Notification

×

Iklan

Iklan

Wujudkan Kebersamaan, PKK Ganting Gelar Permainan Tradisional Anak di Puncak Nyalo

19 Juni 2022 | 13.51 WIB Last Updated 2022-06-19T06:51:02Z


Padang Panjang, pasbana _ TIM Penggerak PKK kelurahan Ganting gelar serangkaian kegiatan kreatif di Puncak Nyalo Bukik Kandung Kelurahan Ganting Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang. Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore ini dimeriahkan juga dengan permainan tradisional dari anak-anak yang ada di Kelurahan Ganting.
 
Ketua PKK Kelurahan Ganting, Asmawati mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka membina kekompakan sesama kader PKK. Disamping juga memberikan nilai-nilai kehidupan kepada anak-anak lewat permainan tradisional yang selama ini sudah mulai jarang ditemui ditengah masyarakat.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membina kekompakan Kader serta  menggali kembali nilai-nilai yang terkandung dalam permainan tradisional, kita berharap permainan tradisional kembali di gemari oleh anak-anak kita yang dewasa ini lebih marak bermain game online. Dengan mengenali kembali permainan tradisional kita harap kampanye ini menjadi masif dan tugas kita sebagai kader PKK untuk mengajak dan memperkenalkan kembali kepada anak-anak di lingkungan masyarakat," ungkapnya saat ditemui di lokasi acara, Sabtu(17/06).




Kegiatan yang juga dihadiri oleh Lurah Ganting, Camat Padang Panjang Timur, Ketua PKK Kecamatan Padang Panjang Timur, Ketua Karang Taruna , Bhabinkamtibmas serta Forum RT Kelurahan Ganting ini mendapat respon positif dari berbagai pihak.

Asrul selaku Camat Padang Panjang Timur, sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh PKK kelurahan Ganting. Ia menyampaikan bahwa dengan program kreatif yang sarat akan nilai-nilai kebersamaan dan edukasi ini, ia berharap PKK Kelurahan Ganting serta PKK Kecamatan Padang Panjang Timur dapat menjadi acuan PKK percontohan di Kota Padang Panjang.

"Kita baru saja melewati proses penilaian PKK berprestasi tingkat Kota Padang Panjang, walaupun belum mendapatkan apresiasi yang cukup objektif, jangan sampai melemahkan semangat dan kreatifitas kita dalam melahirkan inovasi serta kegiatan yang bernilai ditengah masyarakat," pesannya.

Ditambahkannya bahwa penilaian bukanlah segala-galanya, yang terpenting  adalah proses yang dilewati, semangat kebersamaan, inovasi yang berdampak di tengah masyarakat, serta kreatifitas nyata yang menjadi amal jariah di sisi Allah SWT.

Penilaian bagi mantan Lurah Busur ini hanyalah di atas kertas, karya nyata dan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat itu yang lebih utama, dan PKK Kelurahan Ganting hari ini membuktikan dan mampu berbuat yang terbaik.

Sejalan dengan itu, Januardi selaku Lurah Ganting menambahkan, kegiatan kita hari ini dihadiri oleh berbagai unsur yang ada di kelurahan Ganting. Baik itu PKK, Karang Taruna, LPM, Forum RT serta unsur-unsur lainnya.





"Semangat hari ini adalah semangat kolaborasi, dengan Tagline Gantiang Maju Basamo Insyaallah menjadi momentum untuk terus berbuat yang terbaik, meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong di kelurahan Ganting, sehingga Gantiang maju Basamo benar-benar dapat terwujud dan semakin kita tingkatkan," harapnya.

Ditambahkannya dengan dihadiri oleh berbagai unsur, kegiatan PKK kelurahan Ganting kedepan akan terus diupayakan sebagai kegiatan rutin dan berkelanjutan. Sehingga nilai-nilai positif yang yang terdapat pada kegiatan ini dapat semakin masif dikampanyekan di lingkungan kelurahan Ganting.


Mulia mitra hadi, ketua Karang Taruna Ganting mengungkapkan, Permainan tradisional perlu dikampanyekan dan perkenalkan kembali di lingkungan anak-anak, selain sebagai sarana membangun karakter kepemimpinan, permainan tradisional juga mampu merangsang sensor motorik anak dan kepekaan sosial mereka.

"Kita sangat mengapresiasi kegiatan PKK ini, InsyaAllah dengan semangat kolaborasi dan kebersamaan, Ganting  sebagai kelurahan Edukasi Permaianan tradisional anak dapat  kita wujudkan. Ada harapan besar yang ditompangkan masyarakat kepada pemangku kebijakan di kelurahan Ganting ini agar generasi muda Ganting kembali kepada rulenya, yaitunya generasi yang sehat secara jasmani, sehat secara rohani dan tentu saja generasi sehat secara kemandirian," katanya.

Harapan dari founder Ruang Baca dan Budaya Togok ini adalah agar PKK Kelurahan Ganting dapat menjadi PKK kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat dengan dukungan kebersaman berbagai elemen dan lapisan masyarakat. Caranya menurut lelaki yang akrab disapa Mulia ini adalah dengan terus menerus melahirkan program inovasi  serta kreatifitas yang membawa dampak baik di lingkungan masyarakat.

"Bagi kami segala sesuatunya tidak ada yang tidak mungkin. Jika kita terus bergerak demi dan untuk kemajuan masyarakat hal yang kita cita-citakan dapat dicapai dengan segera. Orang yang bertahan dengan hantaman badai, tidak akan terusik dengan gerimis. Kuncinya adalah kemauan dan kebersamaan," tutupnya.

Selama pergelaran kegiatan terlihat kader PKK dan anak-anak sangat antusias mengikutinya. Adapun kegiatan yang dilaksanakan itu antara lain senam pagi, permaianan tradisional anak, makan bajamba serta ditutup dengan jalan-jalan atau refreshing ke Danau Singkarak. (JE) 
×
Berita Terbaru Update