Follow & Like It !

IKLAN

Dunia Sekolah

Polres Kota Solok Semakin Dipercaya Masyarakat

On Friday, February 08, 2019




Solok - Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A,. Ph.D memimpin video conference (Vicon) terkait hasil penelitian perusahaan riset MarkPlus Insight (Marketing+Social Research)  tentang Survei Persepsi Masyarakat Terhadap Polri  yang disaksikan oleh Polda dan Polres Se-Indonesia, Kamis (7/2).

Pada kempatan ini, Kapolri meminta kepada Chairman MarkPlus Insight Hermawan Kertajaya untuk memaparkan hasil survei persepsi masyarakat terhadap kinerja Polri kepada seluruh Kapolda dan Kapolres se-Indonesia.

Dalam paparannya yang berjudul “Memotret Upaya Polri Dalam Membangun Publik Trust : Survei Persepsi Masyarakat Tentang Polri“, Hermawan menerangkan bahwa survei dilaksanakan untuk melihat persepsi masyarakat terhadap implementasi program prioritas Kapolri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A,. Ph.D yang dikenal dengan Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) oleh personil Polri di berbagai satuan wilayah Polda dan Polres.

Selain itu, survei juga dilaksanakan untuk mengidentifikasi skor implementasi Promoter tertinggi Polda dan Polres untuk dijadikan benchmark oleh Polda dan Polres lain di seluruh Indonesia, mengidentifikasi room for improvement untuk mempercepat perwujudan personil Polri Promoter dan rujukan dalam pengelolaan sumber daya manusia.

Hermawan Kertajaya menerangkan bahwa survei dilaksanakan terhadap 29.250 responden yang tersebar di 461 wilayah hukum Polres dengan rincian 8 Polres Metro (@ 150 responden), 5 Polrestabes (@120 responden), 19 Polresta (@90 responden) dan 429 Polres (@ 60 responden). Menurut Hermawan sebagai besar responden berusia 21-25 dengan pendidikan mayoritas adalah SMA atau setingkat SMA dengan persyaratan berusia di atas 18 tahun, memiliki KTP Indonesia, minimal berpendidikan SMA dan tidak memiliki hubungan keluarga dengan Polri.

Menurut Hermawan, pertanyaan survei kepada responden diturunkan dari program promoter yang dibagi menjadi dimensi kinerja, kultur, media, isu terkini dan tingkat kepercayaan. Dimensi Kinerja meliputi pelayanan lalu lintas, penegakan hukum dan Bhabinkamtibmas. Dimensi Kultur meliputi upaya pencegahan pemberantasan korupsi, arogansi kekuasaan, penyalahgunaan wewenang dan humanisme personel Polril. Lalu Dimensi Media meliputi penyampaian informasi melalui media konvensional dan media sosial, Dimensi isu terkini meliputi penanganan kasus yang menjadi perhatian publik. Dan tingkat kepercayaan menilai tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri.

Kemudian metode yang digunakan dalam survei ini menurut Hermawan adalah online survey, computer assisted telephone and personal inverview, call back responden, observasi lapangan dan desk research melalui online media.

Hasil survei MarkPlus menunjukan bahwa Polda Sumbar masuk dengan 10 besar indeks kepuasan dan kepercayaan masyarakat tertinggi dari 34 Polda se-Indonesia. Polda Sumbar memperoleh hasil yang sangat memuaskan dengan indeks kepuasan masyarakat sebesar 83,14 % (peringkat 9 dari 34 Polda) dan indeks kepercayaan masyarakat sebesar 87,86 % (peringkat 10 dari 34 Polda).

Begitu pula Polres Solok Kota yang masuk kategori “Polres di Kota Kecil” memperoleh indeks kepercayaan masyarakat sebesar 100%, dengan 5 urutan peringkat teratas dari 45 Polres se-Indonesia yaitu Polres Padang Panjang (100 %), Polres Solok Kota (100 %), Polres Talaud (100 %), Polres Pak-Pak Barat (98,33 %) dan Polres Sibolga (98,33 %). Dengan perolehan  indeks kepercayaan masyarakat sebesar 100% artinya 100 % responden seluruhnya menyatakan tingkat kepercayaan masyarakat kepada kinerja jajaran Polres Solok Kota sangat baik.

Kemudian untuk indeks kepuasan masyarakat, jajaran Polres Solok Kota menempati peringkat keempat dari 45 Polres dengan kategori “Polres di Kota Kecil” dengan urut-urutan sebagai berikut Polres Talaud (99,85 %), Polres Sibolga (96,15 %), Polres Lingga (95,14 %), Polres Solok Kota (94,95 %), Polres Sawah Lunto (92,98 %) dan Polres Padang Panjang (92,91 %). Dengan indeks kepuasan masyarakat sebesar 94,95 % artinya 94,95 % dari total responden menyatakan sangat puas terhadap pelayanan jajaran Polres Solok Kota sangat baik.

Atas capaian ini, Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Drs. Fakhrizal M.Hum merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada jajarannya serta memotivasi jajarannya agar mempertahankan prestasi yang telah diperoleh.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, S.Ik., M.H., mengapreasiasi kinerja jajarannya dan berterima kasih kepada masyarakat atas penilaian yang sangat memuaskan terhadap kinerja jajaran Polres Solok Kota. “Semoga kami bisa mempertahankannya dan semoga ini menjadi motivasi bagi jajaran Polres Solok Kota untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” pungkas Dony. (Nal)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

IKLAN


HUKRIM

Video Moment

INSPIRASI KEHIDUPAN

CARITO LAPAU