Notification

×

Iklan

Iklan

Tiga Hal Yang Harus Dipegang Teguh Generasi Masa Depan

07 Maret 2020 | 08.02 WIB Last Updated 2020-03-07T01:02:01Z
Oleh : Niki Martoyo
( Pendongeng Sumatera Barat)

Pasbana.com -- Ada tiga hal yang harus dipegang oleh generasi masa depan. Yang pertama adalah berakhlak yang bisa didapatkan dari pengaruh lingkungan. Lingkungan gaya hidup, cara bergaul, baik dikeluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal.  

Kita sebagai orang tua, kakak atau seorang yang dianggap berpengaruh, akan menjadi idola oleh generasi masa depan, apabila kita bisa memberikan contoh, bisa mengajak, dan membina generasi masa depan tersebut.

Kemudian yang kedua adalah, kemampuan berfikir kritis. Sekarang merupakan zaman dimana, generasi masa depan punya kesempatan untuk cepat dapat informasi melalui gawai, atau smartphone. Tidak sedikit orang tua memberikan smartphone pada anaknya yang masih kecil. Ada game yang bagus untuk melatih motorik anak dan untuk belajar calistung, bermacam-macam informasi dapat diserap dari gawai.  

Namun, bila si anak diberikan gawai, dan digunakannya dalam waktu yang cukup lama, efek radiasi yang ditimbulkan gawai sangat berbahaya untuk mereka. Maka perlu keseimbangan. Kita tidak bisa menolak kemajuan teknologi, kedepannya entah apa yang akan terjadi ? 

Yang penting jangan sampai teknologi menguasai hati pikiran manusia, karena teknologi tidak punya hati, dan ingat ! Teknologi dibuat oleh manusia yang punya hati. Kemampuan berfikir kritis secara tidak langsung juga bisa didapatkan dari kegiatan membaca buku bersama anak, kakak dan adik, sehingga berfikir kritis itu lebih terbangun melalui pendekatan emosional yang bagus dan efektif. 

Sebagai orang tua, kita harus bisa membuat anak-anak ingin mengetahui secara dekat dan memancingnya untuk terus menggali kebenaran dari apa yang ia lihat dan itu perlu pembinaan yang kontiniu, sampai mereka cukup dewasa untuk melakukannya, memahaminya dan membagi informasi itu kepada teman-temannya. Generasi masa depan harus bisa berfikir kritis untuk membangun hubungan sosialnya yang positif dilingkungan dimana ia berada.

Yang terakhir adalah mental yang kuat. Mental yang dibentuk dari pengalaman melahirkan rasa percaya diri yang sangat perlu dibentuk dizaman sekarang ini. 

Jumlah manusia yang terus bertambah, persaingan yang terus meningkat, revolusi industri sudah masuk pada 5.0 membuat generasi masa depan harus mampu melakukan apa saja untuk mendapatkan apa yang diinginkannya, dan semua itu akan menjadi pengalaman baginya untuk lebih meningkatkan kemampuannya, sehingga mentalnya kuat untuk menghadapi perubahan zaman. Setiap ilmu yang didapatkan harus dimulai dari nol pengalaman, tidak ada seseorang yang langsung bisa mendapatkan keinginannya tanpa memulainya dari usaha dulu. 

Jadi, mental yang kuat akan mengantarkan kesuksesan bagi setiap generasi masa depan, yang disesuikan dengan keahliannya masing-masing untuk masa depannya.

Dari tiga hal yang harus dipegang diatas, sangat berhubungan satu sama lain. Generasi masa depan yang berakhlak, bila diarahkan akan berfikir kritis untuk memegang kebenaran, dan generasi yang bermental kuat akan siap menghadapi tantangan dimasa depan.

Salam Kreatif dan Salam Literasi !
×
Kaba Nan Baru Update