Notification

×

Iklan

Iklan

Bijaksana Dalam Menggunakan Energi Untuk Masa Depan Cerah

30 Agustus 2022 | 15.13 WIB Last Updated 2022-08-30T08:13:57Z
Sosialisasi hemat energi kepada siswa Sekolah Dasar di Nagari Baringin. (Dok)


Oleh : Muhammad Imam Maulana, Findi Rahma Putri, Irfan fadhila Rahman, Rahimmah Amirna

 

pasbana - Mahasiswa KKN PPM Unand 2022 di Nagari Baringin mengadakan program kerja Sosialisasi Hemat Energi pada Jumat, 12 Agustus 2022 di SDN 07 Baringin, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar.

Kegiatan dilaksanakan sebagai bagian dari KKN – PPM (Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) yang pada tahun ini dilaksanakan oleh mahasiswa dari berbagai macam daerah di Nagari Baringin.

Program Sosialisasi diprakarsai oleh Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Andalas dengan mengangkat tema “Hemat Energi Demi Masa Depan Cerah” yang tentu berkaitan erat dengan ilmu yang ditimba di Kampus.

Sosialisasi ini merupakan program unggulan yang diprakarsai atas dasar tujuan-tujuan pada SGD (Sustainable Development Goal). Tepatnya pada tujuan ke 7, yaitu memastikan akses terhadap energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan dan modern bagi semua. Beberapa mahasiswa bergerak menuju SDN 07 Baringin untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya dan manfaat hemat energi dengan ditanamkan sejak dini yang dikemas secara menarik dan disesuaikan dengan peserta yang dituju, yakni siswa kelas 6. 

Sesuai dengan tema yang diusung, diharapkan semoga dapat tercapai maksud dan tujuan serta dapat memberikan dampak positif bagi para siswa.

Hal yang melatarbelakangi adanya sosialisasi ini yaitu dikarenakan pada saat ini sangat minimnya kesadaran hingga pemahaman siswa sekolah mulai dari tingkat dasar sampai menengah atas dalam memahami pentingnya menghemat energi.


Sementara itu, sumber energi yang menipis setiap tahunnya sedangkan kebutuhan akan energi semakin meningkat membuat kita perlu melakukan aksi nyata dalam mengatasi hal tersebut agar di masa depan kita tidak kekurangan energi.

Pelaksanaan sosialisasi berjalan dengan baik dengan diiringi penuh antusias dari siswa Kelas 6 SDN 15 Baringin, yang Sosialisasi Hemat Energi tersebut dikemas secara interaktif dengan pertanyaan seputar cara menghemat energi di rumah, sekolah, dan masyarakat, manfaat serta dampaknya kedepannya.

“Sosialisasi hemat energi ini tentu akan sangat berguna bagi generasi muda kedepannya, diharapkan semoga setelah ini siswa-siswa akan langsung menerapkan apa yang mereka dapatkan di rumah nantinya, ungkap Wali Kelas 6 SDN 07 Baringin.


Mahasiswa Unand yang terlibat dalam program ini ialah Muhammad Imam Maulana (Teknik Elektro), Findi Rahma Putri (Teknik Elektro), Irfan Fadhilah Rahman (Teknik Mesin), dan Rahimmah Amirna (Teknik Sipil). [*]

×
Kaba Nan Baru Update