Fadly: Peran Bundo Kanduang Sangat Penting

Iklan Semua Halaman

Fadly: Peran Bundo Kanduang Sangat Penting

Admin Minangkabau
16 March 2019

Padangpanjang – Walikota Padangpanjang, H. Fadly Amran, BBA mengatakan bahwa peran Bundo Kanduang sangatlah penting, baik dalam pemerintahan maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikannya dalam Ramah Tamah yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang bersama Bundo Kandung setempat, di Aula Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang, Sabtu (16/3).

“Peran Bundo Kanduang sangat penting, yakni untuk peningkatkan dari sisi kemasyarakatan, sosial budaya, serta ekonomi masyarakat didalam pemerintahan,” ujar Walikota sebagai Payung Panji, didampingi Penasehat Bundo Kanduang dr. Dian Puspita Fadly Amran dan bersama perwakilan Dinas Sosial serta Dewan Pakar Organisasi Bundo Kanduang.


Fadly juga menyebutkan, bahwa seperti diketahui saat ini, pergaulan yang terjadi pada generasi muda, karena banyak kasus-kasus yang terjadi pada anak muda dan remaja.

 "Dengan begitu, peran serta bundo kanduang dan keluarga merupakan prioritas demi menghadapi perkembangan yang terjadi pada generasi muda," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bundo Kanduang Kota Padangpanjang, Reflida, menyebutkan bundo kanduang mempunyai kewajiban memelihara dan mendidik anak-anak keluarga, lingkungan masyarakat, karena pendidikan utama ada di rumah tangga.

"Seperti yang kita dengar, banyaknya anak-anak sekarang yang kurang akan makna dari ABS-SBK, mereka lebih terpengaruh pada hal-hal yang bisa saja menjerumuskan," tuturnya.

Lebih lanjut Reflida mengatakan, harapnnya kedepan program kebudayaan hadir kembali ditengah-tengah pendidikan, seperti adanya satu hari memakai pakaian baju basiba serta interaksi dan pembelajaran tentang Minangkabau.(Ril/Del)