Berantas Pungli

Aliansi Media Online Indonesia

Aliansi Media Online Indonesia
Berburu Katupek Pitalah Di Tempat Aslinya

Diposkan oleh On Sunday, January 21, 2018

Sajian Katupek Pitalah yang menggunakan Belanga tanah untuk memasaknya ( foto: Uda Rafi )
Tanah Datar - Ketupat sayur adalah makanan yang populer atau mudah ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Pun demikian pula adanya di daerah Sumatera Barat. Karenanya ketupat sayur dengan mudah ditemui. Dalam bahasa Minangkabau ketupat disebut dengan katupek.

Dan salah satu menu ketupat khas Minangkabau yang sudah tidak asing lagi adalah Katupek Pitalah.

Makanan khas Sumatera Barat ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Katupek merupakan bahasa minang yang berarti Ketupat dan Pitalah adalah nama sebuah tempat di Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. Katupek pitalah dan karupuak pitalah sebenarnya berasal dari Bungo Tanjung, tapi yang terkenal adalah katupek pitalah.

Menyantap katupek pitalah ini sama halnya dengan makanan pengganti nasi. Dibuat dari beras dengan air yang agak banyak sehingga nasi menjadi lunak seperti bubur, setelah masak kemudian didiamkan dalam wadah hingga menjadi ketupat yang lembut dan kenyal.

Untuk kuahnya, bahan utama yang digunakan adalah nangka, rebung, kol, lobak serta ketimun. Semua bahan tersebut dimasak dengan mencampurkan santan serta bumbu-bumbu khasnya seperti jahe, kunyit, lengkuas,  lada, kemiri, cabai serta tambahkan sedikit gula. Semua bahan di campur dan diaduk hingga masak. Ketupat pitalah siap disajikan dengan dengan kuah nangka yang terasa nikmat dengan diberi kerupuk. 

Dan Anda akan menemukan sensasi yang luar biasa ketika Anda menikmati Katupek Pitalah langsung di tempat aslinya yaitu Pasar Pitalah. Pasar yang hanya dibuka pada hari Minggu saja ini, menyajikan sajian Katupek Pitalah yang khas .

Ketupat yang disajikan ukurannya lebih besar dari yang biasa dan gulai atau sayur dihangatkan terus dalam belanga tanah.
Jika Anda berkesempatan mengunjungi Pasar Pitalah di hari Minggu, Anda dapat menjumpai penjual Katupek Pitalah di Los bagian tengah Pasar Pitalah. Dengan harga yang relatif terjangkau yakni Rp.5000, - , sajian Katupek Pitalah yang lezat sudah dapat Anda nikmati. Di pasar Pitalah, akan terlihat sejumlah pedagang katupek berjejer di loos pasar berbaur dengan penjual makanan Kampuang lainnya.

Banyak pengunjung Pasar yang singgah untuk menikmati Katupek Pitalah ini datang dari luar kota. Bahkan tidak jarang mereka sengaja datang ke Pasar Pitalah hanya untuk sarapan Katupek Pitalah. Disamping ingin berburu jajanan Kampuang lainnya .

Pasar Pitalah memang cukup unik dan khas, sangat prospektif untuk dikelola menjadi sebuah destinasi wisata oleh para stakeholder yang terkait.

Bicara dari segi gizi, katupek mengandung banyak kalori karena bahan dasarnya adalah beras.Dan karena dimasak sangat lama, ketupat tidak cepat basi. Perkiraan kandungan gizi ketupat. Kalori 119 kkal, protein 1,4 gr, lemak 0,07 gr, karbohidrat 27 gr, serat 0,14 gr.

Budi

Hilang Kendali, Minibus Tabrak Sepeda Motor Hingga Pengendara Meninggal Ditempat

Diposkan oleh On Sunday, January 21, 2018



Padangpanjang– Mini Bus Toyota Kijang LGX dengan nomor polisi BA 1513 LB yang melaju dari arah Padang menuju Batusangkar, menabrak satu unit sepeda motor Yamaha Mio BM 3612 KP, di Jl.Umum Padangpanjang – Batusangkar, Jorong Subarang, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar.

Kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 07.50 wib, Minggu (21/1) ini mengakibatkan satu orang penumpang sepeda motor BM 3612 KP Desrizal (46) meninggal dunia ditempat kejadian.

Kejadian ini dibenarkan Kapolres Padangpanjang AKBP. Cepi Noval SIK, melalui Kasat Lantas IPTU. Adityalidarman yang turun langsung kelokasi kejadian. Ia mengatakan saat kejadian kondisi jalan tengah sepi.

