Notification

×

Iklan

Iklan

Padang Panjang dan Wisata Al Qur'an

14 November 2021 | 20:09 WIB Last Updated 2021-11-14T13:11:39Z

Oleh : Budi Rajobujang


Pasbana -- Pujian dan apresiasi mengalir dari berbagai kalangan dalam acara Pembukaan MTQ Nasional Tingkat Propinsi Sumatera Barat XXXIX di Kota Padang Panjang, malam Minggu (13/11/2021).


Bertempat di Lapangan GOR Khatib Sulaiman Bancah Laweh, masyarakat datang berduyun-duyun antusias mengikuti Malam Pembukaan MTQ. Diluar dugaan, meluber hingga keluar lapangan Bancah Laweh keramaiannya. Kemacetan di sekitar tempat acara pun tak terhindarkan.


Masyarakat memang haus acara keramaian dan pertunjukan. Dua tahun lebih masyarakat tidak menemukan momen seperti malam itu. Namun demikian, petugas dari awal-awal sudah menerapkan Protokol Kesehatan dengan mewajibkan pengunjung untuk mengenakan masker.


Malam pembukaan MTQ itu memang luar biasa dan meriah.


Padang Panjang yang berjuluk Kota Serambi Mekkah memang layak dilekatkan dengan segala yang bernuansa Islami dan Al Qur'an.


Bukti yang paling nyata adalah dengan dibangunnya Monumen Al Qur'an di halaman Masjid Islamic Center Kota Padang Panjang. Kehadiran monumen itu langsung jadi icon baru bagi para pengunjung. Dan sempat jadi viral di dunia maya.


Padang Panjang dan Al Qur'an serasa sudah seirama untuk dibersamakan.


Begitu pula halnya dengan Lomba Cerdas Qur'an yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang bersama Padang TV. Gelaran lomba ini mendapat perhatian dan antusiasme luar biasa dari berbagai sekolah yang ada di Kota Padang Panjang.


Dua hal ini, seyogyanya bisa menjadi salah satu referensi bagi para pegiat dan stakeholder Pariwisata di Kota Padang Panjang, bahwa ada peluang besar untuk Pariwisata Padang Panjang yang berhubungan dengan  Al Qur'an yang berpeluang untuk dikembangkan. Sebut sajalah Wisata Al-Qur'an.


Dari segi branding, Kota Padang Panjang sudah tersedia. Julukan sebagai Kota Serambi Mekkah ini tinggal dipupuk dan dirawat saja. Tidak perlu membangun atau menanam lagi. Sudah diterima khalayak ramai, dan belum ada yang komplain. Yang ada hanya kritikan dan saran saja. Dan itu wajar.


Menengok meriahnya Pembukaan MTQ di Padang Panjang, ini bisa jadi tonggak baru untuk menghidupkan kembali nilai-nilai Al-Qur'an di Kota Padang Panjang. Salah satunya dibidang Pariwisata nya.


Untuk diketahui, Kota Padang Panjang telah menjadi salah satu destinasi kunjungan tetap para wisatawan Negeri Jiran Malaysia melalui Paket Perjalanan "Jejak Tarbiyah Buya Hamka".
Nama Buya Hamka sendiri sangat lekat dengan  Al Qur'an, karena beliau telah menghasilkan karya fenomenal dengan Tafsir Al-Azhar nya.


Ini fakta-fakta bahwa Padang Panjang punya peluang besar untuk mengembangkan Wisata Al Qur'an.


Semoga melalui momentum Pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Propinsi Sumatera Barat di Padang Panjang ini, masyarakat Padang Panjang sadar telah memiliki keunggulan dan keistimewaan yang tak perlu dicari-cari lagi.
Tak perlu dikarang-karang lagi.


Mungkin kedepan bisa digagas paket wisata seperti Seminar Al-Qur'an, Mukhayyam Al-Qur'an, Menginap Bersama Al-Qur'an, Cerdas Cermat Al-Qur'an atau Lintas Alam Al-Qur'an.  Ini semua bisa mendatangkan orang luar Padang Panjang ke Kota Padang Panjang.


Semuanya sudah dianugerahkan di Kota kecil yang sejuk dan indah ini. (**)

#wisata_alquran
#mtqke39
#padangpanjang