Notification

×

Iklan

Iklan

Sosialisasi Germas, Syuir Syam: Mari Tetap Disiplin Jalankan Prokes

07 Oktober 2021 | 11.32 WIB Last Updated 2021-10-07T04:32:27Z


Padang Panjang -- Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Gerindra, dr. Suir Syam, M.Kes. MMR menggelar kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (GERMAS) tentang "Penggunaan Alkes dan Pembekalan Kesehatan Rumah Tangga yang benar serta pemahaman terhadap bahaya Covid19 serta pemberian Vaksin" di Kota Padang Panjang, Sumatra Barat. Kamis (7/10/2021).

Hadir secara virtual, Suir Syam  mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya, sebanyak 90% masyarakat di Padang Panjang sudah memiliki pemahaman dan pengetahuan mengenai Covid-19, beserta dampak atau bahayanya. Namun menjaga konsistensi dalam disiplin menerapkan protokol kesehatan mencegah paparan Covid-19 merupakan tantangan yang terjadi saat ini.

"Berkat pemerintahan kota yang terus menerus menggalakan informasi tentang Covid19, masyarakat kota Padangpanjang sudah mengetahui bahaya laten dari virus ini. Hanya saja pada saat ini yang menjadi masalah adalah mempertahankan konsistensi untuk disiplin prokes, " katanya.


Ia mengharapkan, seluruh masyarakat untuk kembali membangun kesadaran dalam menjaga hidup bersih serta disiplin menjalankan protokol kesehatan, sehingga potensi sebaran yang lebih luas dapat dicegah.

"Untuk mengurangi kasus yang lebih mengkhawatirkan, saya menghimbau agar masyarakat lebih mewaspadai penyebarannya dimulai dari menanamkan kesadaran kepada pihak keluarga," terangnya.

Melalui sosialisasi GERMAS dan Pengendalian Pandemi Covid-19 ini Suir Syam mengajak masyarakat untuk menjaga imunitas melalui pola asupan yang sehat.Makanan sehat diungkapkannya mudah diperoleh, seperti lalapan, sayur, tempe, tahu, ayam, ikan yang diproses atau dimasak sendiri bukan kalengan.

"Makan makanan yang sehat bukan berarti makanan yang mahal. Makan mie ayam, bakso tidak dilarang, tapi ya jangan setiap hari, karena pasti tidak sehat. Banyak minyak, pakai micin. Kalau kita setiap hari makan itu, imunitas turun," imbuhnya.

Selain makanan sehat, imunitas dapat dibangun dengan menjaga produksi vitamin D dengan cara berjemur di pagi hari maksimal 15 menit, maupun suplemen vitamin tambahan, terutama vitamin C.


Dengan membiasakan diri hidup sehat ditambahkan Suir Syam, tidak hanya mencegah paparan Covid-19 namun dapat mencegah paparan-paparan penyakit lainnya.

Hadir pada kesempatan pembukaan dari Kemenkes RI, drg. R Edi Setiawan, MKM selaku Adminkes Ahli Madya Dirjen Kefarmasian dan Alkes. Dari Dinas Kesehatan Provinsi dihadiri oleh Safwan, SKM. M.Kes dan Elno Sabri selaku Kasi Kefarmasian Sumatra Barat. Dinas Kesehatan Kota, Drs. H. Nuryanuwar Apt. MM.M.Kes.

Bertempat di Gedung Pertemuan M.Syafei, kegiatan diawali dengan pemberian vaksin kepada masyarakat kota Padangpanjang yang belum melaksanakan vaksin. Ada sebanyak 1000 dosis vaksin jenis Sinovac yang disalurkan melalui kegiatan yang dimulai dari jam 07.30 WIB ini.(JED) 
×
Kaba Nan Baru Update