Notification

×

Iklan

Iklan

Walikota Padangpanjang Temu Ramah Bersama Pegiat Literasi

16 Maret 2019 | 19.49 WIB Last Updated 2019-03-17T12:50:08Z


Padangpanjang – Pasca pembukaan Festival Literasi, Walikota Padangpanjang, H. Fadly Amran, BBA adakan temu ramah bersama Pegiat Literasi Kota Padangpanjang, di Rumah Dinas Walikota, Jum'at malam (15/3).

Temu ramah kali ini turut dihadiri Ahmad Fuadi selaku Penulis Buku Best Seller Trilogi Negeri 5 Menara, Maman Suherman selaku Penulis dan Pegiat Literasi, General Manager Gramedia, serta pegiat literasi.

Pada kesempatan tersebut, Fadly menyampaikan, bahwa festival literasi merupakan sesuatu kegiatan yang gebyar. Dengan itu, pihaknya sangat berterimakasih atas ekstensi yang ditunjukkan oleh para pelajar.


"Saya melihat ekstensi diperlihatkan oleh pelajar-pelajar kita yang sangat luar biasa dalam tata kelola majalah, mulai dari segi penulisan maupun cover desainnya, beragam majalah hadir dari sekolah masing-masing dengan tema yang berbeda-beda," jelasnya.

Fadly juga menyebutkan festival literasi bukan sesuatu penghargaan yang membanggakan, tetapi diwajibkan, bagaimana literasi menjadi sebuah tujuan yang mampu bersaing dari segi segala bidang.

Sementara itu, Maman mengatakan bahwa literasi tidak hanya untuk membebaskan masyarakat dari buta huruf, dan jangan hanya bergantung pada pemerintah, pemberdayaan masyarakat saling bahu membahu menjadikan masyarakat itu sendiri literat mampu menyampaikan ulang serta mampu mengimplikasikannya dimasyarakat.

"Karena literasi itu bukan cuma bisa baca, tetapi paham, bisa mengaplikasikan dan mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari," sebutnya.

Maman juga menjelaskan, untuk memenangkan persaingan literasi, mereka harus mengikat 6 literasi dasar dengan 4 kompetensi dasar.

Begitu juga dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Alvi Sena, S.T, M.T menjelaskan semenjak dicanangkan sebagai Kota Literasi, gagasan demi gagasan untuk melahirkan kampung literasi mulai  dilaksanakan.

"Kita berharap kegiatan ini tidak sampai disini, kita ingin lebih banyak lagi pegiat literasi yang hadir di Padangpanjang demi menumbuhkan minat baca sehingga menjadi gemar baca," pungkas Alvi Sena.(ril/Del)
×
Kaba Nan Baru Update