Notification

×

Iklan

Iklan

SYAHNUFIR, WARGA TERLANTAR KE-97 TERIMA BANTUAN KONSUMTIF PERMANEN

02 Juli 2016 | 12.21 WIB Last Updated 2016-07-02T05:21:28Z


Tanah Datar - Bupati Irdinansyah Tarmizi mengunjungi Syahnufir (76 tahun) salah seorang warga terlantar dan cacat fisik di Jorong Balai Bungo Nagari Tanjuang Kecamatan Sungayang, Rabu (29/06) yang menerima dana konsumtif permanen dari Baznas Tanah Datar.

Pertemuan Syahnufir dengan bupati Irdinansyah bukanlah pertemuan perdana namun pertemuan ini merupakan yang kedua kalinya, pada kesempatan yang lalu bupati telah melihat beberapa kali Syahnufir berusaha untuk berjalan dengan mengunakan tangan dan tubuhnya (ngesot), karena kondisi kaki yang telah lumpuh.

Kondisi Syahnufir inilah yang membuat Bupati Irdinansyah untuk menemuinya langsung di pinggir jalan dan berbincang sejenak, tanpa menunggu waktu lama Bupati menginstruksikan kepada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja untuk membantu Syahnufir.

Pada akhir Mei 2016 dinas terkait memberikan kursi roda melalui Program Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) di Kecamatan Sungayang. Tidak hanya itu, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja berkoordinasi dengan Baznas Tanah Datar agar Syahnufir bisa dibantu karena dianggap memenuhi kriteria warga terlantar.

Baznas Tanah Datar dalam hal ini memberikan bantuan konsumtif permanen kepada warga atau orang tua yang benar-benar terlantar, kategori miskin, berada di luar panti jompo dan ini diberikan seumur hidup dengan jumlah dana @ Rp. 350.000,- per bulan.

"Syahnufir merupakan orang tua terlantar ke-97 yang dibantu Baznas Tanah Datar menerima dana Konsumtif Permanen (seumur hidup)" ungkap Masrial Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pemberdayaan Masyarakat Baznas Tanah Datar.

Pada kunjungan Bupati Irdinansyah beserta Kepala Dinas Sosnaker Sri Lestari, Baznaz Tanah Datar, Camat Sungayang Liza Martini dan Wali Nagari Tanjuang sekaligus menyerahkan bantuan kepada Syahnufir melalui Syamsir (54 tahun) tetangga Syahnufir yang selama 2 tahun ini telah merawat orang tua ini. Bantuan ini sengaja dititipkan kepada Syamsir untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum sehari-hari.

"Saya merasa beliau seperti orang tua saya sendiri, sehingga saya merasa tidak dibebani untuk membantu beliau semampu saya," ungkap Syamsir seorang petani kecil di Tanjung Sungayang.

Syamsir selama 2 tahun terakhir dengan ikhlas dan seadanya telah membantu Syahnufir karena kondisinya yang lumpuh, dan sudah 18 tahun ini Syahnufir tidak mampu bekerja sebagai buruh tani dan hanya berharap belas kasihan orang dengan meminta-minta.

Bupati Irdinansyah pada kesempatan itu secara pribadi juga memberikan bantuan konsumtif kepada Syahnufir untuk keperluan dan kebutuhan Hari Raya Idul Fitri. (ss).
×
Kaba Nan Baru Update