnya 12 Mei 1997” Tutur sang Ketua yang juga Sutradara Teater itu.


Koordinator Lapangan Ichsan Saputra, mengatakan “Latihan Alam dengan materi pertama, Sosialisasi AD/ART disampaikan  Soleha Hasanah Nasution (Ketua Kuflet) dan Widi Sutrisman (Sekretaris Kuflet). 


Kedua, Manajemen Kepimpinan dengan narasumber Muhammad Subhan, S.Sos.I (Novelis dan Ketua Forum Pengiat Literasi Kota Padangpanjang). Ketiga materi Olah Rasa dipimpin oleh Fadli. Keempat, dilanjutkan dengan materi olah sukma dan Meditasi dengan narasumber Dr. Sulaiman Juned, M.Sn (Pendiri/Penasihat Kuflet). Kelima, materi Olah Tubuh yang digawangi oleh Sekretaris Umum Widi Sutrisman. 


Keenam. Materi terakhir yakni Olah Pernafasan dan Vokal yang diberikan oleh Sherly Eka Putri (Alumni Kuflet). Jika keenam tahap latihan ini dapat dilalui oleh anggota magang, sudah tentu anggota baru akan menjadi anggota tetap” Ucapnya.   
Munawir Menambahkan “Sembilan orang yang dikukuhkan oleh Penasihat Kuflet Dr. Sulaiman Juned, M.Sn   selesai latihan alam sehingga sah menjadi anggota tetap adalah, Mainana Sari, Nurlaili, Muhammad Wildan, Hasmar Affandi, Variza Oktavia, Sukma Mutiarani, Fahrizal, Mursidiq, M. Furqan Al-Farizi. Selamat datang di rumah Kuflet semoga mampu membawa Kuflet ke arah yang lebih baik”  Tambahnya. 



Sejarah Singkat Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang, Sumatera Barat Komunitas Seni Kuflet didirikan di Kota Padangpanjang pada 12 Mei 1997 oleh seniman, sastrawan dan tokoh seni diantaranya Prof. Dr. Mursal Esten, Dr. Sulaiman Juned S.Sn.,M.Sn, Drs. Jufri, M.Sn, Wiko Antoni, S.Sn.,M.Pd, Maizul, SS,  dan Netti Herawati S.S. Kuflet berasal dari bahasa Yunani, berarti bait dalam puisi, menyatukan antara satu baris dengan baris yang lain saling berhubungan. Jadi, Kuflet amsalnya suatu kumpulan satu orang dengan orang lain sehingga membentuk kelompok yang memiliki tujuan sama, yaitu kekeluargaan.

Menilik sejarah lahirnya Komunitas Seni Kuflet tercatat sebagai sejarah berkembangnya seni teater modern di Padangpanjang dan Sumatera Barat. Selama 21 tahun telah ikut amdil dalam proses kreatifitas seni di Sumatera Barat baik dalam pementasan, pendidikan, diskusi publik dan kegiatan seni lainnya. 



Selain di Sumatera Barat, karya terbaik Komunitas Seni Kuflet juga aktif pementasan di panggung-panggung nasional dan internasional. Melalui proses kreativitas ini Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang telah melahirkan tokoh seni, seniman, kritikus, penulis dan sastrawan.

Kegiatan Komunitas Seni Kuflet awalnya hanya di bidang Teater saja, tapi  perkembangan selanjutnya Kuflet membuka bidang Sastra, Jurnalistik, Pelatihan Musik, dan Tari. Kuflet juga kemudian membuka ruang untuk jadi penerbit buku-buku seni.  

Maka lahirlah Novel, Antologi Cerpen, Antologi Puisi, kumpulan esai, dan sebagainya dari penerbit Kuflet Publishing Padangpanjang. Kuflet juga memiliki ruang pengabdian kepada masyarakat, melalui Event Organizer melaksanakan kegiatan-kegiatan seni yang bermanfaat bagi masyarakat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu, Kuflet selalu memberikan pencerahan dalam  membicarakan dan mendiskusikan tentang Seni Rupa dan Desain.

Bidang pertunjukan Kuflet melatih anggotanya untuk menjadi aktor dan aktris handal dan profesional dalam pemeranan. Juga melatih anggota menjadi sutradara dalam menggarap suatu pertunjukan. 

