Notification

×

Iklan

Iklan

PEMBANGUNAN SUTET DIMULAI

29 Agustus 2016 | 18.19 WIB Last Updated 2016-08-30T01:23:04Z

Sijunjung - Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo meletakkan batu pertama pembangunan tapak tower Tol Listrik, di Sibisir Nagari Timbulun, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (22/8).
Setelah bupati, peletakan batu dilakukan Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy, ketua DPRD Mukhlis Rasyid, Kapolres AKBP Dody Pribadi, Danramil Tanjung Gadang, Kapten Czi. Naspi, General Manager Unit Induk Pembangunan (GM UIP) II, Jurlian Sitanggang dan Manajer Unit Pelaksana Konstruksi Jaringan Sumatera 3, M. Rizal.
Acara peletakkan batu pertama yang merupakan awal pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kilovolt (kV) dari Kiliran Jao ke Payakumbuh, dihadiri kepala SKPD terkait, sejumlah camat, Muspika Tanjung Gadang, walinagari serta tokoh dan pemuka masyarakat Timbulun.
Bupati berharap pembangunan SUTET 275 kV ini  terlaksana sebagaimana mestinya. Sebab, bila pembangunan SUTET terlaksana menurut semestinya, di Kabupaten Sijunjung khususnya dan di Sumatera Barat pada umumnya, tidak akan terjadi lagi listrik sering mati sebagaimana yang adanya sekarang.
Karena itu, sebagaimana Pemkab Sijunjung, masyarakat juga diharapkan dan diimbau untuk mendukung pembangunan SUTET 275 kV ini. Sementara pihak PLN diminta supaya berkoordinasi dengan walinagari bila berurusan dengan masyarakat. Artinya pihak PLN jangan langsung berusan dengan masyarakat tanpa berkoordinasi terlebih dahulu dengan walinagari.
Di sisi lain bupati mengatakan, sekarang keberadaan listrik semakin dibutuhkan. Tidak saja bagi masyarakat yang bergerak dibidang industri, tapi juga bagi rakyat biasa yang memiliki profesi beraneka ragam.
Beberapa menit saja listrik padam, warga tak hanya  kalang kabut, tapi juga mengumpat dan ngomel. Ini  menandakan begitu besarnya ketergantungan masyarakat akan enegi listrik.
Bagi masyarakat yang sudah terbiasa hidup dengan energi listrik, bila listrik itu mati  jelas besar pengaruhnya. Pengaruh itu tidak saja dirasakan oleh masyarakat perkotaan, tapi juga dialami rakyat di ujung negeri yang sudah mulai maju dan ber ekonomi sehat. Karena sebagian besar aktifitas mereka banyak yang tergantung kepada listrik, seperti memasak dengan rice cooker, menghidupkan kulkas, mensetrika, menghidupkan telivisi, tape recorder, radio dan sebagainya.
“Untuk itu, supaya di Kabupaten Sijunjung khususnya dan di Sumatera Barat pada umumnya  listrik tidak lagi sering mati sebagaimana yang terjadi sekarang, kita berharap  pembangunan SUTET 275 kV ini  terlaksana sebagaimana mestinya. Agar harapan terwujud, sebagaimana Pemkab Sijunjung, masyarakat juga diharapkan dan diimbau untuk mendukung pembangunan SUTET ini,” harap Bupati Yuswir Arifin.
Senada dengan bupati, supaya pembangunan SUTET 275 kV   terlaksana sesuai rencana, GM UIP II Jurlian Sitanggang juga berharap dukungan masyarakat Kabupaten Sijunjung khususnya dan warga Provinsi Sumatera Barat umumnya.
Selain berharap dukungan  masyarakat, Jurlian Sitanggang juga mengatakan bahwa pihak PLN akan berperan serta memajukan Kabupaten Sijunjung sebagaimana bunyi bait Mars Sijunjung yang dinyanyikan di awal acara peletakan batu pertama pembangunan tapak tower Tol Listrik.(*)

×
Berita Terbaru Update