Follow & Like It !

IKLAN

Dunia Sekolah

Relawan Demokrasi Turun Lapangan Sosialisasikan Surat Suara Ke Masyarakat

On Wednesday, February 13, 2019


Padangpanjang – Relawan Demokrasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangpanjang mulai turun kelapangan, pasca dikukuhkan pertengahan Januari kemarin. Hal itu guna mensukseskan Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang.

Salah seorang anggota basis Relawan Demokrasi, Andriko Saputra, kepada Pasbana.com Rabu (13/1) mengatakan, bahwa ia bersama tim turun kelapangan dilatar belakangi oleh partisipasi pemilih yang cenderung menurun.

“Kita turun kemasyarakat guna mensukseskan pemilu serentak nanti, dikarenakan partisipasi pemilih yang cenderung menurun. Dan disini tugas kita untuk mengajak dan mengingatkan masyarakat agar tidak golput serta menggunakan hak suaranya, karena satu suara sangat menentukan,” jelas Andriko.


Selain untuk meningkatkan partisipasi pemilih, Andriko menambahkan, basisnya juga mensosialisasikan terkait jumlah surat suara dan warnanya. Sehingga, pada saat berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilih tidak gagal fokus.

Dijelaskan Andriko, pada Pemilu nanti ada 5 surat suara yang akan dicoblos, masing-masing dengan warna berbeda. Untuk kertas suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden berwarna abu-abu, DPD RI berwarna merah, DPR RI berwarna kuning, DPRD Provinsi berwarna biru, dan DPRD Kabupaten / Kota berwarna hijau.

“Hingga saat ini masih banyak masyarakat kita yang tidak tahu jumlah surat suara serta warnanya. Disinilah peran kita untuk menjelaskan hal tersebut, hingga masyarakat benar-benar paham,” tutur Andriko. 


Andriko juga mengatakan, bahwa pihaknya juga menjelaskan kepada masyarakat terkait surat suara yang ada gambar calon. “Surat suara nanti yang menggunakan foto hanya surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta surat suara pemilihan DPD RI, selebihnya hanya nama calon,” pungkasnya.(Delma)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

IKLAN


HUKRIM

Video Moment

INSPIRASI KEHIDUPAN

CARITO LAPAU