Notification

×

Iklan

Iklan

Saat Nasionalisme Tumbuh Subur Dihati Pedagang Pasar Padang Panjang

17 Agustus 2022 | 22.18 WIB Last Updated 2022-08-17T15:27:26Z


Padang Panjang, pasbana - Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun ini begitu terasa nuansa heroiknya bagi seluruh masyarakat di tanah air. Tak terkecuali bagi para pedagang di Pasar Pusat Kota Padang Panjang. 

Kemerdekaan yang mereka rasakan setelah dua tahun lebih didera oleh pandemi Covid 19, disyukuri dengan melaksanakan upacara bendera di pelataran parkir pasar setempat, Rabu (17/08/2022). 

Dengan mengenakan pakaian seragam bernuansa merah putih, para pedagang pasar ini dengan antusias dan khidmat mengikuti prosesi upacara bendera yang diinisiasi oleh para  pedagang sendiri. 




Andi yang jadi Ketua Pelaksana Upacara Bendera Pedagang Pasar Padang Panjang menyampaikan melalui pelaksanaan upacara, para pedagang ingin mengenang jasa para pahlawan sekaligus ingin mengisi kemerdekaan ini melalui cara berusaha memakmurkan pasar. 

“Caranya, bergabung, kompak, dan juga jujur, tanpa ada sifat iri. Sehingga kenyamanan dapat tercipta, tidak hanya untuk para pembeli, tetapi juga untuk pedagang,” ungkapnya. 

Uni, salah seorang pedagang yang turut dalam upacara Agustusan ini merasa bangga karena keinginan mengadakan upacara adalah murni inisiatif pedagang. 




“Senang sekali rasanya bisa ikut melaksanakan upacara di area parkir Blok A Pasar Pusat ini. Baru pertama kali kami laksanakan upacara bersama sejak didirikannya pasar ini. Walaupun dengan upacara seadanya, dan diikuti 50 pedagang, kami tetap tidak meninggalkan rasa nasionalisme kami dalam peringatan hari kemerdekaan ke-77 ini,” ungkapnya.

Pasar yang diresmikan pada 11 Februari 2016 ini merupakan tempat pedagang yang menjual berbagai macam bahan pangan. Mulai dari sayur mayur, bumbu dapur, serta kebutuhan pangan lainnya. Bisa dikatakan masyarakat Padang Panjang, Batipuh, dan X Koto banyak menggantungkan aktifitas perekonomiannya di pasar ini. 




Banyak pedagang yang merasa bangga dengan terlaksananya Upacara Bendera peringatan HUT RI ke 77 di Pasar Pusat Padang Panjang ini. 

Nasril (68), salah seorang pedagang ikan di Blok A menyatakan, selama ia berjualan di pasar, baru kali ini diadakan acara untuk memeriahkan HUT RI bersama dengan para pedagang lainnya.

“Saya sangat gembira dan mendukung adanya acara untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ini. Acara ini juga baru pertama kali diadakan di sini. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa memberikan kesadaran kepada para pedagang untuk tidak melupakan rasa nasionalisme disamping pekerjaannya," ucapnya.


Sebagai pedagang, ia berharap kepada pemerintah untuk dapat terus memberikan dukungan dalam pembangunan ekonomi masyarakat, khususnya para pedagang kecil di Pasar Padang Panjang, seperti adanya pembinaan, perlindungan, serta mempermudah perizinan UMKM.
  
“Hal ini akan memberikan dampak yang besar kepada masyarakat di bidang perdagangan dan UMKM," ungkapnya. 




Selain upacara, juga diadakan lomba 17-an untuk para pedagang dan anak-anak. Para peserta merupakan gabungan pedagang yang berada di Lantai 1 Blok A yang berjualan ikan asin, bunga rampai, perlengkapan jenazah, bahan-bahan pangan. Juga turut bergabung penjual makanan dan minuman untuk sarapan dan makan siang para pedagang.

Adapun lomba yang diadakan di antaranya lomba pacu karung, estafet kelereng, mencari koin dalam tepung, goyang balon, mengeluarkan balon dalam kardus, fashion show dan oper kue berpasangan. 

Para pemenang lomba mendapat hadiah berupa alat tulis seperti buku, pensil, pulpen untuk pemenang anak-anak. Peralatan rumah tangga seperti sapu, sendok, garpu, piring untuk pemenang dewasa.

Agaknya rasa nasionalisme telah tumbuh subur di hati para pedagang, sehingga melalui momen peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 77, kita jadi makin tahu Indonesia bahwa rakyatnya amat cinta akan negeri dan budayanya. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update