"Benar, telah terjadi kecelakaan di Wilayah Hukum Polres Padangpanjang, dan berdasarkan keterangan dari saksi kondisi jalan saat kecelakaan tengah sepi,” ungkap Aditya. 

Aditya menambahkan, kecelakaan berawal, saat kendaraan Mini Bus Toyota Kijang LGX BA 1513 LB yang di kendarai oleh Yuhendri (50) sampai di tempat kejadian melayang ke kanan jalan, sehingga menabrak kendaraan sepeda motor Yamaha BM 3612 KP yang di kendarai oleh Riski Wahyudi (18) yang datang dari arah berlawanan.

“Pengendara Sepeda motor Riski Wahyudi (18) saat kejadian tengah memboncengi Desrizal (46). Namun naas, kecelakaan kali ini mengakibatkan Desrizal meninggal dunia ditempat kejadian,” papar Aditya.

Pengemudi mini bus Toyota BA 1513 LB Yuhendri, merupakan warga Komplek Gerry Permai, Padang Sarai Kota Padang. Sementara, pengemudi sepeda motor dan korban meninggal dunia merupakan warga Jorong Subarang, Nagari Batipuh Atas, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar. 

Lebih lanjut Aditya mengatakan, kendaraan yang terlibat kecelakaan telah diamankan, dan korban meninggal dunia telah dibawa kerumah sakit dan akan disemayamkan dirumah duka.

“Untuk pengendara Sepeda motor Yamaha Mio BM 3612 KP mengalami luka - luka dan penumpang kendaraan mini bus Toyota BA 1513 LB Zainatul Arifah (50) mengalami luka pada bagian dada. Dan kerugian materil diperkirakan mencapai Rp. 10.000.000,-,” pungkas Aditya.  (Delma)

Meresahkan Warga, 67 Kendaraan Balap Liar Berhasil Diamankan Polres Solok Kota

Diposkan oleh On Sunday, January 21, 2018





Solok -- Menindak lanjuti laporan dari masyarakat Polres Solok Kota melalui unit lantas lakukan operasi balap liar yang dipimpin langsung Kasat Lantas IPTU Rifaizal Samual,S.I.K, Sabtu (20/1) malam, di seputaran jalan lingkar utara laing bandar pandung Kota Solok.

"Kegiatan ini rutin kita lakukan guna menekan angka kecelakaan dan menindak lanjuti laporan dari masyarakat terkait maraknya balap liar yang dilakukan oleh para remaja yang sudah sangat meresahkan," ujar Kapolres AKBP. Dony Setiawan melalui Kasat Lantas IPTU. Rifaizal Samual kepada pasbana.com.

Tambah Kasat, pada razia kali jajaran Polres Solok Kota berhasil mengamankan 67 kendaraan dan saat ini kesemua kendaraan tersebut telah ditahan di Polres untuk di lakukan pendataan dan diproses sesuai dengan undang-undang lalu lintas yang ada.

Lebih lanjut Kasat Lantas IPTU Rifaizal Samual,S.I.K, menghimbau, agar kepada masyarakat untuk dapat mematuhi tata tertib dalam berkendara, terutama bagi para remaja yang masih berstaus pelajar agar tidak membawa kendaraan roda dua dijalan raya jikalau belum memiliki SIM.

"Kita akan tindak tegas semua pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas, apalagi kalau sudah membuat masyarakat resah, seperti balap liar yang dilakukan para remaja ini, dan semua kendaraan yang terjaring akan di sita guna diproses lebih lanjut," tegas Kasat Lantas.

Kepada para orang tua, Kasat Lantas juga berpesan agar dapat lebih memperhatikan anak-anaknya jika membawa kendaraan keluar rumah, dan jangan berikan kunci kendaraan kepada anak yang masih di bawah umur, karena kecelakaan bisa saja terjadi kapan saja, jikalau kita sayang kepada anak dan keluarga, jangan berikan kendaraan kepada anak kita yang belum memiliki SIM. (Nal)

Spesifik Telur Ikan Mis Munin dan Satu Kedai Harian Ludes Terbakar

Diposkan oleh On Sunday, January 21, 2018



Payakumbuh - Dini hari, kedai Nasi Mis serta satu unit kedai harian milik Seksa Riri (40) di simpang Tanjau Anau, Jl.Jendral Sudirman Kel.Ompang Tanah Sirah Kec.Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh, ludes dilalap si Jago Merah, Minggu (21/01) pukul 00.55 WIB.

