Berantas Pungli

Aliansi Media Online Indonesia

Aliansi Media Online Indonesia
Dua Atlet Badminton Masri M. Harumkan Nama Daerah

Diposkan oleh On Sunday, April 22, 2018



Payakumbuh - Dua atlet badminton dari PB Masri. M kota Payakumbuh yang diasuh Suharli Alwar bersama tim berhasil mengharumkan nama daerah pada Kejuaraan Badminton Bank Riau Kepri (BRK) Open 2018 yang diikuti 510 atlit badminton se Sumatera. Kejuaraan Badminton BRK Open 2018 yang digelar 18 April sampai 21 April 2018 di GOR Pondok Mutiara. 

Pengasuh PB Masri.M Suharli Alwar vai selulernya mengatakan kepada wartawan, Minggu (22/4), 2 (dua) orang atlit dari Payakumbuh berhasil mengharumkan nama daerah dalam event tahunan yang digelar Bank Riau Kepri ini.

"Alhamdulillah PB Masri. M berhasil menyumbangkan 1 medali emas dari Zaira, cabang tunggal pra usia dini putri setelah mengalahkan Yolanda dari PBSI Musi Rawas Palembang dengan 2 set langsung. Sedangkan medali perak disumbangkan Sari Nadira kelompok umur tunggal anak-anak putri di final dikalahkan oleh Medan 2 set langsung," ujarnya. 

Menurutnya, keberhasilan ini tak lepas dari usaha maksimal mereka untuk mengharumkan nama klub dan nama daerah. Setiap event badminton Bank Riau Kepri, kita selalu diikutkan. Selain medali, anak-anak kita juga meraih reward sebuah LED sebagai doorprize yang disiapkan panitia penyelenggara kejuaraan. Terima kasih atas dukungannya, khususnya kepada orangtua yang selalu mensupor dan memberikan semangat juara pada atlit kita," terang Suharli Alwar.

Ditambahkannya, Insyaallah, kejuaraan serupa juga akan kita gelar sesudah lebaran tahun ini. Dengan dukungan semua pihak, kegiatan ini tentunya akan terus kita tingkatkan.

Terpisah Ketua PBSI kota Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam Ketua DPRD Payakumbuh, menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada tim pengasuh PB Masri.M.

"Mendengar kabar ini kami atas nama wakil rakyat sekaligus Ketua PBSI merasa bangga dengan prestasi yang telah diraih anak kita Zaira dan Sari Nadira dibawah asuhan PB Masri. M. Tentunya ini suatu kebanggaan kita semua, prestasi anak kita tersebut telah mengharumkan nama Kota Payakumbuh, berarti kita akan selalu menjadi perhitungan bagi daerah lain dalam iven dan pertandingan, khususnya badminton," terangnya.

Dikatakan, selanjutnya ini akan menjadi PR Pengurus PBSI kota Payakumbuh untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan pembinaan atlet badminton. Mari selalu kita tingkatkan koordinasi, dan terima kasih kepada pelatih dan pendamping, termasuk orangtua atlet. Kami sangat bangga dan siap mendukung penuh kegiatan ini. (BD)

Bundo Kanduang Warnai Pawai Khatam Alquran

Diposkan oleh On Sunday, April 22, 2018



Payakumbuh - MDTA mesjid Muslimin gelar pawai taaruf khatam alquran di kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo kecamatan Payakumbuh Utara, Minggu (22/4).

Pawai taaruf ini juga dilepas wakil Ketua DPRD Payakumbuh Wilman Singkuan, Ketua Koni Yusra Maiza, Camat Payakumbuh Utara diwakili Sekcam dan Lurah setempat.

Dalam sambutannya, Wakil ketua DPRD Wilman Singkuan, mengatakan, selamat kepada siswa yang telah bisa menamatkan pendidikan alquran di MDTA mesjid Muslimin. Kita berharap kepada peserta khatam alquran setelah ini jangan pernah berhenti untuk membaca alquran.

“Kita sangat berbahagia bisa melihat anak-anak ikut khatam Quran, mereka sudah bisa membaca, menulis, bahkan mereka telah bisa menghafal sebagiannya. Namun, dengan telah khatam bukan berarti mereka sudah selesai untuk belajar Al Quran," ujarnya.

Ditambahkannya, mempelajari al Quran dan Sunah nabi bukan saat ini saja, melainkan sampai akhir hayat. Semua kandungan di dalamnya mampu memberikan pedoman kepada manusia untuk hidup bahagia dunia dan akhirat.

