Notification

×

Iklan

Iklan

Disdukcapil Kejar Tayang PRR KTP-El Nol Persen

19 Februari 2019 | 08.07 WIB Last Updated 2019-02-19T01:07:38Z

Payakumbuh - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Payakumbuh kejar tayang untuk menjadikan Print Ready Record (PRR) KTP-El nol persen. Istilah PRR ini adalah masyarakat yang sudah melakukan perekaman KTP-El, tapi belum mengambil KTP-El. Hal ini berguna bagi masyarakat untuk memperoleh hak sebagai Warga Negara Indonesia.

Sampai saat ini, di Kota Payakumbuh masih ada sekitar 700 lebih masyarakat yang sudah PRR. Untuk itu, Disdukcapil jemput bola kelapangan untuk mengejar masyarakat dan memberikan KTP-El miliknya. Hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas Dukcapil, Yunida Fatwa melalui Kasi Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Alfiandra saat melakukan percetakan KTP-El massal di kantor Camat Payakumbuh Utara, Senin (18/02) dengan mengundang sekitar 355 masyarakat yang PRR di Payakumbuh.

Dikatakan, kami harus jemput bola dan kerja ekstra sampai pertengah Maret 2019 ini. Pasalnya, ada target dari pemerintah pusat yang mengharuskan kami untuk nol persen perihal PRR ini.

Menurut Alfiandra, kedatangan Disdukcapil ke Kantor Camat Payakumbuh Utara ini setelah melakukan analisis lapangan dan konsultasi dengan 9 kelurahan di Payakumbuh Utara. Disini banyak terdapat Lansia dan penyandang Difabel yang tidak bisa menjemput KTP-El ke Kantor Disdukcapil. Namun sebelum datang, pihaknya terlebih dahulu mengkomunikasi kegiatan ini kepada lurah-lurah yang ada di Payakumbuh Utara.

“Seminggu sebelum kami datang kesini, sudah ada koordinasi dengan pihak kelurahan yang ada di Payakumbuh Utara ini dan didapat hasil untuk stand by sehari penuh di kantor Camat sehari penuh. Nanti pihak kelurga para lansia dan penyandang difabel yang mengantarkan pemilik KTP-El ke kantor ini,” kata Alfiandra.

Selain stand by di kantor camat ini, rangkaian kerja Disdukcapil untuk mengejar target pemerintah pusat ini juga turun ke rumah-rumah masyarakat.

“Kami juga turun ke rumah-rumah masyarakat. Namun untuk hari ini kami stand by di Kantor Camat Payakumbuh Utara. Besok sudah kembali lagi bergerilya ke rumah-rumah,” ungkapnya.

Dalam kegiatan di kantor Camat ini sampai pukul 12.00 WIB, sudah tercetak lebih 100 KTP-El dan akan berlanjut hingga pukul 15.00 WIB. Jika masyarakat Payakumbuh Utara yang telah diundang, namun berhalangan hadir ke Kantor Camat Payakumbuh Utara bisa mengambil KTP-El dirinya di Kantor Disdukcapil.

“Yang berhalangan hadir, bisa mengambilnya di kantor Disdukcapil. Tinggal di cetak saja, paling lama 10 menit siap. Pasti kami layani dan fasilitasi bagi mereka yang sudah mendapat undangan,” katanya.

Alfiandra juga menyampaikan bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman maupun pengambilan KTP-El, bisa berkoordinasi dengan pihak kelurahannya masing-masing. Nanti pihak kelurahan yang menyampaikan ke Dukcapil, atau bisa langsung ke Dukcapil. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update