Warung nasi yang terkenal dengan spesifik telur ikan milik Mis (50) serta kedai harian yang berada persis disampingya, rata dengan tanah akibat si jago merah mengamuk. Warga yang sempat melihatnya mulai panik berlarian dan berusaha memadamkan api. Namun bangunan yang terbuat semi permanen tersebut, membuat kobaran api dengan cepat membesar.

Saat melihat kobaran api yang mulai membesar warga berlarian ke lokasi dan berusaha untuk melawan keganasan si jago merah. Api yang cepat membesar membuat masyarakat sekitar tak bisa berbuat banyak dan membakar habis kedua bangunan tersebut.

Pihak Damkar yang mengerahan seluruh armada di lokasi tampak berjibaku berusaha menjinakan amukan sijago merah tersebut. Setelah cukup lama berjibaku, akhirnya api mulai bisa dijinakan.

Dikatakan petugas Damkar Ahdion kepada wartawan di lokasi, Dua armada Damkar 50 Kota turut diterjunkan dalam penanganan peristiwa kebakaran ini dan beruntung dalam kejadian tersebut, tidak terdapat korban jiwa, namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah. Sejauh ini, penyebab kebakaran belum diketahui dan tengah diselidiki pihak kepolisian. Dugaan sementara, kebakaran ditimbulkan akibat terjadinya hubungan arus pendek. (BD)

Coklit Data Pemilih, KPU dan PPDP Gunakan Sistem Door To Door

Diposkan oleh On Saturday, January 20, 2018



Padangpanjang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangpanjang menggelar kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, yang juga serentak di 171 daerah lainnya yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018. 

Kegiatan pemutakhiran data daftar pemilih ini digelar perdana dan serentak dengan sistem door to door pada Sabtu (20/1). Untuk pencoklitan data pemilih, KPU Padangpanjang menurunkan 131 Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) yang ada di 16 kelurahan.

Ketua KPU Kota Padangpanjang Jafri Edi Putra saat dikonfirmasi Pasbana.com mengatakan, DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) yang diterima KPU Padangpanjang sebanyak 33.236 orang. 

“Data ini akan dicocokkan dan diteliti oleh anggota PPDP langsung dari rumah kerumah penduduk, seluruh komisioner KPU dan Panwaslu turut turun mendampingi PPDP, kita dampingi minimal 5 rumah untuk hari ini,” ungkap Jafri.  

Jafri berharap, PPDP dapat menyelesaikan seluruh pekerjaan nya dengan benar hingga satu bulan kedepan, dan melaksanakan tugas dilapangan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).



Sementara itu, Divisi Teknis KPU Provinsi Sumatera Barat Drs. H. M. Mufthi Syarfie yang turut hadir mengatakan, bahwa PPDP kota Padangpanjang pada hari ini ditargetkan minimal dapat mencoklit 2.000 pemilih.

“Kita berharap pemilih Kota Padangpanjang dapat terdaftar secara berkualitas. Dan kita juga berharap PPDP dapat menyelesaikan target minimal bahkan bisa melebihi yang kita targetkan hari ini,” ungkap Mufthi Syarfie.

Lebih lanjut Mufthi Syarfie mengatakan, bagi masyarakat yang sudah dicoklit akan ditandakan dengan adanya pemasangan stiker. “Nanti PPDP yang turun akan memasangkan stiker tanda telah selesai dicoklit,” pungkas Mufthi Syarfie. (Delma)

Tingkatkan Sinergitas Antara TNI dan Polri, Polres Solok Kota Gelar Tabligh Akbar

Diposkan oleh On Saturday, January 20, 2018



Solok - Guna meningkatkan sinergitas antara TNI dan Polri dalam hal menjaga Kamtibmas dari pengaruh Paham Radikalisme, Terorisme dan ISIS, Polres Solok Kota mengadakan Tabligh Akbar, di Mesjid Al Kausar Polres Solok Kota dengan penceramah ustadz DR. Ali Musri Semjan Putra Lc, MA, Sabtu (20/1).

Ustadz DR. Ali Musri Semjan Putra, Lc, MA merupakan Alumunus Doktoral S3 Jurusan Aqidah Universitas Islam Madinah Saudi Arabia, dalam keseharian nya merupakan pengisi kajian dalam siaran rohani Rodja TV dan Yufid TV. 

Saat berceramah, Dr. Ali Musri Semjan Putra Lc, MA, dengan tegas menggambarkan ciri-ciri paham radikalisme, terorisme dan ISIS.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan saat tabligh akbar menghimbau kepada seluruh anggota agar mendengarkan ceramah sebagai modal dasar untuk membentengi diri, mendeteksi dan mensosialisasikannya kepada masyarakat di wilayah binaannya masing-masing.

