Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Pasaman Kukuhkan DPD PJID - Nusantara

02 Desember 2021 | 14.58 WIB Last Updated 2021-12-03T08:01:37Z






Pasaman -- Sebagai daerah yang berbatas langsung dengan Provinsi Sumatera Utara, masyarakat Kabupaten Pasaman memiliki komposisi penduduk yang heterogen. Mayoritas bersuku Minang dan Mandailing, serta ada Batak, Jawa dan suku bangsa lainnya.


Dengan kondisi demikian, rasa persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat harus terpelihara dengan baik, dan disinilah peran dan fungsi Pers yang menjadi sangat penting dalam hal ini.


Hal tersebut disampaikan Bupati Pasaman dalam amanatnya yang dibacakan Sekretaris Dinas Kominfo Pasaman Budhi Hermawan, Kamis (2/12/2021), dalam acara pengukuhan dan pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi -Nusantara (PJID - Nusantara) Kabupaten Pasaman, di Aula Perusda Equator, Lubuk Sikaping.


"Alhamdulillah, masyarakat kita di kabupaten Pasaman hidup rukun, saling menghargai dan saling menghormati, dalam suasana pergaulan yang damai," kata bupati.


Kepada wartawan selaku mitra kerja pemerintah, diharapkan senantiasa menyajikan berita-berita yang konstruktif, mengedukasi dengan informasi yang merekat rasa persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat.


Selanjutnya dikatakan, perkembangan industri pers di era keterbukaan Informasi sekarang, secara langsung telah berdampak pada maraknya pertumbuhan perusahaan media di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan Ikut berdampak pula pada pertumbuhan organisasi kewartawanan.


Namun diingatkan Bupati, apapun organisasinya, wartawan di Pasaman harus tetap kompak, dan tidak gampang terpecah belah oleh berbagai kepentingan. "Alangkah baiknya, sesama pengurus organisasi kewartawanan bisa saling berbagi informasi, saling bersinergi, terutama untuk kemajuan organisasi, peningkatan Sumber Daya Manusia, dan kesejahteraan wartawan itu sendiri," ujar Bupati, yang disampaikan Budhi.


Kepada ketua dan pengurus DPD PJID - Nusantara Kabupaten Pasaman yang baru dilantik, diminta saling bersinergi dengan Pemerintah Daerah, terutama dalam menyampaikan informasi kegiatan pemerintah kepada publik, dan sebaliknya, Pers tetap menyuarakan kepentingan masyarakat melalui pemberitaan yang bersifat konstruktif dan berimbang.


Terakhir Bupati mengajak pengurus DPD PJID - Nusantara dan organisasi kewartawanan lainnya, untuk bersama-sama membawa misi dan tujuan yang mulia, demi terwujudnya kehidupan pers yang merdeka, profesional, bermartabat dan beradab.


Sementara, Ketua Umum DPP PJID-N, Faisal Ramli, dalam sambutannya menekankan pentingnya peningkatan SDM wartawan. "Wartawan yang tergabung dalam PJID - N di seluruh Indonesia, harus kompeten, dengan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Dewan Pers.


Pada kesempatan yang sama Ewin sebagai Ketua terpilih DPD PJID-N Kabupaten Pasaman mengatakan tentunya saya akan bekerja lebih baik serta mengimplementasikan rencana-rencana besar saya untuk memajukan organisasi ini di wilayah Nusantara pada umumnya, dan di Kabupaten Pasaman pada khususnya.


“Saya juga memiliki harapan yang besar kepada semua rekan saya untuk turut berkontribusi dengan semangat kerjasama yang tinggi guna mencapai kesuksesan bersama,”ujarnya mengakhiri.


Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut, Bupati Pasaman diwakili Sekretaris Kominfo Budhi Hermawan, Dandim, Kapolres dan Ketua Pengadilan Agama Pasaman, serta Kepala OPD, dan ketua organisasi wartawan yang ada di Kabupaten Pasaman. (Dim)

×
Kaba Nan Baru Update