Notification

×

Iklan

Iklan

Mengulas Sejarah Tenun Songket Pandai Sikek

30 Juni 2022 | 19.27 WIB Last Updated 2022-11-25T04:32:30Z
Foto: adpim Sumbar


pasbana.com - Kalau Anda berkunjung ke Sumatera Barat, ada satu destinasi ekonomi kreatif yang layak masuk list kunjungan Anda. Yaitu Sentra Industri  songket Pandai Sikek.

Pandai Sikek merupakan sebuah nagari di Kecamatan XKoto Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Secara geografis, Pandai Sikek berada di kaki Gunung Singgalang.

Hawanya sejuk dan pemandangan alamnya cukup indah. Belum ada catatan resmi sejak kapan tradisi tenun songket di Minangkabau khususnya di Pandai Sikek mulai tumbuh dan berkembang. 

Namun demikian, ada yang menyebutkan bahwa kepandaian menenun menenun ini dibawa oleh nenek moyang kita bangsa Austronesia atau yang disebut juga Malayo-Polynesia, dari Tanah Asal. Ditengarai bahwa kepandaian menenun ikut masuk saat migrasi besar-besaran penduduk dari daratan Asia ke arah selatan dan timur beberapa ribu tahun yang lalu. 

Kepandaian menenun masuk bersamaan dengan segala kepandaian yang lain, seperti kepandaian becocok tanam, kepandaian membuat dan menggunakan alat-alat pertanian dan pertukangan dan senjata, dan sebagainya. 

Seiring waktu, keahlian menenun ini mengalami penyesuaian dan pengayaan sesuai kondisi geografis dan sosiologis masyarakat Minang.  

Ada beberapa pengkayaan estetika sesuai dengan perkembangan di bidang ekpresi, kebiasaan hidup, dan pemandangan alam. Seperti motif flora dan fauna, sulur-sulur paku, kerbau, dan rumah gadang. 


Foto: Raf de Koto


Dalam beberapa referensi, dikatakan bahwa tenun minang dikatakan sama umurnya dengan stelsel matrilinial orang Minang, pembukaan sawah di Luhak nan Tigo, dan budaya lisan Kato Pusako pepatah petitih.

Penilaian pengamat tenun, ada kesamaan rumpun Austronesia pada kain tenun Sumatra pada umumnya dengan seluruh kain tenun Nusantara hingga ke Sumba dan Timor, juga dengan tenunan La Na di Thailand utara dan Laos. Rumpun ini akan memecah nanti di lihat dari segi kahalusan motif setelah masuknya kebudayaan India dan Cina dari utara. 

Akan tetapi kesamaannya bertahan di segi peralatan tenun dan teknik bertenun.Beberapa ratus tahun yang lalu, di hulu Sungai Batanghari, yang disebut Sungai Dareh, berkembang suatu pemukiman dan pusat perdagangan yang makmur. Penduduk dari daerah yang sekarang disebut Alam Surambi Sungai Pagu, dan dari daerah-daerah yang lebih ke utara lagi, datang ke tempat ini untuk menjual hasil-hasil alam berupa rempah-rempah dan emas. 

Daerah ini dikunjungi pula oleh pedagang-pedagang yang datang dari seberang laut, dari India dan Cina. Kaum wanita di daerah ini memakai pakaian yang lebih cantik bagi ukuran masa itu, istilah sekarang: lebih fashionable. Daerah ini kemudian terkenal dengan nama kerajaan Darmasyraya. Inilah cikal-bakal kebudayaan Melayu. 

Bertahun-tahun daerah ini menjadi titik pertemuan ekonomi dan budaya antara kebudayaan-kebudayan yang sudah lebih kaya dan maju di utara, Cina, Mongol dan India, dengan budaya lokal. 

Dalam kurun beberapa puluh tahun itu, atau mungkin sampai dua ratus tahun, setalah mengalami pergantian raja-raja dan penguasa, penduduknya menyerap banyak ilmu dan teknologi dari bangsa asing, disamping kemajuan bidang ekonomi dan politik yang memperkaya dan meningkatkan mutu kebudayaan lokal.

Diantara kemajuan yang dialami adalah dalam bidang pakaian dan teknik bertenun, beserta pengkayaan corak motif dan bahan-bahan yang dapat dipergunakan. Dari segi teknologi, yang awalnya orang membuat pakaian dari benang yang dibuat dari bahan-bahan yang tersedia di tempat pemukiman mereka, seperti serat kulit pohon, dengan perkembangan perdagangan orang-orang India yang mengenalkan bahan dari serat kapas dan linen, juga benang yang disalut dengan lempengan emas tipis, mulai ikut berubah. 

Pedagang Cina membawa benang sutra yang berasal dari kepompong ulat sutra, juga benang yang dibungkus dengan emas kertas kemudian dikenal dengan nama emas prada sehingga bisa diperkirakan bahwa pedagang India pun banyak memperdagangkan bahan sejenis. 

Pada tahun 1347 Adityawarman memindahkan pusat kerajaan dan kebudayaan Melayu dari Darmasyraya ke Pagaruruyung, dan kawasan di sekitar gunung Merapi dan Gunung Singgalang yang pada waktu itu terdiri dari Luhak nan Tigo dan Rantaunya yang Tujuh Jurai, menjadi terkenal sebagai Alam Minangkabau, dengan beberapa pusat pemerintahan yang tersebar di Pariangan, Sungai Tarok, Limo Kaum, Pagaruryung, Batipuh, Sumanik, Saruaso, Buo, Biaro, Payakumbuh, dan lain-lain. 

