Notification

×

Iklan

Iklan

Pucuk Adat dan Ninik Mamak Se-Pasaman Barat Nyatakan Sikap untuk Mendukung Paslon Yulianto-Syafrial

24 November 2020 | 21.08 WIB Last Updated 2020-11-24T14:08:56Z


 


Simpang Ampek - Musyawarah besar pucuik adaik dan ninik mamak beserta perangkatnya dibawah naungan Daulat Yang Dipertuan Parit Batu di Balerong Daulat yang Dipertuan Parit Batu, Minggu (22/11/2020) kemaren.


Musyawarah yang digagas oleh Hendri Eka Putra sebagai Daulat yang Dipertuan Parit Batu dalam rangka membulatkan tekad dan komitmen untuk mendukung salah satu dari lima Paslon yang bertarung untuk memperebutkan BA 1 S.


"Dalam musyawarah itu, timbul kesepakatan ibarat pepatah "bulek aia dek pambuluah  bulek  kato dek mufakaik." Maka seluruh pucuk adaik dan ninik mamak yang mewakili sepakat untuk mendukung paslon nomor empat Yulianto-Syafrial di Pilkada Pasbar 2020,"ujar Daulat yang Dipertuan Parit Batu Hendri Eka Putra kepada Pasbana.Com di Simpang Ampek, Selasa (24/11/2020).


Dikatakan Daulat Parit Batu, ada lima pasang paslon yang bertarung untuk memimpin Pasaman Barat lima tahun kedepan. Semua paslon semunya putra terbaik Pasaman Barat, tentu pilihan kami sesuai dengan kriteria yang telah disepakati oleh pucuak adaik dan ninik mamak sesuai alua jo patuik yang telah ditetapkan.


"Setelah kami telusuri dan kami telaah,maka kami sepakat menjatuhkan pilihan kepada Paslon nomor urut 4 Yulianto-Syafrial, karna memenuhi dan kriteria yang kami sepakati,"ungkap Daulat.


Ada beberapa kriteria atau alasan kenapa kami menjatuhkan pilihan ke Yulianto-Syafrial lanjut Daulat, pertama sejumlah program pembangunan yang terbengkalai akibat covid 19 harus dilanjutkan oleh bupati sebelumnya.


Alasan kedua, kami melihat Paslon Yulianto-Syafrial memiliki sikap jujur amanah santun dan merakyat. Kemudian ketiga, Calon Bupati Yulianto selama menjabat tidak pernah ikut campur atau intervensi masalah adat di Pasaman Barat ini. 


"Dengan alasan itu kami seluruh yang hadir mendukung dan memenangkan  Paslon nomor urut 4. Begitu juga yang tidak hadir juga menyatakan sikap mendukung paslon tersebut melalui via telpon,"sebutnya.


Dengan adanya musyawarah besar tersebut, sudah jelas bahwa pucuak adaik dan ninik mamak beserta cucu kamanakannya siap bergerak untuk  mendukung dan memilih Yulianto-Syafrial  di Pilkada 9 Desember mendatang.


Dalam  musyawarah besar tersebut dihadiri oleh Daulat yang Dipertuan Parik Batu Pucuak Adat Pasaman, Tuanku Bosa Talu melalui Perwakilannya, yang Dipertuan Kinali, Pucuak Adat Kapa, Pucuak Adat Aia Gadang.


Kemudian Perwakilan Pucuak Adat Kiawai, Perwakilan Pucuak Adat Ujung Gading, Perwakilan Pucuak Adat Silaping, Perwakilan Pucuak Adat Simpang Tigo Koto Baru, Sejumlah Ninik Mamak Sinuruik, Aua Kuning, Kajai, Kenagarian Rabi Jonggor dan Sejumlah Bosa Sungai Aur.


Tokoh Masyarakat Pasbar H Zamri, mendukung sepenuhnya komitmen sejumlah pucuak adat dan ninik mamak untuk mendukung dan memilih Yulianto-Syafrial.


"Selaku cucu kamanakan sangat setuju atas pilihan pucuik adat untuk mendukung paslon nomor urut 4. Yulianto-Syafrial sangat paham kondisi dan geografis pasaman Barat yang masyarakatnya heterogen,"tegas Zamri.(Ron)

×
Kaba Nan Baru Update