Notification

×

Iklan

Iklan

Jalur Pemudik Terjadi Peningkatan Arus Kendaraan pada H-2 Lebaran, Dishub Lakukan Pengalihan Jalur

30 April 2022 | 16.17 WIB Last Updated 2022-04-30T09:17:23Z


Payakumbuh, pasbana – Jalur pemudik yang melintasi Kota Payakumbuh sudah terlihat terjadi peningkatan volume pada H-2 Lebaran Idul Fitri 1443 H. Kendaraan yang mendominasi adalah kendaraan pemudik dari Provinsi Riau yang masuk ke Sumatera Barat. 


Kepala Disnas Perhubungan melalui Kabid Keselamatan dan Pengendalian Opserasional Yulhendri. L mengatakan kondisi lalu lintas H-2 lebaran sudah terlihat ramai lancar dibandingkan hari sebelumnya.


“Sejak cuti bersama dua hari ini, volume kendaraan pemudik yang memasuki Payakumbuh terjadi peningkatan yang cukup signifikan,” kata Kabid. Ops Yulhendi. L kepada media saat memantau arus mudik di pusat kota Payakumbuh, Sabtu (30/04) siang.


Untuk memberi kenyamanan dan kelancaran lalu lintas bagi perantau yang akan menuju kampung halaman, Andi Malaway sapaan akrab Kabid. Ops menyebut telah menempatkan personilnya dititik-titik rawan yang bisa menimbulan kemacetan.


“Personil kita bersama personil dari Polres Payakumbuh serta aparat terkait siap 24 jam mengawal pemudik. Supaya jalur di sekitar Payakumbuh tetap aman dan lancar,” ucapnya.


Lebih lanjut diinformasikan Andi, untuk kondisi pusat kota sendiri saat ini sudah padat merayap terutama di pusat pasar bawah kanopi sepanjang Jalan A. Yani, arus lalu lintas kendaraan roda empat sudah dialihkan dan tidak bisa lagi masuk ke bawah kanopi dengan kondisi buka tutup.


“Untuk kendaraan roda empat yang akan menuju Labuah Basilang kita alihkan menuju Simpang benteng. Sedangkan kendaraan roda empat yang akan menuju pusat kota dari arah Labuah Basilang kita alihkan belok kiri di Simpang Tiga Pasar Ibuh dengan metode buka tutup,” ujarnya.


“Dan sejak tadi malam untuk kelancaran lalin U turn sudah kita tutup. Mulai dari depan kantor pajak sampai ke depan LP. Jadi masyarakat yang akan putar balik dari arah Koto Nan Empat bisa di depan Sinar Pagi, dan yang ke arah Koto Nan Gadang bisa putar balik di depan pical lele Poko E Melu,” terangnya.


Kabid. Operasional Dihub Kota Payakumbuh selalu berkoordinasi dengan Kasat Lantas Polres Payakumbuh melalui Kanit Turjawali Aipda Zulhelmi yang sekaligus memegang kendali rekayasa lalu lintas selama lebaran, tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jalan.


Dia menghimbau kepada masyarakat dan pemudik yang akan melewati Payakumbuh agar tetap hati-hati dan waspada dalam berkendara demi keselamatan samapai ditempat tujuan.


“Tetap hati-hati. Kalau sudah capek berkendara lebih baik istirahat dulu demi keselamat bersama. Dan kami infokan sebelum masuk pusat kota Payakumbuh masyarakat bisa mengakses live CCTV Payakumbuh melalui laman https://kominfo.payakumbuhkota.go.id untuk melihat kondisi lalu lintas terkini,” pungkasnya. (Rel/bd) 


×
Kaba Nan Baru Update