Masyarakat Nagari Taruang-Taruang Bahu Membahu Goro Memperbaiki Jalan Yang Rusak

Iklan Semua Halaman

Masyarakat Nagari Taruang-Taruang Bahu Membahu Goro Memperbaiki Jalan Yang Rusak

Admin Minangkabau
17 February 2019

Solok--- Akses jalan yang menghubungkan Nagari Taruang-Taruang, Nagari Siaro aro, Bukit Bais dan Sungai Durian  dalam keadaan rusak berat dan sulit dilewati kendaraan. Hal ini menjadi keprihatinan masyarakat di wilayah tersebut.

Hal ini mendorong sejumlah pemuda yang dikoordinir oleh Indra  ,  berinisiatif memperbaiki jalan yang berlubang dengan mencor secara swadaya bersama masyarakat  Nagari Taruang Taruang Minggu (17/2).

“Kondisi seperti ini sudah lama terjadi, perbaikan jalan yang didambakan masyarakat dari pemerintah tidak kunjung terwujud. Sehingga, kami mengambil inisiatif untuk menimbun lubang-lubang itu dengan swadaya, ” jelas Indra .

Disampaikan Indra , kondisi tersebut jika dibiarkan berlarut-larut, tentunya akan menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Selain rawan kecelakaan bagi pengendara roda dua dengan banyaknya lubang dan genangan air. Juga menghambat akses masyarakat yang merupakan jalur utama bagi warga dari Nagari Taruang Taruang ,Siaro aro, Bukit Bais dan Nagari  Sungai Durian yang ingin bepergian ke Kota Solok ataupun daerah lainnya.


“Alhamdulilah, dengan dibantu warga TNI dan Polres Solok Kota proses penimbunan sudah kita lakukan sejak Minggu (10/2 ) yang lalu  dan  dilanjutkan Minggu ini . 

Sehingga, untuk sementara sudah berkurang lubang yang menganggu pengendara ,  khusunya ketika hari hujan dan jalanan digenangi air,” terang Indra.

Ditambahkan indra, kondisi jalan yang berlubang dan rusak berat itu, tidak hanya terjadi di satu titik saja, bahkan ada beberapa titik disepanjang jalan utama tersebut.

“Kami juga berharap kepada pemerintah daerah dan lembaga terkait untuk memperhatikan akses jalan di Jorong Pangkua Kaciak Nagari  Taruang Taruang Kecamatan lX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok  tersebut, selain sebagai akses utama untuk mengangkut hasil pertanian, juga sebagai akses transportasi masyarakat dari beberapa daerah bertetangga,” pungkasnya.

Dasril Malin Marah dari partai Golkar Nomor urut 2 dan H.Maifen Indra dari Partai Hanura Nomor Urut .5 juga tampak hadir pada kegiatan gotong royong perbaikan jalan ini, kedua orang ini merupakan putra terbaik Nagari taruang -taruang  yang ikut perkompetisi pada pesta demokrasi tahun ini.

Mardius salah seorang Pemuda Peduli Nagari Taruang -Taruang berharap kedua caleg tersebut dapat duduk di DPRD Kabupaten Solok sebagai utusan Kecamatan IX Koto Sungai Lasi sehingga dapat memperjuangkan aspirasi warga setempat.


Iskandar Wali Nagari Taruang Taruang  kepada pasbana.com membenarkan kondisi jalan rusak tersebut, beliau juga bersama perangkat nagari  ikut gotong royong bersama pemuda dan masyarakat.

Iskandar dengan rasa haru  menyampaikan ucapan  terima kasih  yang tak terhingga kepada pemuda dan warga Nagari Taruang-Taruang  yang telah ikut berpartisipasi dalam pembangunan nagari melalui perbaikan jalan yang rusak total sepanjang 500 meter tersebut.

Dengan adanya swadaya dari pemuda, perantau para donatur dan masyarakat yang saling bahu-membahu  menjadikan akses jalan utama ini aman,lancar serta terhindar dari kecelakaan.

Wali Nagari Bukit Bais,  Usnidar  yang merupakan satu-satunya Wali Nagari perempuan di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi ikut hadir dalam kegiatan gotong royong tersebut,  meyampaikan terimakasih kepada warga Nagari Bukit Bais yang ikut berpartisipasi dalam gotong royong perbaikan jalan .

" Karena jalan ini merupakan jalan utama yang dilalui oleh warga masyarakat 4 nagari di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, gotong royong ini sangat membantu, "  ungkapnya.  (nal)