“Pelajarilah al Quran dan Sunnah nabi, hayati kandungangannya, diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab al Quran dan Sunnah nabi tersebut adalah pedoman bagi kita untuk mendapatkan kebahagian hidup di dunia dan akhirat nanti,” pungkas Wilman.

Sementara itu Panitia pelaksana Khatam Alquran Boedhy Chikidut mengatakan kepada wartawan, ini pertama kalinya MDTA mesjid Muslimin melaksanakan khatam alquran dengan menghadirkan deretan Bundo Kanduang yang menggunakan tangkuluak kompong. 

Menurutnya, anak-anak dan generasi muda adalah para penerus perjuangan syiar agama, dan dapat memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Mereka perlu terus diberikan pendidikan dan pengetahuan agama yang baik.

“Mereka adalah calon pemimpin bangsa dan ummat. Ranah Minang haruslah memiliki pemimpin masa depan yang Qurani, berakhlak mulia, dan berilmu pengetahuan,” kata Boedy.

Dikatakannya, kita juga meminta para orang tua untuk menjadi suri tauladan dalam keluarga, dan berharap peserta khatam kali ini mampu menjadi para penghapal al Quran dimasa yang akan datang. (BD)

Manfaatkan Olahan Limbah Jerami, Putri Tanah Datar Ikuti Ajang Makerfest 2018

Diposkan oleh On Sunday, April 22, 2018



Tanah Datar-- Kekayaan alam ternyata banyak membawa berkah. Bagi yang mampu memanfaatkannya dan memiliki skill serta dapat membaca peluang, limbah dari alam pun akan menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh seorang gadis berparas cantik putri asli Jorong Alua Tangah Nagari Batu Bulek nan berdomisili bersama kakaknya di Nagari Tanjuang Bonai Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar ini, mengolah limbah jerami padi menjadi sebuah kriya yang unik dan menarik.

Cantik dan berpenampilan sederhana gadis bernama lengkap Novia Wella ini menyampaikan saat di temui pasbana.com dilokasi acara, bahwa usaha kerajinan tangan yang merupakan rintisan orang tuanya ini telah dimulai semenjak beberapa tahun yang lalu dan saat ini Ia kembangkan dan pasarkan dengan memanfaatkan teknologi.

Novia Wella yang akrab disapa Wella ini juga menuturkan bahwa dari hasil olahan jerami ini Ia mampu membuat berbagai macam cindera mata pajangan bernilai jual tinggi seperti boneka, miniatur kuda, jerapah, harimau, kancil dan hewan lainnya.

Dari hasil jerih payahnya ini, ternyata membuka peluang bisnis buat usaha yang telah Ia rintis bersama orang tuanya tersebut. Jeramihandicraft yang Ia namakan dilirik pasar on line tokopedia. Ini dibuktikan dengan diundangnya Jeramihandicraft miliknya untuk bersaing dengan 30 kerajinan tangan lainnya di Sumatera Barat pada ajang Makerfest 2018 bersama tokopedia.com.



Kepada media ini Ia menyampaikan mohon dukungan masyarakat Tanah Datar dimana saja berada agar hasil karyanya ini dapat berbuah manis dan meraih yang terbaik, "Kepada semua masyarakat Tanah Datar dimana saja berada Wella mohon dukungan dengan cara memvote di link www.makerfest.id/padang" katanya.

Ajang Pameran Makerfest yang akan mengedukasi brand-brand karya anak bangsa ini juga memperebutkan hadiah berupa modal usaha hingga miliaran rupiah.

Acara yang berlangsung dari tanggal 21-22 April di Lapangan Imam Bonjol Padang tersebut menampilkan aneka booth pameran kerajinan tangan, bazar, kuliner, musik dan lainnya.

Selain di Kota Padang Makerfest 2018 sebelumnya hadir di Kota Medan dan juga akan hadir di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar Bali dan Makasar. 

Makerfest sendiri adalah sebuah gerakan independen untuk pemberdayaan kreator lokal yang hadir untuk mencatri, mengedukasi, menginspirasi dan memberikan panggung offline dan online bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka hingga bisa menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia. (Irfan F)

 Action Survey, Satlantas  Sawahlunto Gandeng Dinas Perhubungan dan PU

Diposkan oleh On Sunday, April 22, 2018



Sawahlunto - Jajaran Polresta Sawahlunto dibawah Komando Kapolres AKBP. Zamroni Wibowo S.Ik melalui Kasatlantas AKP. Harry Mariza Putra S.Si kembali lakukan action Survey kelokasi yang menjadi titik rawan laka dan bepotensi terjadi laka lantas.