Kemudian melakukan pertunjukan teater baik  dalam event lokal maupun nasional. Garapan-garapan teater modern Indonesia yang berangkat dari akar tradisi teater yang ada Indonesia adalah ciri khas Komunitas Seni Kuflet. Kuflet selalu saja berangkat dari kekayaan seni lokalitas dijadikan mendunia. 

Sementara Bidang Pelatihan, melaksanakan pola pelatihan calon aktor/aktris di Komunitas Seni Kuflet melalui pengembangan pelatihan teknis dan psikologis. Literatur yang menjadi acuan adalah literatur umum tentang pola-pola latihan yang sudah ada digabungkan dengan ekplorasi teori-teori psikoanalisis. 

Pelatihan Tekhnis terdiri dari, pelatihan Tubuh, pelatihan Sukma dan Pelatihan Vokal.  Pelatihan Psikologis terdiri dari melatih konsentrasi, mengikuti kata hati, menjadi diri sendiri, menceritakan pengalaman unik, menceritakan pengalaman terpahit, mengelola agrophobia, menganalisa lingkungan, memerankan lakon hidup, konsentrasi gruping, talenta pentas, latihan interaktif, refleksi aksi, menyusun ide, visual skenario improvisasi, anatomi drama dan visual peran.



Sedangkan Bidang Sastra, melaksanakan diskusi sastra baik teknik kreatif menulis maupun teori-teori sastra. Narasumbernya berasal sastrawan Nasional dari berbagai daerah, dosen-dosen sastra dan teater, dan juga anggota Kuflet sendiri sebagai sarana pembelajaran agar mampu menjadi narasumber. Melatih penulisan/pembacaan puisi, dan cerpen, serta penulisan naskah lakon. Menerbitkan antologi puisi dan cerpen. Bidang ini untuk melahirkan penulis-penulis muda yang berasal dari Padangpanjang.

Bidang Event Organizer, kuflet Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan kegiatan Seminar Sastra Nasional, Diklat Karya Tulis Ilmiah, Lomba Baca Puisi, lomba cipta puisi, worshop teater, Festival Teater Remaja dan Festival Lagu Minang. Juga bidang ini mengorganisir manajemen produksi dari karya-karya seni pertunjukan tari, musik, teater dan juga  memenej pameran Seni Rupa dan Seni Kriya.

Sedangkan Bidang penerbitan/Kuflet Publishing dapat menjadi nadi Kuflet untuk menerbitkan karya-karya tulis. Selain untuk anggota Kuflet penerbitan juga terbuka untuk umum. Melalui Kuflet Publishing, Komunitas Seni Kuflet menerbitkan berupa buku antologi puisi, antologi cerpen, kolom, cerpen, novel, dan naskah lakon. 

Beberapa buku telah diterbitkan oleh kuflet publishing yaitu Novel Cinta di Kota Serambi Karya Irzen Hawer dan Buku Antologi Puisi Tiga Penyair cilik "Negeri di Atas Langit" Karya Soeryadarma Isman, Shania Azzira dan Shalsabilla Oneal Dhiya Ulhaq. Antologi Puisi Negeri di Atas Kabut Karya Sulaiman Juned, Antologi Puisi Aceh 5,03 6,4 SR, dan Naskah Lakon Menjilat Bulan Karya Sulaiman Juned.

Berdasarkan kegiatan-kegiatan tersebut Komunitas terus melakukan regenerasi untuk melahirkan seniman muda, jurnalis muda dan sastrawawan muda. Bagi anggota maupun alumni Komunitas Seni Kuflet organisasi ini sudah menjadi rumahnya berkesenian. Tidak hanya sebagai wadah berkreativitas, Kuflet bagi mereka sudah seperti rumah sendiri dalam menjaling hubungan kekeluargaan dan persaudaraan. 

Melalui proses latihan Alam telah menjadikan alumni Komunitas Seni Kuflet tetap bersaudara meskipun sudah tersebar di seluruh Indonesia dalam mengembangkan prpfesinya masing-masing. Ilmu dan keterampilan yang mereka dapatkan di Kuflet sudah dapat digunakan dalam pengembangan proses berkesenian baik membuka sanggar maupun pelatihan dan pendidikan lainnya. (Kuflet )