Notification

×

Iklan

Iklan

KAN Salimpaung Raih KAN Terbaik Sumbar Tahun 2021

27 November 2021 | 21.04 WIB Last Updated 2021-11-28T14:05:15Z


Tanah Datar | pasbana.com -- Setelah masuk  dalam 5 besar dalam ajang Kerapatan Adat Nagari (KAN) Terbaik Tingkat Sumatera Barat Tahun 2021 beberapa waktu lalu, akhirnya KAN  Salimpaung dinobatkan menjadi Terbaik I pada ajang itu. 

Hasil itu merujuk Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 414-873-2021 tertanggal 15 November 2021 tentang Penetapan Pemenang Kerapatan Adat Nagari Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2021 dan Surat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumbar Nomor 411.2/955/DPMD-2021 tanggal 22 November 2021. 

KAN Salimpaung mampu menyisihkan KAN Durian Tinggi Kabupaten Pasaman, KAN Bungus Kota Padang, KAN Tandikek Kabupaten Padang Pariaman dan KAN Pasie Talang Kabupaten Solok Selatan. 

Atas prestasi ini, KAN Salimpaung berkah menerima uang pembinaan Rp7 Juta dan Trophy dari Gubernur Sumatera Barat. 

Ditemui di sela kegiatannya, Sabtu (27/11/2021) Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang diukir KAN Salimpaung. 

"Secara pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah, Saya sampaikan selamat atas prestasi KAN Salimpaung yang telah mampu harumkan nama Luhak Nan Tuo di tingkat Provinsi Sumatera Barat," katanya. 

Keberhasilan KAN Salimpaung ini, tambah Eka, semoga menjadi motivasi KAN lainnya di Tanah Datar. 

"Berbagai program inovasi dan kreatif telah dilaksanakan KAN Salimpaung, sehingga mampu menjadi terbaik tingkat Sumbar, karena itu tentu hal itu juga menjadi contoh bagi KAN lain di Tanah Datar," tukasnya. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Nofenril mengatakan, KAN Salimpaung memang layak menjadi terbaik tingkat Sumbar. 

"KAN Salimpaung sangat solid dan saling mendukung bersama unsur pemerintahan nagari lainnya dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan di Salimpaung," katanya. 

Diungkapkan Nofenril, Setidaknya ada 3 program inovasi yang menjadikan KAN Salimpaung menjadi KAN terbaik tingkat provinsi Sumbar. 

"Di samping kesolidannya, KAN Salimpaung juga mempunyai administrasi yang bersih dan lengkap. Kemudian memiliki ranji Kaum se Nagari Salimpaung serta menjadikan beberapa gedung rumah gadang menjadi rumah isolasi Covid-19 saat pandemi merebak, menjadi nilai lebih sehingga mampu menjadi terbaik Sumbar tahun 2021 ini," pungkas Nofenril. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update