Lokasi lokasi yang disinyalir berpotensi menjadi daerah rawan laka ini pun disambangi. Diantaranya Silungkang OSO yang mempunyai masalah penyempitan jalan, tikungan puskesmas Silungkang dan beberapa titik jalan yang berlubang di sepanjang Jalan lintas yang menjadi ruang lingkup kerja Polresta Sawahlunto.

"Sudah terjadi beberapa laka lantas dilokasi lokasi ini, kita turun kelapangan dan meninjau langsung bersama dinas terkait yakninya Dinas PU dan Dinas Perhubungan pada awal april kemaren", jelas Kasatlantas.

Keadaan jalan yang berlubang di beberapa titik berpotensi menjadi penyebab laka lantas. Khusus untuk jalan propinsi, Jajaran Satlantas telah memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada Dinas PU kota Sawahlunto dan telah diteruskan ke Dinas PU Propinsi untuk ditindak lanjuti.



Dinas Perhubungan mempunyai Pekerjaan Rumah yang serupa. Beberapa titik rawan laka yang minim rambu rambu telah diperoleh datanya dan akan ditindak lanjuti oleh Dinas Perhubungan.

"Dengan adanya survey kelapangan bersama beberapa dinas terkait, diharapkan mendapat perhatian khusus dari pemerintah Kota Sawahlunto maupun Dinas Propinsi hendaknya. Demi terciptanya rasa aman serta nyaman dalam hal berkendara. Dan juga dapat meminimalisir angka laka lantas di daerah Kota Sawahlunto", ungkap kasatlantas.

Sebagai pejabat baru di Jajaran Polresta Sawahlunto, AKP. Harry Mariza Putra S.Si yang terhitung aktif mulai 5 maret 2018 sebagai Kasatlantas Polres Sawahlunto ini mempunyai prinsip "Belanja Masalah". Turun langsung kelapangan guna memetakan kondisi dan mengetahui permasalahan lalu lintas Kota Sawahlunto setiap hari serta bersama sama dapat memberikan solusi guna menurunkan angka laka lantas di wilkum sawahlunto. (dyko)

17 Kabupaten / Kota di Sumbar Ikuti Pra-Porprov Tenis Meja di Padangpanjang

Diposkan oleh On Saturday, April 21, 2018



Padangpanjang – Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Sumatera Barat (Sumbar) Gelar pembukaan Pra-Porprov di Kota Padangpanjang, yang diselenggarakan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Bancah Laweh. Dan pada saat bersamaan, PTMSI Kota Padangpanjang juga laksanakan pelantikan panitia, Sabtu (21/4).

Pjs Walikota Padangpanjang Irwan, S.Sos, MM saat pembukan mengatakan, bahwa Pra-Porprov suatu cara untuk mengukur kemampuan atlit-atlit dan salah satu langkah awal menuju kejuaraan Porprov.

“Pra-Porprov ini untuk menggali potensi atlet-atlet muda yang dapat diproyeksi ke even yang lebih tinggi. Ini bisa kita katakan suatu pemanasan sebelum menghadapi Porprov nanti. Dan kejuaraan ini dapat dijadikan sarana konsilidasi organisasi,” papar Irwan.

Irwan mengatakan, pengcab PTMSI Kota Padangpanjang hampir tiga tahun tidak ada kepengurusan, karena Koni baru dilantik tahun ini. “Semoga para pengcab yang dilantik dapat mengemban amanah yang diberikan, dan juga dapat memberikan bibit-bibit atlet yang hebat kedepannya,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Koni Sumbar diwakili Kabid Hukum dan Olahraga, Alexander Dino, sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kota Padangpanjang ini, Dan bagi pengcab yang baru dilantik, ia berharap dapat mengerjakan tugas dengan baik.

“Untuk para atlet bertandinglah dengan baik, junjung tinggi sportifitas, dan jangan pernah merasa kalah, karena kalah bukan berarti nantinya tidak bisa menang,” kata Alexander Dino.




