Notification

×

Iklan

Iklan

Yuk... Wisata Hiking di Padang Panjang !

19 Mei 2021 | 11:45 WIB Last Updated 2021-05-19T04:45:43Z
Yuk... Wisata Hiking di Padang Panjang !


Pasbana.com -- Dimasa pandemi covid-19 saat ini, daya tahan tubuh yang baik dan kuat mutlak diperlukan. Untuk membuat daya tahan tubuh tetap terjaga baik, selain menjaga pola makan dan pola hidup yang baik adalah olahraga.

Kalau kamu ingin bisa melakukan aktifitas olahraga yang murah sekaligus bisa berwisata alam. Kota Padang Panjang patut kamu masukkan dalam daftar kunjungan wisatamu.

Berada di tiga kaki gunung yakni Gunung Marapi, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikek. Padang panjang memiliki hawa sejuk yang selalu dirindukan siapapun.

Kota ini berada di daerah ketinggian yang terletak antara 650 sampai 850 meter di atas permukaan laut, berada pada kawasan pegunungan yang berhawa sejuk dengan suhu udara maksimum 26.1 °C dan minimum 21.8 °C, dengan curah hujan yang cukup tinggi dengan rata-rata 3.295 mm/tahun. Menambah romantisme ketika berjalan-jalan atau hiking di kota ini. 

Secara topografi kota ini berada pada dataran tinggi yang bergelombang, di mana sekitar 20,17 % dari keseluruhan wilayahnya merupakan kawasan relatif landai (kemiringan di bawah 15 %), sedangkan selebihnya merupakan kawasan miring, curam dan perbukitan. Ini yang menjadikan rute wisata hiking kita di Padang Panjang jadi lebih seru.

Kamu berminat untuk mencobanya?  Ada beberapa komunitas pemandu wisata dan pecinta alam yang bisa menemani wisata hiking kamu di Padang Panjang. 

Berikut ada beberapa rute hiking yang bisa kamu coba.
 

1. Rute Sepanjang Rel Kereta Api

Di sepanjang rel kereta api , kamu dapat menikmati sejuknya kota yang dibalut dengan hijaunya pepohonan. Ditambah bentuk rel kereta api di Padang  Panjang  yang bergerigi di tengahnya, membuat kita serasa di Eropa. Di tengah perjalanan , kita akan menjumpai air terjun kecil dengan sungai berbatu yang indah. 

Airnya  sangat jernih dan sejuk. Dan  diakhir perjalanan , kita akan menjumpai pemandangan batas kota Padang Panjang dari atas jembatan rel .




 
Sungguh menawan, melihat pemandangan alam dari ketinggian Jembatan Rel Kereta Api yang berwarna biru itu. Ke depan, diharapkan  dapat dibangun jalan setapak yang sejajar dengan rel dalam jarak yang aman tentunya. Agar trek jalan kaki tersebut tetap bisa dilalui, ketika Kereta Api jalur Padang - Padang Panjang telah beroperasi. 


# Rute Bukit Utara Padang Panjang 
 
Inilah  rute yang bisa dirangkai dengan wisata permainan air. Rute soft hiking ini diawali dari jalan menuju pemandian Lubuk Mato Kuciang, setibanya di gerbang masuk ke Nagari Singgalang kita akan disambut jalan mendaki di wilayah Jorong Tombong. 

Usai melalap pendakian pertama, kita masuk ke perkampungan di Jorong Tombong. Selanjutnya kita akan melewati pemandangan yang luar biasa yaitu tebing bebatuan sisa penambangan batu di Jorong Tombong tersebut.
 
Sangat bagus untuk dijadikan latar belakang pemotretan. Setelah ladang milik masyarakat Jorong Tombong , kita akan masuk Jorong berikutnya yaitu Jorong Sangkua. Di Jorong Sangkua, kita akan menemui pemandangan sungai berbatu yang jernih dan menawan. 
 
Di sungai berbatu tersebut terdapat banyak ikan larangan ( ikan yang diniatkan untuk dipelihara di Sungai, dan hanya boleh diambil bersama-sama bila waktu yang disepakati bersama telah tiba). Cukup jinak ikan larangan tersebut. Selanjutnya finish kita adalah di belakang Kantor Walikota Padang Panjang.

Yang terbaru adalah rute hiking yang dimulai dari Kelurahan  Pasar Usang, Silaing Atas, dan Silaing Bawah . Rute ini juga melalui destinasi wisata Batu Limo yang cukup indah nuansa alamnya.

Trek hiking ini masih terus dibenahi oleh Pemerintah Kota Padang Panjang.
 

# Rute Trek Sawah Liek


Inilah  sebuah wilayah yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi Ekowisata Andalan Kota Padang Panjang. Letaknya ada di wilayah Bukit Tui - Kota Padang Panjang. Berwisata hiking di area Sawah Liek  sungguh memberi kesan yang mendalam.
 



 
Dengan pemandangan alam yang cukup menawan, Trek menuju Sawah Liek juga sangat asyik untuk dilalui. Ada beberapa spot area yang bisa membuat kita termanjakan di alam. Ada sungai jernih yang mengalir di antara sisi- sisi jalan. Ada juga Batu Balantai, sebuah aliran yang sangat jernih dengan undak-undakan batu membentuk seperti tangga yang dialiri air.

Sungguh trek hiking yang membuat kita terhibur sekaligus menyehatkan.
 

