Notification

×

Iklan

Iklan

Ancaman Banjir Bandang Mengintai Di Batang Manguih

11 Desember 2016 | 22.48 WIB Last Updated 2016-12-11T15:48:43Z

Agam — Menurut survei yang dilakukan tim gabungan BPBD Agam, masyarakat dan Dinas  PU Agam (11/12 ) diperoleh beberapa temuan dan disimpulkan perlu segera dinormalisasi pada Sungai Batang Manguih.

Ancaman banjir bandang mengintai wilayah Malalak dan sekitarnya. Jika tidak dinormalisasi dengan segera, Batang Manguih akan makin bergeser dan menimbun sawah penduduk seperti sebelumnya. Dan aliran  Batang Manguih pun kian menyempit ke hilir. Sementara di hulu sungai terkenal sangat besar dan luas dengan debit air yang tinggi.

Camat Malalak Harmezi menyebutkan, potensi ancaman banjir bandang Batang Manguih sangat besar dan makin mengerikan. Selain mengancam persawahan penduduk, pemukiman warga serta berpotensi merusak ruas jalan utama SIMAKA.

Harmezi berharap, normalisasi segera dilakukan sehingga kekhawatiran akan ancaman banjir bandang besar di Malalak bisa segera diantisipasi, “ Kita berharap langkah antisipasi segera dilakukan, ini sangat rawan dan mengerikan,” sebut Harmezi.

Sementara Kalak BPBD Agam Bambang Warsito menyebut, pihaknya sudah merekapitukasi seluruh dampak bencana di Agam termasuk kondisi Batang Manguih.

Semoga kondisi Malalak baik kondisi jalan SIMAKA maupun ruas sungai Batang Manguih menjadi prioritas penanganan pasca bencana yang terjadi sepekan terakhir di Kabupaten Agam.

Sumber: kaba12.com


×
Kaba Nan Baru Update