Notification

×

Iklan

Iklan

1049 Sertifikat Dibagi kepada Masyarakat Pasaman

08 Januari 2019 | 15.07 WIB Last Updated 2019-01-08T10:53:39Z


Pasaman - Ribuan masyarakat Pasaman tersenyum sumbringah. Pasalnya Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pasaman membagikan sertifikat gratis melalui Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) di beberapa kecamatan di daerah itu.

Pembagian ini dilakukan secara simbolis loleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis didampingi Kepala BPN Pasaman, Hanif dan pejabat terkait lainnya di gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping, Selasa (8/1).

"Yang kita bagikan saat ini merupakan program PTSL tahun 2018. Sebanyak 1049 sertifikar berhasil kita terbitkan demi terpenuhinya program pusat dalam adminitrasi pendataan lahan," kata Hanif.

Tidak saja sertifikat program PTSL yang dibiayai dari APBN, sebanyak 740 sertifikat yang dibiayai dari DIPA Kanwil BPN Sumbar melalui program redistribusi tanah juga ikut dibagikan.

"Jadi, total yang kita bagikan saat ini yakni 1989 sertifikat," lanjut Hanif.

Lanjut Hanif, memgatakan, untuk tahun 2019 ini, program serupa mengalami kenaikan. Ditargetkan sebanyak 3000 bidang tanah milik warga bakal diterbitkan sertifikat hak tanahnya.

"Alhamdulillah naik lebih dari 100 parsen dibanding tahun 2018. Kita juga senang, program PTSL ini mendapat dukungan penuh dari pihak nagari dan masyarakat" kata Hanif.

Selama ini, kegiatan PTSL di Kabupaten Pasaman berjalan lancar dan minat masyarakat sangat tinggi untuk memiliki legalitas sertifikat itu.
     
Proses pembuatan sertifikat mendapat sambutan masyarakat sehingga tidak ada masalah mulai pengukuran hingga penerbitan. Diakui Hanif, program PTSL itu merupakan program Nawacita Jokowi-Jusuf Kalla untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
     
Pembagian sertifikat gratis dapat meminimalisasi kasus sengketa tanah juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sebab, sertifikat bisa dijaminkan ke bank maupun lembaga keuangan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha.
     
"Kami yakin pembagian sertifikat gratis dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Hanif menjelaska.
     
Sementara itu, Bupati Yusuf mengapresiasi program sertifikat gratis yang digulirkan Presiden Joko Widodo - Jusuf Kalla melalui kegiatan PTSL ini.
     
"Masyarakat merasa senang dan antusias dengan hadirnya pemberian sertifikat gratis itu. Selama ini, masyarakat Kabupaten Pasaman masih banyak yang belum memiliki sertifikat lahan," kata Bupati Yusuf.
     
Pihak pemerintah kata Yusuf akan mengantisipasi warga yang belum menerima program sertifikat gratis agar mendapatkannya dengan melaporkan kepada dinas BPN setempat. (Gani)
×
Kaba Nan Baru Update