# Rute Trek Bukit Koto Katiak

 
Untuk trek yang satu ini, memang sebuah trek hiking yang cukup menantang. Persiapkan fisik dan mental untuk melalui bukit di Koto Katiak ini. Dengan kemiringan trek yang cukup terjal , kita akan melalui barisan bukit yang berada di Selatan Kota Padang Panjang.
 

Dengan hutan rakyat yang masih sangat alami, menambah nuansa alami saat kita melalui trek ini. Dan bonus luar biasa akan kita dapatkan begitu sampai di sebuah pondok. Sambil menikmati buah durian, kamu bisa menikmati indahnya Kota Padang Panjang.





Satu lagi, kehadiran Masjid Islamic Center menambah asyik dan beragam rute hiking kita saat melintasi Koto Katiak ini. Banyak  spot indah dan instagramable bisa kamu dapatkan di area ini.

 

Hal-hal seru yang bisa kamu lakukan di Padang Panjang 

 
Camping ceria sembari menikmati pesona PDIKM yang sungguh berkesan. Terlebih saat malam maupun pagi hari. Jika langit tak mendung, kamu bisa menikmati langit malam bertabur bintang dan sunrise yang menawan saat fajar datang.Buat kamu yang suka selfie atau fotografi, Bukit Tui menawarkan landscape yang tak kalah apik dengan pemandangan alam lainnya di indonesia.
 
Jadi, silahkan foto-foto.Mendapatkan teman baru sesama pecinta traveling dan hikking. Hal ini tentu akan menambah keseruan pendakianmu.Buat kamu yang lagi galau mendaki adalah salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh, hati dan pikiran kembali segar. 

Ayo relaksasikanlah dirimu !

Jangan buang-buang waktumu untuk menggalau. Ayo bersenang-senanglah.Hal paling seru dari sekian keseruan yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kelestarian dan kebersihan kawasan perbukitan. Pliss, jangan buang sampah sembarang. Sayangilah alam sekitar. 
 

Tips Mendaki ke Perbukitan Di Padang Panjang 

 
Sebelum mendaki, alangkah baiknya kamu cek dulu kesehatan tubuhmu. Pastikan kondisi tubuhmu benar-benar dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.Mendaki pasti membuat tubuhmu cepat lelah, maka dari itu jangan lupa bawa bekal secukupnya seperti minuman, cemilan atau makanan.  

Jangan lupa juga bawa jaket atau baju hangat.Buat kamu yang ingin foto-foto, pastikan kondisi batre ponsel dan batre kameramu dalam keadaan full. Bila perlu bawa powerbank.Gunakanlah alas kaki sandal atau sepatu gunung yang pas dengan ukuran kakimu. Alas kaki yang kesempitan atau kebesaran takutnya membahayakan dirimu.

Pastikan segala perlengkapan pendakian ada di dalam tas. Dan kalau bisa gunakanlah tas anti air, buat jaga-jaga saja takutnya turun hujan. Bicara soal hujan, jangan lupa juga bawa mantel atau jas hujan.
 
Padang Panjang merupakan wilayah yang dapat disebut sebagai Minangkabau kecil. Karena penduduknya berasal dari berbagai daerah di Minangkabau. Sehingga dapat dilihat, dialek yang menjadi bahasa sehari – hari bukan dialek yang khas, melainkan dialek standar Minangkabau yang mudah dimengerti. 

Hal ini terbentuk karena terjadinya asimilasi berbagai adat dan kebudayaan Minangkabau dari berbagai daerah. Salah satu faktornya adalah Padang Panjang sebagai kota perlintasan yang telah dikenal sejak masa lampau. Penduduk Padang Panjang bermata pencaharian sebagai Petani, Pegawai dan Pedagang.
 
Oke, itulah sedikit informasi mengenai  obyek wisata Soft Hiking di Kota Padang Panjang  dan tips-tipsnya.  Semoga bermanfaat. Ingat, utamakan keselamatan. Selamat hikking teman-teman....
 

Padang Panjang Surga Bagi Wisata Jalan Kaki ( Hiking )
 

Wisata Jalan Kaki atau Hiking adalah salah satu kegiatan outdoor dimana pelakunya melakukan aktifitas berjalan kaki sebagai kegiatan rekreatif dan olahraga.Biasanya tempat yang dituju adalah lokasi yang memiliki panorama indah, dengan jalur yang sudah dibuat. Dan jarak tempuh nya singkat.
 
Hiking juga mengandung unsur permainan, petualangan dan romantika kehidupan, bukan hanya sekedar berjalan kaki atau berbaris seperti asal kata dasarnya. Kegiatan Hiking mempunyai beberapa manfaat antara lain:
 
1. Menurunkan berat badan
2. Menurunkan tekanan darah tinggi
3. Mengurangi risiko terkena serangan jantung
4. Mencegah osteoporosis dengan meningkatkan Kerapatan tulang
5. Meningkatkan dan memelihara kesehatan mental.
6. Memperlambat penuaan
7. Meningkatkan kualitas udara yang kita hirup.
 
Untuk beraktivitas Hiking di Padang Panjang, kamu bisa melewati jalan setapak (lebar kurang lebih satu meter) yang terbentuk oleh aktivitas para petani dan penggarap kebun diatas Bukit. Jalan yang setapak yang sudah bersih membuat para pendaki nyaman dan asyik mengikuti rute Hiking ini. Namun konsentrasi dibutuhkan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan fisik . Sungguh...surganya bagi wisata jalan kaki.

( Budi Rajobujang)