Notification

×

Iklan

Iklan

Ciptakan Keamanan Saat Pilkada Mendatang, Satlinmas Diberi Pelatihan

26 April 2018 | 18.49 WIB Last Updated 2018-04-26T11:49:53Z


Padangpanjang – Wujudkan ketentraman, ketertiban, dan keamanan saat penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Padangpanjang pada Juni mendatang, sebanyak 197 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ikuti pelatihan untuk pengamanan pemilu tahun 2018, di Gedung M. Syafei Kota Padangpanjang, Kamis (26/4).

Pjs Walikota Padangpanjang Irwan S.Sos MM diwakili Plt Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Sonny Budaya Putra AP. M.Si mengatakan, dengan dilaksanakannya Pilkada pada tahun 2018 ini di Kota Padangpanjang, peran anggota Linmas dalam menjaga ketertiban dan kelancaran, menjadi kebutuhan mutlak yang tidak bisa ditawar lagi.

“Berbagai kemungkinan gangguan kamtibmas dalam pelaksanaan Pilkada serentak harus diantisipasi, dan disiapkan penanganannya sejak dini, baik dengan cara turun langsung kelapangan, atau menyerukan diberbagai kesempatan, sehingga pelaksanaan Pilkada bisa lancar, aman dan tertib,” Jelas Sonny.

Sonny menambahkan, menciptakan kedamaian dalam pelaksanaan Pilkada bukan hanya tugas pemerintah saja, tetapi tugas semua. “Kami berharap, semua pihak dapat memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan demokrasi yang sehat, sehingga pilkada tahun ini bisa sukses, baik dari aspek penyelenggaraan, maupun kualitas hasil dari pilkada tersebut,” harap Sonny.



Lebih lanjut Sonny mengatakan, sebagai satuan yang berasal dari masyarakat, maka peran Satlinmas menjadi sangat penting sebagai garda terdepan yang memiliki kedekatan psikologis dengan masyarakat, dan mengemban motto cepat tanggap, cepat tindak dan cepat lapor.

“Walaupun Kota Padangpanjang hingga hari ini terpantau relatif aman dan damai, namun berbagai potensi konflik dapat saja berkembang menjadi kejadian-kejadian yang meresahkan dan mengganggu ketentraman dan ketertiban umum,” papar Sonny.

Sementara itu, Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Padangpanjang Arkes Refagus S.Sos mengatakan, pelatihan ini guna memberikan pemahaman teknik penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pilkada.

“Kita ingin menciptakan anggota Satlinmas yang mampu melakukan pengamatan / deteksi dini terhadap gejolak masyarakat, dan permasalahan sosial yang berpotensial mengancam pelaksanaan pemilu, serta menciptakan satlinmas yang profesional dalam melaksanakan tugas dan pengamanan pemilu,” papar Arkes.

Pelatihan tersebut diselenggarakan selama 2 hari, terhitung hari ini hingga Jumat (27/4) besok. Dengan mendatangkan narasumber dari Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Provinsi Sumatera Barat Zul Aliman, SE, MM, Ketua KPU Kota Padangpanjang Jafri Edi Putra, Ketua Panwaslu Kota Padangpanjang Syaiful Ardi, Kasat Binmas Polres Padangpanjang IPTU. Jaswir ND, Kasubag Dal Ops Polres Padangpanjang AKP.P. Simamora. (Delma)
×
Kaba Nan Baru Update