Senada dengan itu, Ketua Umum Pengprov PTMSI Sumbar Yuherdi, S.Pd berharap, agar tenis meja di Kota Padangpanjang lebih maju dan kuat kedepannya setelah dilantiknya pengcab tenis meja ini.

“Kita mengadakan acara Pra Porprov disini karena pengurusnya baru, dan juga karena Padangpanjang merupakan Kota perlintasan. Yang mengikuti Pra-Porprov disini ada sebanyak 17 Kabupaten / Kota se - Sumbar,” ungkapnya.

17 Kabupaten / Kota yang mengikuti Praporprov yakni, Kabupaten Tanah Datar, Kota Payakumbuh, Kota Padang, Kota Padangpanjang, Kepulauan Mentawai, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Dharmasraya, Kota Pariaman, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pasaman, Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto, Kota Solok, Kabupaten 50 Kota, Kabupaten Agam, dan Pasaman Barat. (Del)

Makerfest 2018 , Ajang Generasi Muda Kembangkan Ide Usaha Kreatif

Diposkan oleh On Saturday, April 21, 2018



Padang – Makerfest 2018 gelar panggung online dan offline bagi kreator muda lokal Indonesia untuk kembangkan ide usaha kreatif, di Lapangan Imam Bonjol Padang Sumatera Barat, Acara yang digelar selama dua hari, muali tanggal 21-22 April, di ikuti 30 peserta Usala Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pilihan yang ada di Sumbar. 

Siti Fauziah selaku panitia perwakilan Sumbar menjelaskan, setelah diresmikan di Jakarta pada Maret lalu, Padang menjadi kota kedua yang di sambangi Makerfest, dan Makerfest sendiri adalah sebuah gerakan independen untuk pemberdayaan kreator lokal yang hadir untuk mencatri, mengedukasi, menginspirasi dan memberikan panggung offline dan online bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka hingga bisa menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia.

“Markerfest sendiri memiliki tujuan agar lebih banyak lagi bisnis kreatif lokal yang dapat berkembang menjadi UKM bahkan brand Nasional, sehingga dapat mendukung Indonesia untuk jadi produsen di ekonomi digital global,” jelas Siti Fauziah yang juga di dampingi Eliza Viyantina dan Dede Kartika selaku panitia acara.




Tambah Siti Fauziah mengatakan, Makerfest hadir secara independen. Gerakan ini berkolaborasi dengan Tokopedia dan didukung oleh institusi-institusi pemerintahan sekaligus pelaku indutri Indonesia, diantaranya Badan Ekonomi Kreatif, Kementrian Perindustrian, Kementrian Perdagangan, Kementrian Komunikasi dan Informasi serta JNE. Meski diselenggarakan bersama Tokopedia Makerfest inklusif dan terbuka bagi seluruh kreator lokal di Indonesia yang memiliki Passion untuk mengembangkan diri dan produknya.

“Makerfest 2018 akan dilaksanakan pada April hingga Desembar 2018 di delapan kota besar di Indonesia, Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makasar. Di setiap kota, akan diselenggarakan berbagai kegiatan edukasi, workshop dan sesi sharing keterampilan. Para kreator juga dapat berkonsultasi dengan pelaku usaha, bisnis, serta pengusaha ekonomi kreatif skala Nasional mengenai tantangan dan solusi uang dihadapi dalam mengembagkan bisnis mereka. Termasuk dalam hal pengembangan SDM, Inovasi, strategi pemasaran, branding hingga akses ke permodalan,” jelas Siti.




Lebihlanjut Siti Fauziah mengatakan, Makerfest di targetkan sebanyak-banyaknya kreator lokal dari berbagai wilayah di Indonesia di setiap kota juga akan dilaksanakan Local Maker Competition 2018, kompetisi berkreasi untuk para kreator lokal yang ingin mengenalkan dan mengembangkan bisnisnya. Pemenang  dari setiap kota nantinya akan di terbangkan ke Jakarta untuk mengikuti Festival Makerfest 2018 di Jakarta pada bulan Desember mendatang. Dari 24 peserta skala Nasional, 20 finalis terbaik akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan bisnisnya dan memberikan sesi workshop di depan para juri dan pengunjung festival Makerfest 2018.