“Dengan adanya kegiatan ini, Bhabinkamtibmas dapat menghimbau masyarakatnya untuk mampu mendeteksi sejak dini bila ada dugaan paham radikal di wilayah hukum Polres Solok Kota,” ungkap Kapolres.

Kapolres menambahkan, bahwa Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Dai Kamtibmas dapat bersatu untuk proaktif mensosialisasikan ilmu yang diperoleh sehingga dapat mencerdaskan warga dan menjauhkannya dari paham radikal, terorisme dan ISIS.

Kegiatan Tabligh Akbar dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dari Yayasan Sabilul Haq kepada Kapolres Solok Kota, Dandim 0309 Solok dan Pemerintah Kota Solok.



Usai penyerahan cenderamata, Kapolres Solok Kota juga memberikan bantuan berupa Snack dan uang tunai untuk Panti Asuhan Tunas Bangsa Kota Solok. 

Untuk penyerahan bantuan Snak dan uang tunai diwakilkan oleh Kasubag Pers AKPB Basri, Kasat Binmas IPTU Elfi Indra dan KBO Sat Intelkam IPDA Jufrinaldi, SH

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, S.Ik.,M.H, pejabat utama Polres Solok Kota, para Kapolsek, anggota Polres dan Polsek sejajaran. Turut juga hadir Walikota Solok (mewakili), Dandim 0309 yang diwakili, Kemenag Kota Solok, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kodim 0309 Solok. (Nal/Del)

Andri El Faruqi , Nakhoda Baru AJI Padang

Diposkan oleh On Saturday, January 20, 2018


Padang - Kontributor Tempo Andri El Faruqi dan Manajer klikpositif.com Andika Destika Khagen, terpilih menjadi Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang untuk periode 2018-2021.

Pasangan tersebut, terpilih secara aklamasi dalam Konfrensi Kota (Konferta) AJI Padang ke-V yang digelar di Hotel Bunda, Sabtu (20/1/2018). Keduanya menggantikan ketua dan sekretaris AJI Padang sebelumnya, Yuafriza (Mentawaikita.com) dan Yose Hendra (Media Indonesia).

Ketua AJI Padang terpilih Andri El Faruqi mengatakan, jurnalis dan media memiliki tantangan besar, terutama di tahun politik ini, khususnya dalam mematuhi kode etik jurnalistik, sebagai rambu-rambu bagi jurnalis dalam bekerja.

“Kami akan merawat kemerdekaan pers, dan meningkatkan kapasitas jurnalis agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya,” kata Andri El Faruqi saat ditemui disela-sela Konferta AJI ke-V.

Hal yang sama juga diungkapkan Sekretaris AJI Padang terplih, Andika Destika Khagen. Menurutnya, tantangan kepengurusan AJI Padang sekarang ini cukup berat, mengingat periode kepengurusan sekarang ini bertepatan dengan tahun politik.

“Di tahun ini banyak masalah soal etik. Kami sebagai pengurus AJI akan mengawal masalah soal etik yang menyangkut jurnalis, karena AJI sangat potensial untuk menjadi garda terdepan mengawal jurnalis untuk bekerja sesuai dengan etik,” pungkas Andika.

Ketua dan Sekretaris terpilih ini juga berjanji akan terus menjalin komunikasi dengan jurnalis lain, walau bukan anggota AJI Padang. Menurut pasangan terpilih ini, perjuangan AJI untuk kemerdekaan pers dan upah layak jurnalis, butuh dukungan dari seluruh insan pers di Sumbar.

Dalam Konferta dengan pimpinan sidang Heri Faisal (Bisnis Indonesia) ini, juga ditetapkan tiga anggota Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO), yaitu Yuafriza, Yonda Sisco (Covesia.com) dan Donal Chaniago (TV One).

Selain itu juga dipilih enam calon anggota Majelis Etik AJI Padang, yaitu Slamet Rahmadi (aktivis), Hendra Makmur (freelance), Febriyanti (Tempo), Nasrian Bahzein (Padang TV), Rus Akbar (Okezone.com) dan Erinaldi (Liputan 6.com). Nama – nama itu nanti akan dipilih tiga orang oleh ketua dan sekretaris terpilih.

Konferta ditutup dengan peringatan kelahiran AJI Padang ke – 13. AJI Padang dideklarasikan pada 23 Januari 2005. ( Ril )

HUKRIM

Lowongan Kerja

OPINI KITA

Video Moment

INSPIRASI KEHIDUPAN