Notification

×

Iklan

Iklan

Gebrakan Baru Polres Solok Kota, Pengurusan SIM Bisa dilakukan Malam Hari

06 Januari 2019 | 13.32 WIB Last Updated 2019-01-06T06:32:41Z

SOLOK KOTA – Kepolisian Resort (Polres) Solok Kota di bawah pimpinan Kapolres AKBP. Dony Setiawan,S.IK,MH sejak Juni 2017 sampai sekarang, benar – benar berhasil dan sukses mengundang kekaguman. 

Deretan prestasi, penghargaan dan apresiasi mengalir deras dari berbagai pihak, baik pemerintahan, stake holder, organisasi bahkan tokoh masyarakat. AKBP. Dony Setiawan S.I.K,MH  Juga di anugerahi gelar penghormatan dari lembaga adat nagari Kota Solok. Adapun gelar adat yang dititahkan kepada Kapolres AKBP. Dony Setiawan adalah Datuak (Dt.) Pandeka Rajo Mudo, Pada Bulan November 2017 Lalu.

Puncaknya, di penghujung tahun 2018, Kepolisian Resort (Polres) Solok Kota berhasil meraih prestasi / penghargaan bergengsi tingkat nasional, dengan ditetapkannya oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) sebagai unit kerja Wilyah Bebas Korupsi (WBK) sekaligus dinobatkan sebagai penyelenggara pelayanan public berprediket “Sangat Baik”. Bahkan, Kapolres Solok Kota AKBP. Dony Setiawan pun ditahbiskan sebagai pelopor perubahan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Lingkungan Polres Solok Kota.

Penghargaan yang diperoleh Polres Solok Kota itu tak terlepas dari kesungguhan dan ketulusan para personil Polres tersebut dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

Tak puas sampai di situ, AKBP. Dony Setiawan juga menghadirkan pelayanan SPKT mobil di depan Taman Syeck Kukut Kota Solok. Sabtu (5/1) malam, dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Berbagai langkah dan strategi dilakukan oleh Polres Solok kota semua upaya dalam peningkatan pelayanan yang dilakukan tidak terlepas dari motivasi dan target Polres Solok Kota dalam mencapai predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)".ucap Dony.



Menurut AKBP. Dony Setiawan, SPKT mobile ini konsepnya adalah dengan menghantarkan pelayanan ke tengah masyarakat, yang tujuannya untuk lebih memudahkan lagi bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan itu sendiri.

“SPKT mobile ini Sasarannya ialah, pusat keramaian. Untuk saat ini kita hadirkan di Taman Syech Kukut Kota Solok”, ungkap Dony.

Ditambahkan orang nomor satu Polres Solok Kota itu, bahwa untuk kedepan, pelayanan SPKT Mobile ini akan dijadikan rutinitas tambahan Polres Solok Kota, yang digelar setiap malam minggu dan hari libur, dengan harapan memberi kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan yang dibutuhkan, terutama bagi masyarakat yang sibuk pada hari kerja.

Dijelaskan Dony, SPKT Mobile ini sudah kali keenam hadir di Taman Syech Kukut Kota Solok ini, namun, pelayanan pengurusan SIM baru pertama kali malam ini. Menurutnya, antusias masyarakat cukup tinggi terhadap upaya kemudahan pelayanan yang disuguhkan jajaran Polres Solok Kota ini.

“Antusias masyarakat terhadap hadirnya pelayanan SIM di tempat ini cukup tinggi. Sebagai kali pertama dalam menghadirkan pelayanan pengurusan SIM pada SPKT Mobile ini, masyarakat yang mengunjungi dan berinteraksi dengan petugas, baik untuk pengurusan SIM maupun untuk memperoleh informasi cukup tinggi, diperkirakan enam puluh orang lebih”, terangnya.



Sementara itu, Kasat Lantas Polres Solok Kota IPTU. Sugeng Riadi,SH menerangkan, pengurusan penerbitan SIM pada pelayanan SPKT Mobile ini tetap mengacu pada prosedur yang ada.

“Kita tetap laksanakan ujian teori dan praktek. Untuk penerbitan SIM C (Sepeda Motor) semua tahap ujian kita lakukan di sini. Namun, untuk penerbitan SIM A (Kendaraan Roda 4), hanya ujian teori yang dilakukan di sini, sementara untuk ujian praktek tetap dilaksanakan di Kantor Sat Lantas Polres Solok Kota pada hari Senin esok”, jelasnya.

Jadwal pelayanan SPKT Mobile, diterangkan Sugeng, untuk hari Sabtu, pelayanan dibuka setelah waktu Shalat Maghrib, dimana pendaftaran dibuka sampai pukul 20.30 WIB dan dilanjutkan dengan proses penerbitan, hingga selesai, sekira pukul sepuluhan. Sementara, untuk hari libur, dibuka mulai pagi.

Lebih jauh diungkapkan IPTU. Sugeng dari 22 orang yang ikut tes, 14 lolos sementara 8 tidak lolos. Untuk yang tidak lolos, bahwa akan dilanjutkan tes pada hari Senin di Kantor. Lebih rinci diterangkan IPTU. Sugeng, bahwa 14 yang lolos itu diantaranya, 3 SIM A baru, 6 SIM C baru , 2 SIM A perpanjangan, dan 3 SIM C perpanjangan. Sementara, 8 yang tidak lolos, 5 diantaranya pengurus SIM A dan 3 SIM C.

“Untuk pengurusan SIM A, uji praktek dilakukan Senin di Kantor, begitupun bagi mereka yang tidak lolos, juga akan dilanjutkan pengujiannya nanti di Kantor pada hari Senin besok”, terang Sugeng.



Ditempat terpisah, salah seorang warga yang turut menikmati pelayanan itu, mengaku sangat terbantu dengan hadirnya pelayanan SPKT Mobile ini, khususnya dalam pengurusan SIM, sehingga ia tidak perlu mengorbankan waktu kerjanya dalam kesibukan siang hari.

“Saya ke sini untuk pengurusan SIM anak saya.  Tentu saya sangat bersyukur dan apresiasi sekali pada Polres Solok Kota dalam memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat. Sehingga saya tidak perlu mengorbankan waktu saya dalam rutinitas siang hari, begitupun anak saya”, ungkap seorang ibu yang diketahui bernama Rosmita.

Pada kesempatan tersebut dihadiri langsung Kapolres Solok Kota AKBP. Dony Setiawan,S.IK,MH dan Kasat Lantas IPTU. Sugeng Riadi,SH, Kanit Reg Ident AIPTU. Suryo Hadi Kartono, serta para personil Sat Lantas Polres setempat. (Nal)
×
Kaba Nan Baru Update