Notification

×

Iklan

Iklan

Majukan UMKM, Pariaman Adakan Festival Ekraf Milenial

30 Juli 2022 | 06.59 WIB Last Updated 2022-07-29T23:59:18Z


Kota Pariaman, pasbana --- Walikota Pariaman, Genius Umar, buka secara resmi Festival Ekraf (Ekonomi Kreatif) Milenial, di rumah tabuk pasa, Kelurahan Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah, Jum'at malam (29/7).

"Festival Ekraf Milenial ini, sangat banyak sekali manfaatnya dalam memajukan UMKM yang ada di Kota Pariaman khususnya, dan Provinsi Sumatera Barat umumnya, karena para milenial inilah yang nantinya akan menjadi penggerak ekonomi untuk masa depan," ujarnya

Genius mengatakan bahwa acara ini, dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 29 sampai 31 Juli 2022 di rumah tabuik pasa, dengan menghadirkan kegiatan pameran Ekraf Milenial dari 6 daerah yang ada di Sumatera Barat, dan 12 pelaku Ekraf Milenial dari Kota Pariaman.

"Berbagai produk yang dibuat adalah merupakan hasil kerajinan dari pelaku Ekraf Milenial yang ada, sehingga diharapkan, para kaum Ekraf Milenial ini, dapat mempromosikan hasil kerajinanya serta membangun jaringan bisnisnya pada Festival ini," tukasnya.



Lebih lanjut Genius menuturkan bahwa Kota Pariaman ini kita kembangkan dengan berbasis milenial, mulai sejak awal dari menyusun RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), kalangan milenial ini menjadi tempat-tempat prioritas, baik bagaimana kita mengembangkan disisi pariwisata yang berbasis milenial, ucapnya.

"Karena itu, peran milenial sangat membantu sekali, bagaimana mereka mempromosikan pariwisata dan keunggulan produk Kota Pariaman di berbagai platform media massa, baik itu IG, FB, Twitter maupun media sosial lainya," ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Pariaman ini juga menjelaskan bahwa saat ini Pariwisata Kota Pariaman sangat berkembang, walaupun dua tahun kemaren agak terganggu karena pandemi Covid-19, dimana yang kita butuhkan saat ini adalah pariwisata kita berkembang dengan baik, dan pelaku Ekraf atau UMKM nya juga harus berkembang, sehingga pariwisata itu akan memberikan dampak pada ekonomi, untuk pengembangan ekonomi kreatif di Kota Pariaman ini, ulasnya.

"Festival Ekraf Milenial ini juga sebagai ajang buyer yang ada di Sumbar, untuk melirik dan menjalin kerjasama dengan para pelaku Ekraf yang ada, sehingga kegiatan ini akan berkelanjutan dan mendatangkan income bagi Ekraf Milenial baik di Sumbar dan Kota Pariaman," terangnya.

Genius juga menjelaskan selama 3 hari ini, akan ada sharing knowledge atau buyer talk dari para buyer yang diundang, serta bagaimana kiat-kiat dalam mengemas produk, marketing dan cara promosi yang efektif, agar produk yang dihasilkan diminati dan mendapatkan tempat tersendiri bagi pembeli atau konsumen nantinya, ungkapnya mengakhiri.

Festival Ekraf Milenial ini dibuka dengan pemukulan gandang tambua secara bersama-sama oleh Walikota Pariaman dan istri serta beberapa Kepala OPD yang hadir, dimana acara ini merupakan kerjasama antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman dengan Forum Batajau Seni Piaman, yang akan menampilkan kesenian khas daerah dan performance band yang dibalut dengan alat seni tradisional. (Rel/bd) 

×
Berita Terbaru Update