Notification

×

Iklan

Iklan

Puncak HKN Ke55 Bukittinggi, Berlangsung di Universitas Fort De Kock

17 November 2019 | 18.32 WIB Last Updated 2019-11-17T11:32:15Z


Bukittinggi - Beragam rangkaian kegiatan telah berlangsung dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55, Universitas Fort De Kock (FDK) menjadi lokasi puncak acara tersebut yang diprakarsai bersama Dinas Kesehatan Bukittinggi.

Wakil Rektor Universitas FDK, Nurhayati menyampaikan,"Universitas FDK selalu menjadi tuan rumah untuk perayaan HKN. Kita fasilitasi semua kegiatannya sampai seminar nasional tentang kesehatan yang akan berlangsung pada tanggal 23 November mendatang di Hall Universitas FDK, yang bisa menampung hingga 1000 orang peserta." Minggu, (17/11),

Tema Generasi Sehat Indonesia Unggul merupakan salah satu bentuk pengaplikasian dari amanat yang diberikan oleh Presiden RI tentang memprioritaskan dua isu kesehatan yang harus diselesaikan yaitu stunting dan jaminan kesehatan nasional.

Stunting adalah kondisi tubuh seseorang yang mengalami tubuh lebih pendek dibanding dengan orang seusianya. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan gizi kronis sejak bayi.

Lalu kata Nurhayati, Kita berharap Generasi Sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM Unggul, Ini adalah visi ya, jika dikorelasikan dengan dunia pendidikan kita harus menyiapkan lulusan di Universitas FDK (masyarakat Indonesia) yang sehat serta unggul dalam bidang yang digelutinya. Sehingga akan mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera,

Sementara itu, menurut Ketua HKN Bukittinggi yang juga Rektor Universitas Fort De Kock (FDK), Evi Hasnita, ''HKN ini jatuh pada tanggal 12 November 2019, hal ini guna mengingatkan masyarakat untuk memprioritaskan upaya promotif-preventif. Tujuaannya agar masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya,''

Tambah Nita, HKN Bukittinggi dirayakan dengan melakukan berbagai kegiatan seperti senam massal gerak jalan santai dari pedestrian jam gadang, pemeriksaan kesehatan gratis, deteksi dini Penyakit Tidak menular (PTM), donor darah dan seminar nasional kesehatan tentang penyakit stroke.

Dalam lokasi yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Bukittinggi, Yandra Feri mengatakan bahwa HKN ke 55 tahun  ini mengambil tema generasi sehat Indonesia unggul dengan tujuan agar Program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga  terwujud.

Lanjut Feri, "Dengan adanya kerjasama semua pihak, kita berharap angka Penyakit Tidak Menular seperti penyakit diabetes, jantung, stroke, stunting, penyakit gila dan lainnya dapat ditekan, yang pada akhirnya terjamin kesehatan masyarakat." (Rizky)
×
Kaba Nan Baru Update