Follow & Like It !

IKLAN

Budaya

Dunia Sekolah

PARIWISATA

Terjatuh di Cadas Gunung Marapi, Seorang Pendaki Harus Dievakuasi Oleh Tim Basarnas

On Sunday, February 10, 2019

Tugu Abel Tasman di area Puncak Gunung Marapi , tempat dimana diinformasikan Korban terpeleset dan terjatuh. (Foto. : Dok. Istimewa )


Tanah Datar  - Seorang pendaki asal Kota Pekanbaru, Ari (27), harus dievakuasi oleh Tim SAR setelah terjatuh di puncak gunung Marapi, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Minggu (10/02/2019).

Diduga korban mengalami patah tulang setelah tergelincir dan menghempas ke batuan cadas.

Korban bersama enam orang temannya melakukan pendakian pada Jumat (08/02/2019) malam. Dan Minggu pagi, korban bersama enam rekannya sudah sampai ke puncak gunung. Setelah puas bermain di puncak, rombongan ini pun turun. Namun, sesampai di tugu Abel, kabut naik dan membuat jarak pandang menjadi terbatas.

Korban pun memilih untuk berhenti dan bermain-main di sekitar tugu Abel. Namun naas, korban yang juga sudah kelelahan tidak terlalu memperhatikan areal lokasi. Akibatnya, korban tergelincir dan terguling sejauh 15 meter.

Melihat Ari terjatuh dan berguling, rekan-rekannya mencoba untuk membantu untuk berdiri. Namun ternyata Ari meraung kesakitan karena pinggang dan kakinya terasa sangat sakit dan tidak bisa digerakkan.

Melihat hal ini, spontan rekannya menghubungi pengawas Gunung Marapi untuk mengevakuasi korban. Diduga, korban mengalami patah tulang karena terhempas bebatuan cadas saat tergelincir.
Dari hasil pemeriksaan terhadap korban,  terdapat luka robek di tumit dan korban merasakan sakit pada pinggang. Hal ini akibat kaki terbentur ke batu cadas di area puncak Gunung Marapi.

Dari catatan di posko pendakian Gunung Marapi, korban an. Ari melakukan pendakian pada Jumat (08/02)  pukul 20.00 WIB bersama 6 (enam) temannya melakukan Pendakian Gunung Marapi dan sebelum melakukan Pendakian Korban bersama teman-temannya melapor ke Posko Pendakian Gunung Marapi.

Pada Minggu (10/02) sekitar pukul 12.00 WIB Basarnas Kabupaten 50 Kota mendapat telepon dari seorang Pendaki An. ABRAR bahwa temannya An. ARI telah terjatuh di Cadas dekat Tugu Abel.

Dan sekitar pukul 20.00 WIB ada seorang pendaki juga melaporkan ke Polsek X Koto bahwa ada Pendaki yang terjatuh di Gunung Marapi, dan setelah mendapat laporan tersebut Kanit Intelkam Polsek X Koto bersama piket SPK langsung menuju Pos lapor Gunung Marapi dan langsung melakukan koordinasi dengan Petugas Pos lapor.

Petugas Pos menyampaikan bahwa memang ada seorang Pendaki yang terjatuh dekat Cadas Gunung Marapi.

Dari laporan terakhir yang berhasil dihimpun,  sampai saat ini 10 orang dari Tim Basarnas Kabupaten 50 Kota, 10 orang Tim BRT dan 4 orang Petugas Pos Gunung Marapi telah melakukan Evakuasi menggunakan tandu terhadap Korban dan sampai saat ini Tim Evakuasi dalam perjalanan turun dari Gunung Marapi. (bd)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

HUKRIM

Video Moment

INSPIRASI KEHIDUPAN

CARITO LAPAU