Notification

×

Iklan

Iklan

Kacimuih, Jajanan Minang yang Manis Gurih di Lidah

14 November 2022 | 21.25 WIB Last Updated 2022-11-25T04:31:30Z



PASBANA - Sumatera Barat terkenal sebagai surganya kuliner enak. Tak hanya masakan rendang yang lezatnya sudah mendunia. Ternyata masih banyak kuliner lain yang juga tak kalah enaknya. 


Cukup banyak olahan makanan di ranah Minangkabau yang sangat menggiurkan untuk dicicipi. 


Meskipun makanan khas Sumatera Barat terkenal dengan cita rasa yang pedas, namun Anda juga bisa mendapatkan makanan atau aneka kuliner lainnya yang manis dilidah Anda. Dan juga sangat cocok untuk cemilan di sore hari saat berkumpul bersama keluarga.

Nah makanan manis tersebut dikenal dengan kacimuih. Tahukah Anda jika kacimuih ini terbuat dari singkong yang diparut dan juga dicampurkan dengan kelapa muda yang diparut serta juga diberikan gula merah sehingga memberikan rasa yang manis. 

Tahukah Anda jika ada cara yang sangat unik saat menikmatinya, dimana gula arennya dicairkan sehingga seperti caramel saat Anda memakannya. Sungguh nikmat bukan. 

Saat ini, tak banyak pedagang makanan yang menjajakan kacimuih ini. Namun makanan tradisional ini masih bisa Anda dapatkan di beberapa pasar tradisional di Sumatera Barat. Jajanan ini memang lebih umum dijumpai di kawasan Bukittinggi dibandingkan dengan daerah-daerah lain. 

Rasa parutan singkongnya lembut dan lunak dikunyah. Ada rasa manis yang berasal dari penggunaan gula, serta dipadukan dengan sensasi gurih dari parutan kelapa. 

Soal harga, makanan kacimuih sangat ramah di kantong. Untuk satu porsi piring kecil, biasanya dihargai antara 3000 sampai dengan 5000 rupiah. Namun akan lebih nikmat lagi, kalau kacimuih disajikan dengan bungkus daun. Lebih berselera kita untuk menyantapnya. 
Jadi saat Anda mengunjungi pasar tradisional di Sumatera Barat, jangan lupa untuk coba icip-icip jajanan kacimuih ini. Biar makin tahu Indonesia.. ya! 

(Bd) 


×
Kaba Nan Baru Update