“Tiga juara terbaik Local Maker Competition 2018 akan mendapatkan reward masing-masing sebesar Rp. 1 Milyar, untuk juara satu, juara dua Rp. 300 juta dan juara tiga Rp. 200 juta, sebagai modal untuk mengembangkan usahanya. Selain itu pemenang juga mendapatkan reward lainnya berupa konsultasi kreatif dan produksi untuk branding dan marketing campaign, berkolaborasi eksklusif dengan pelaku industri kreatif Nasional, dan kesempatan berpartisipasi dalam pameran Internasional, serta mengakses jalur distribusi ke ritel Internasional ," tutup Siti Fauziah.

Wella Salah satu peserta Makerfest asal Tanah Datar, mengatakan, tujuan ikut acara tersebut sebagai bentuk pengenalan pruduk kerajinan tangannya yang di buat dari limbah jerami padi bisa di kenal dan bisa go internasional kedepannya.

"Usaha ini sudah kita tekuni sejak sepuluh tahun kebelakang,  dan kita berharap dengan mengikuti acara Makerfest ini bisa menambah pengetahuan tentang produksifitas udaha dan bagai mana cara memasarkannya secara offline dan online," jelas Wella.



Pada kesempatan sama, senada dengan Wella, Afdal Ahmad yang juga peserta Makerfes 2018 asal Padang, dengan kerajinan tangannya yang dibuat dari Batok Kelapa, mengatakan, selain ingin lebih ingin di kenal masyarakat luas, dengan mengikuti kegiatan ini bisa masuk sebagai penemenang dalam  kompetisi Local Maker Competition 2018.

"Kita berharap dengan ikutnya acara ini, kreatifitas dan usaha kita yang terbuat dari batok kelapa ini bisa mendunia sehingga bisa membawa harum nama Sumatera Barat di kancah dunia," jelas Afdal Ahmad. (Put)

Berikut video pelaksanaan ajang Maker Fest 2018 ;


Pagelaran Seni Budaya Menyongsong Pemilu Serentak

Diposkan oleh On Saturday, April 21, 2018



Payakumbuh - Berbagai pertunjukan, ramaikan Pagelaran Seni dan Budaya yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Payakumbuh di kawasan Gelanggang Kubu Gadang Payakumbuh Timur, Sabtu (21/4). Acara tersebut dimeriahkan juga dengan penampilan artis Khairat Kontes Dangdut Indonesia (KDI) dan KIM Don Bobo dari Padang.

Dalam sambutannya Ketua KPU kota Payakumbuh M. Khadafi menyampaikan, acara ini diadakan untuk mensosialisasi semua kegiatan yang menyangkut tentang Pemilu, agar semua stakeholder yang terlibat dalam Pemilu bisa memahami dan mengikuti semua yang telah diatur dan penyampaian kepada masyarakat Kota Payakumbuh bahwa kita sudah benar-benar siap untuk melaksanakan Pemilu 2019.

“Melalui momentum ini kita dapat menjalin silaturrahmi. Dan dengan adanya dukungan dari semua pihak untuk menciptakan pemilu damai dan lancar, kepada PPS, PPK dan Pantarlih, bahwa kita masyarakat kota Payakumbuh siap mensukseskan Pemilu," kata Khadafi. 

Ditambahkannya, dengan mengambil tema “Melalui Pagelaran Seni Budaya Membangun Pemilih Berdaulat Guna Menyukseskan Pemilu Serentak Tahun 2019", pagelaran seni budaya ini juga serentak dilaksanakan oleh KPU di seluruh kabupaten/kota se-Indonesia.

“Pagelaran seni budaya ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi Pemilu kepada masyarakat. Dimana melalui seni budaya kita ingin menyampaikan pesan-pesan kepemiluan dan demokrasi kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Walikota Payakumbuh diwakili Staf Ahli bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ir. Syahril, menyampaikan, kesiapan KPU untuk menghadapi Pemilu 2019 sangat perlu disosialisasikan, agar Pemilu ini lancar nantinya. 

“Dan kami juga berharap kepada masyarakat Payakumbuh untuk dapat mengikuti Pemilu 2019 mendatang, karena ini sangat menentukan nasib bangsa sebagai negara demokrasi," pungkasnya.

Sementara itu Bendahara DPC Partai Gerindra Wulan Denura, S.ST, mengatakan kepada wartawan, berharap kepada masyarakat kota Payakumbuh sama-sama mewujudkan Pemilu Badunsanak agar tidak ada gejolak yang menimbulkan perselisihan di tengah-tengah masyarakat. (BD)

HUKRIM

Lowongan Kerja

OPINI KITA

Video Moment

INSPIRASI KEHIDUPAN