Wako Riza Falepi : Mari Jaga Profesionalitas Pers

Iklan Semua Halaman

Wako Riza Falepi : Mari Jaga Profesionalitas Pers

Admin Minangkabau
11 February 2019

Payakumbuh — Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 berlangsung meriah di Kota Surabaya. Helat akbar insan pers tanah air itu dihadiri langsung Presiden RI bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Acara berlangsung di Hall Grand City, Kota Surabaya, Sabtu (9/2).

Tak mau ketinggalan, jajaran Pemerintah Kota Payakumbuh bersama perwakilan wartawan turut menghadiri acara tersebut.

Dipimpin Kadis Kominfo, Jhon Kenedi, rombongan berjumlah 5 orang itu berbaur dengan ribuan kolega mereka dari penjuru tanah air. Dilokasi acara, rombongan bertemu Ketua DPRD Kota Payakumbuh, YB. Dt. Parmato Alam yang turut diundang panitia melalui Pengurus PWI Sumbar.

Peringatan HPN tahun 2019 sendiri mengangkat tema “Pers Membangun Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”. 

Dalam sambutan pada acara puncak HPN tersebut Presiden RI Joko Widodo menekankan pentingnya insan pers melawan keberadaan Hoaks yang kian marak. Menurutnya, media sosial menjadi sarana ampuh yang digunakan pihak-pihak tidak bertanggungjawab untuk menyebar hoaks.

Presiden mengajak agar media arus utama jangan terjabak untuk turut menyebar Hoaks tersebut. Presiden juga menyambut gembira hasil riset terbaru yang mengungkap bahwa kepercayaan publik terhadap media arus utama lebih tinggi dari pada media sosial.

“Riset tiga tahun terakhir menunjukkan tingkat kepercayaan publik kepada media arus utama terus menguat dibanding media sosial. Saya sangat gembira dengan kondisi ini,” ungkap Presiden Joko Widodo.

Terpisah, Walikota Payakumbuh yang turut diundang menghadiri puncak peringatan HPN 2019 tersebut mengucapkan selamat kepada insan pers khususnya di Kota Payakumbuh. Meski tak berkesempatan datang, Walikota menyampaikan imbauannya agar pers terus menjaga profesionalitas dan independensinya. 

Apalagi tensi politik di Indonesia sedang meningkat jelang pelaksanaan Pemilu serentak 17 April mendatang.

“Selamat memperingati HPN kepada insan pers Payakumbuh. Mari jaga profesionalitas dan independensi pers. Hindari hoaks, agar pesta demokrasi yang sedang kita jalani bisa berlangsung aman dan lancar. Pers punya peranan penting untuk menciptakan itu,” ujar Walikota Riza Falepi saat dihubungi, Minggu (10/2).

Dalam rangka menciptakan pers yang profesional tersebut, Walikota Payakumbuh terus menfasilitasi sejumlah kegiatan bagi wartawan Kota Payakumbuh, baik dalam daerah maupun luar daerah. Hal itu ditujukan untuk penguatan kapasitas baik kelembagaan maupun personal wartawan itu sendiri.

“InsyaAllah kita terus fasilitasi kegiatan penguatan peran dan fungsi wartawan, termasuk hari ini mengikutkan perwakilan wartawan dalam acara puncak HPN. Kedepan juga akan ada kegiatan penguatan kapasitas wartawan yang dihandle oleh Dinas Kominfo. Mudah-mudahan kegiatan tersebut dapat menambah wawasan dan profesionalitas wartawan Payakumbuh,” pungkas Riza Falepi. 

Disamping Ketua DPRD dan Kadis Kominfo, delegasi Kota Payakumbuh yang mengikuti puncak peringatan HPN 2019 adalah, Kabid Kehumasan, Irwan Suwandi. SN dan Pengurus PWI Payakumbuh, masing masing Ketua PWI, Yusrizal, Sekretaris,  Jeffry “Bule” Ricardo Magno dan Nahar Sago. (BD)