Alam Minangkabau dengan falsafah alam yang dianut masyarakatnya, alur dan patut serta alam takambang jadi guru, sangat memberi peluang bagi tumbuh dan berkembangnya kebudayaan dan kesenian dengan pengkayaan dari unsur-unsur budaya asing. 

Susunan masyarakat yang bersuku-suku eksogami dan, yang lebih utama lagi, aturan jalur pernikahan yang dikenal sumando manyumando, telah mengeliminir konflik antar kelompok sehingga kedamaian dapat terwujud dalam jangka waktu yang panjang dan memberi kesempatan bagi anak nagari untuk memperlajari dan memperhalus ilmu-ilmu dan keterampilan termasuk keterampilan bertenun.

Daerah Batipuh, sebagai salah satu pusat pemerintahan, kedudukan Tuan Gadang Batipuh sebagai Harimau Campo Koto Piliang, dapat diduga menjadi salah satu daerah yang amat penting pada masa kejayaan Minangkabau dahulu, bersama daerah-daerah lain yang tersebut diatas.  

Sejalan dengan keadaan itu, masyarakatnya tentu mandapat kesempatan yang lebih banyak pula untuk melakukan kegiatan ekonomi dan budaya termasuk keterampilan tenun sehingga mutu dan corak kain tenun semakin tinggi dan halus. 

Gadis-gadis menenun kain sarung dan tingkuluk dengan benang emas untuk dipakai ketika mereka menikah, dan perempuan lainnya menenun kain untuk dijual. Adat istiadat di Minangkabau mendorong kegiatan bertenun ini lebih jauh lagi karena pada setiap kesempatan upacara adat, kain tenun selalu wajib dipakai dan dihadirkan. Kata-kata adat dinukilkan di dalam nama-nama motif sehingga menjadi buah bibir dan diucapkan setiap saat. 

Kain tenun menjadi pakaian raja-raja, datuk-datuk dan puti-puti. Dimasa inilah, dimasa kejayaan Turki Usmani dan Asia Tengah, pada puncak kebesaran Dinasti Mongol di India ketika Sultan Akbar, 1556-1605 sangat memajukan seni dan ilmu pengetahuan, pada masa kejayaan Dinasti Ming dan Manchu di Cina. 

Ketika itu pertukaran perdagangan dan budaya sedang sangat pesat dan melibatkan Minangkabau sebagai suatu kawasan yang menjadi lintasan perdagangan dan juga negeri yang mempunyai komoditi dagang yang penting yaitu rempah-rempah dan emas, seni menenun kain dangan sutra dan benang emas di Sumatra, bersamaan dengan suji dan sulaman pun mencapai puncak kemajuannya dan menemukan ciri khasnya tersendiri.


Foto: Fanpage Pandai Sikek


Hampir semua pelosok Minangkabau, dari Luhak sampai ke rantau, mempunyai pusat-pusat kerajinan tenun, suji dan sulaman. Masing-masih mengembangkan corak dan ciri-cirinya sendiri, hal yang sangat dikuasai oleh para pedagang barang antik dan kolektor.

Beberapa nagari yang terkenal sekali dengan kain tenunannya dan cukup produktif pada masa itu adalah Koto Gadang, Sungayang, dan Pitalah di Batipuh, dan nagari yang melanjutkan tradisi warisan menenun hari ini adalah nagari yang termasuk Batipuh Sapuluh Koto, salah satunya adalah Nagari Pandai Sikek. 

Motif-motif kain tenun Pandai Sikek selalu diambil dari contoh kain-kain tua yang masih tersimpan dengan baik dan sering dipakai sebagai pakain pada upacara-upacara adat dan untuk fungsi lain dalam lingkup upacara adat, misalnya sebagai “tando,” dan juga dipajang atau digelar pada waktu batagak rumah. 

Meski tidak bisa disebut sebagai Master Tenun, berbicara tenun Pandai Sikek dikenal beberapa nama ahli tenun antara lain seperti Sari Bentan, Namun, Salamah di Baruah; Nuriah, Ipah, Pasah, Nyiah dan Jalisah di Tanjung. 

Ada belasan orang master tenun di Pandai Sikek pada zaman itu. Akan tetap kira-kira seratus tahun yang lalu diyakin beberapa wanita Pandai Sikek sangat aktif dibidang usaha dan kerajinan menenuni ini sehingga nama julukan mereka yang terambil dari peralatan tenun lebih dikenal sampai sekarang.

Diantaranya, dikenal nama-nama Inyiak Makau di Tanjuang, Inyiak Suri di Koto Tinggi, Inyiak Banang, dan Inyiak Karok. Pandai Sikek, sebagai “center of excellece” di bidang tenun songket waktu itu, tentu wanita-wanitanya sudah mengerjakan juga berdasarkan permintaan tenunan yang khas dari daerah-daerah lain seperti dari Pitalah di Batipuah, Koto Gadang di Agam dan dari Sungayang dengan corak benang dan motif yang spesifik dengan daerah tersebut, dan dikenal sampai sekarang sebagai motif-motif Sungayang, motif Koto Gadang dan lain-lain. 

Cukup kaya budaya yang dimiliki oleh Negeri Indonesia. Kita bisa Makin Tahu Indonesia melalui kekayaan ekonomi kreatif di negeri kita. Tertarik dengan tenun Minangkabau Pandai Sikek? Mari berkunjung ke Festival Pandai Sikek 2022 yang akan digelar pada 27-28 Agustus 2022 mendatang. 

Banyak sajian festival yang akan ditampilkan seperti Parade Seribu Songket, Fashion Show dan Kreasi Songket, demo ukiran kayu, sajian kuliner khas, dan pentas seni budaya anak nagari Pandai Sikek. (Budi). 

Dihimpun dari berbagai sumber. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
×
Kaba Nan Baru Update