Notification

×

Iklan

Iklan

Padang Panjang Bakal Patenkan Tanaman Homalomena Frog

11 Januari 2022 | 23.18 WIB Last Updated 2022-01-12T01:57:08Z
Foto. minaquindonesia



PADANG PANJANG | pasbana - Nama latin bunga ini adalah Homalomena Frog. Tanaman hias ini tergolong tanaman hutan yang dapat dibudidayakan sebagai tanaman budidaya atau tanaman rumah.  Homalomena frogbanyak ditemukan di Asia Selatan dan Tenggara,

Dalam kunjungannya ke Padang Panjang, Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Dr. Liferdi, S.P, M.Si minta Pemerintah Kota Padang Panjang segera mematenkan Homalomena Frog, tanaman hias lokal yang berasal dari Kota Padang Panjang.

Hal tersebut disampaikan Liferdi saat bertemu dengan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dalam acara Temu Teknis Pengembangan Hortikultura Kota Padang Panjang di Aula Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Selasa (11/1). 

Dikatakan Liferdi tanaman Homolomena Frog sudah terkenal ke mancanegara. Tanaman ini bernilai ekonomi dan bisa diekspor kemana saja. 



"Saya minta ini segera ditindaklanjuti Pemko bahwasannya tanaman ini berasal dari Padang Panjang. Jangan sampai ada pihak lain nantinya yang mematenkan ini," katanya. 

Sementara itu Kepala Dispangtan, Ade Nafrita Anas, M.P menyampaikan, tanaman ini merupakan tanaman hias lokal yang dianggap biasa saja di sini. Namun ternyata diminati oleh pecinta tanaman hias di luar negeri. 

"Banyak negara yang meminati tanaman ini. Ke depan akan kita tindak lanjut hal ini," katanya. 

Sedangkan Wako Fadly berterima kasih kepada pihak Kementan, karena telah bekerja sama dengan Dispangtan Padang Panjang. Ini merupakan salah satu wujud untuk membangkitkan sektor pertanian di Padang Panjang. 

"Tidak tertutup kemungkinan Padang Panjang bisa jadi kota bunga. Cuaca kota ini sangat mendukung dan petaninya sangat kreatif," katanya. 

Untuk mewujudkan ini, sebut Fadly, perlu adanya kerja sama semua pihak, baik perbankan maupun pihak lainnya. 

"Saya harap ke depan petani Padang Panjang bisa ‘berlari’ agar mencapai hasil yang maksimal," katanya. (Rel/bd) 
×
Berita Terbaru Update