Wawako Bukittinggi Bersama Bupati Agam Lepas Peserta Minang Geopark Run 2019 di Jam Gadang

Iklan Semua Halaman


Wawako Bukittinggi Bersama Bupati Agam Lepas Peserta Minang Geopark Run 2019 di Jam Gadang

01 December 2019


Bukittinggi - Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi bersama Bupati Agam Indra Catri serta Forkopimda Bukittinggi-Agam, melepas sekitar 1000 peserta Minang Geopark Run 2019, Minggu pagi (01/12) di pedesterian Jam Gadang, Bukittinggi.

Minang Geopark Run 2019 yang sebelumnya berlangsung di Lubuk Basung, Kabupaten Agam berlanjut di Kota Bukittinggi. Dalam ajang kali ini masuk dalam kategori half marathon dengan tiga pilihan jarak tempuh yakni 5K, 10K dan 21K serta kategori peserta Male/Female Open, Male/Female Closed dan Male/Female Master.

Kategori peserta Open adalah kategori peserta yang boleh diikuti warga negara asing. Kategori peserta Closed adalah kategori peserta khusus warga negara Indonesia. Sementara kategori Master adalah kategori peserta yang diklasifikasi berdasarkan usia diatas 40 tahun.

Untuk memberikan variasi lomba bagi para peserta lari dan pengalaman baru (inovasi) dalam mengeksplorasi geopark di Sumatera Barat (Sumbar) hadir dengan inovasi yang menantang. Ketua Pelaksana Minang Geopark Run 2019, Yulis Viva Tri Saputra biasa panggilan Iv mengatakan, "Inovasi explore geopark yang berlangsung di Bukittinggi terdiri dari tiga pilihan jarak tempuh yakni 5K, 10K dan 21K. Untuk Rute 21K secara umum aja ya, mulai dari Jam Gadang, panorama, Jenjang seribu, gadut, kamang pekan kamis, guguk bulek, by pass, simpang tembok trus kembali ke Jam Gadang."

Tambah Iv, sebagai suatu seri event sport tourism, ini adalah sebagai bentuk kegiatan promosi daerah wisata dan keindahan alam yang bisa dinikmati oleh seluruh peserta lomba dari berbagai daerah dan negara. Kita berharap efek dari kegiatan ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan cara melibatkan masyarakat selaku pemilik usaha mikro, kecil dan menengah.

Minang Geopark Run 2019 series yang telah masuk dalam agenda tahunan pariwisata Provinsi Sumbar ini terselenggara atas dukungan Pemerintah Daerah Wilayah Sumatera Barat, terutama Pemerintah Kabupaten Agam dan Pemerintah Kota Bukittinggi, Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Berikut adalah nama-nama juara 1 kategori peserta Male/Female Open, Male/Female Closed dan Male/Female Master. Untuk kategori Male 21K Open, Juara 1 dimenangkan oleh Charles Munyua Njoki, nomor peserta 703 dengan catatan waktu 01:13:38. Sementara Juara 1 kategori Female 21K Open dimenangkan oleh Jepto Kipchumba, nomor peserta 717 dengan catatan waktu 01:29:42.

Juara 1 kategori Male 21K Closed dimenangkan oleh Herman Siahaan, nomor peserta 213 dengan catatan waktu 01:20:00. Juara 1 kategori Female 21K Closed dimenangkan oleh Yulianti Utari, nomor peserta 206 dengan catatan waktu 01:39:20.

Pemenang kategori Male 21K Master Juara 1 dimenangkan oleh Hendra, nomor peserta 558 dengan catatan waktu 01:31:51. Juara 1 kategori Female 21K Master dimenangkan oleh Yulia, nomor peserta 560 dengan catatan waktu 02:00:05. (Rizky)
loading videos
Loading Videos...