Notification

×

Iklan

Iklan

Al Qur'an, MTQ dan Kebahagiaan Hidup

16 November 2021 | 15:20 WIB Last Updated 2021-11-16T09:14:11Z

Oleh : Budi Rajobujang


Pasbana -- Turunnya Al Qur'an membawa kebahagiaan pada umat manusia. Jadi petunjuk hidup yang utama bagi manusia untuk meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Al Qur'an inilah kunci kebahagiaan. 

“Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa.”

Kalau mau bahagia, mari pedomani Al Qur'an..! 
Karena Al Qur'an selalu bawa kebahagiaan. 

Salah satunya tercermin dari pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Propinsi Sumatera Barat XXXIX di Kota Padang Panjang . Kota berjuluk Serambi Mekkah yang memang layak untuk selalu meninggikan nilai-nilai Al Qur'an. 

Adanya MTQ, membawa kebahagiaan bagi sebagian besar pedagang dan UMKM yang selama pandemi mengalami kesulitan dalam penjualan dan raihan omzet. 

Berbondong-bondongnya masyarakat  ikut menyemarakkan gelaran MTQ, telah memberikan dampak peningkatan omzet penjualan. Alhamdulillah...ekonomi masyarakat bisa sedikit bergairah. 

Beberapa kedai yang berada di Pasar Kuliner Malam, mengaku dagangannya terjual habis lebih awal. Karena kunjungan ke Pasar Kuliner juga meningkat. 

Ada juga sisi kebahagiaan lain yang hadir dengan adanya MTQ ini. Terjalinnya silaturahim. Silaturahim adalah jalan bahagia. 

Banyak kawan dan teman seperjuangan, atau se pendidikan yang sudah belasan tahun tidak berjumpa, bisa duduk semeja sambil bernostalgia. 

Ini kebahagiaan tersendiri...! 

Bisa bersua dan melepas rindu dengan sahabat lama. Imun tubuh bisa langsung naik drastis. 

Sahabat lama yang bertemu dan berkumpul karena Al Qur'an. InshaAllah ini pertemuan yang diberkahi dan dirahmati. Bertemu dan berkumpul dalam rangka melakukan yang ma’ruf dan mencegah yang munkar, serta beriman kepada Allah.

Satu lagi, silaturahim itu menggugurkan dosa dan mendatangkan rezeki. Betapa dahsyat nya peran Al Qur'an dalam menghadirkan kebaikan. Seperti halnya ajang MTQ ini. 

Yang terpenting, tetap luruskan niat dan tujuan bahwa MTQ untuk mendekatkan jiwa umat Islam kepada kitab suci dan meningkatkan semangat membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-Qur'an. 

Dan konsep perlombaan yang dibawa dalam MTQ tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam. 

Sepanjang ini tetap dijaga, kebahagiaan akan tercurah selalu dalam pelaksanaan nya. (*) 

#mtq
#alquran
#padangpanjang