Notification

×

Iklan

Iklan

Tapak Suci, Benteng Diri Santri Putri PPTQ-M Muhammadiyah Pakan Sinayan, Kamang Tangah

17 Februari 2019 | 14.17 WIB Last Updated 2019-02-17T07:17:42Z

Agam - Memiliki keahlian seni bela diri tradisional adalah salah satu bekal masa depan santri-santri Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Mualimin Muhammadiyah Pakan Sinayan, diluar keahlian akademik. Untuk melakukan pencak silat itu sendiri diperlukan teknik dasar pencak silat yang harus dikuasai, seperti sikap dasar, gerak dasar, serangan, dan teknik dasar pembelaan.

Menurut Ustadz Yasril Dt Maka Dewan Pembina Yayasan kepada pasbana.com Minggu, (17/02) mengatakan , " PPTQ-M Muhammadiyah Pakan Sinayan memiliki Visi mewujudkan santri-santri beraqidah salimah, beribadah sesuai sunnah dan berakhlaqkul karimah sebagai mana tertera dalam 6 pilar PPTQ-M. Selain itu kata Dt Maka, Santri juga perlu dibekali ilmu beladiri untuk menjaga kesehatan serta berfungsi juga untuk menghadapi serangkaian serangan fisik baik langsung maupun tidak langsung. Melalui Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah ini bekal mereka dimasa akan datang." 


Lanjut Dt Maka, enam pilar pondok pesantren yaitu, beraqidah salimah, beribadah sesuai sunnah, berakhlaq karimah, tahfizhul quran, taffaquh fiddien dan tabahhur lughah. Selain itu kata Dt. Maka, tapak Suci memiliki motto, "Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlak saya menjadi lemah."

Kegiatan ektrakulikuler ini selalu kita lakukan di sekitar objek wisata Danau Tarusan, Kecamatan Kamang Magek, agar santri-santri selalu segar mengikuti latihan pencak silat. Pencak sendiri merupakan suatu permainan tari yang didasarkan pada kesigapan dan langkah yang memiliki banyak gaya serta bunga. 

Sedangkan silat merupakan suatu kepandaian dalam menjaga diri dari serangan-serangan tidak terduga, kepandaian tersebut didasarkan pada kesigapan dan tangkas serta cerdik dalam memperhatikan gerakan dan gerik yang dilakukan oleh lawan.


Mudah-mudahan dengan banyaknya kegiatan ektrakulikuler di PPT-Q Muhammadiyah Pakan Sinayan, menjadi daya tarik para calon siswa baru yang akan mendaftar disini. Kami saat ini membuka pendaftaran siswa baru untuk tingkat MTs dan MA tahun ajaran 2019/2020. 

Lembaga pendidikan pesantren yang di asuh oleh Al-Ustadz H. M Hamdi Ms ini membina, menghafal, memahami, mengamalkan dan mengajarkan Al-Quran serta menguasai berbagai disiplin ilmu agama.

Semua tingkat pendidikan MTs dan MA di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Mualimin Muhammadiyah Pakan Sinayan memiliki Akreditasi B. Yayasan kita memiliki sarana yang lengkap diantaranya, gedung belajar dan asrama terpisah untuk santri putra dan putri, lapangan olahraga, perpustakaan, masjid, kantin, waserba, laundry, ruang ketrampilan, pusat kesehatan herbal dan juga dilengkapi dengan kamera pemantau (CCTV), ujarnya.

Saat ini pendaftaran masih dibuka pada setiap hari kerja dari jam 08.00 - 17.00 wib di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Mualimin Muhammadiyah Pakan Sinayan, Kamang Magek, Agam Sumatera Barat hingga tanggal 13 April 2019.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa menghubungi tim pengajar kami dengan ustadz Akmal 085271166395, ustadz Dian 081275660438, ustadz Husnul Fikri 081374377997, ustadzah Eva Yunita 081374330773 dan ustadzah Husnil Hayati 081374302225. (Rizky)
×
Berita Terbaru Update