Irma Oktri Widiyani, Ketua Kampung KB Koto Katik Masuk Nominator Terbaik Nasional

Iklan Semua Halaman

Irma Oktri Widiyani, Ketua Kampung KB Koto Katik Masuk Nominator Terbaik Nasional

Admin Minangkabau
09 August 2019


Padang Panjang - Setelah melalui proses yang cukup ketat, akhirnya Ketua Kampung KB Koto Katik, Kota Padang Panjang, Irma Oktri Widiyani masuk nominasi terbaik nasional dalam Lomba Kader IMP Teladan Kampung KB Percontohan Tingkat Nasional yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Irma bersama empat orang lainnya dari berbagai provinsi di Indonesia berhasil menyisihkan peserta dari 31 provinsi yang turut dalam lomba tersebut.

Sebagai Kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) yang menjabat Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) Koto Katik, Irma akan mewakili Propinsi Sumatera Barat.

Ia akan bersaing dengan kader IMP dari Nusa Tenggara Barat, Lampung, Bangka Belitung, dan DKI Jakarta untuk memperebutkan juara nasional. Mereka akan mengikuti rangkaian penilaian oleh tim juri yang berkaitan dengan teknik penyuluhan dan inovasi dalam menyuluh pada 15 Agustus 2019 mendatang.

“Kepastian Irma masuk nominasi nasional, diinformasikan secara resmi oleh BKKBN melalui surat yang disampaikan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar,” ungkap Koordinator Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Padang Panjang Timur yang juga pembina wilayah Koto Katik, Maryulis Max, Kamis (8/8) .

Sebagai persiapan untuk dapat menjadi yang terbaik dari lima nominator tersebut, kata Max, pihaknya memfasilitasi Irma dengan pembinaan intensif yang difasilitasi Pemko Padang Pajang melalui Dinas Sosial PPKB PPPA dan lurah Koto Katik. Termasuk menyiapkan fasilitas pendukung saat perlombaan di Jakarta nanti.

“Kita berharap dia bisa mengharumkan nama Kota Padang Panjang dan Sumatera Barat di ajang ini,” sebut Max.

Dengan terpilihnya Irma sebagai nominator, semakin mempertegas betapa Kampung KB Koto Katik memang layak menjadi terbaik di Sumatera Barat.
Kampung KB ini telah ditetapkan walikota Padang Panjang sebagai Kampung KB Percontohan di kota berjuluk Serambi Mekkah ini.

Rumah Data Kependudukan (Rumah DataKU) yang menjadi elemen terpenting Kampung KB, menjadi rujukan banyak daerah untuk dipedomani dalam pengembangan Kampung KB daerah lain, baik dari Sumatera Barat maupun provinsi lain. (*)