Notification

×

Iklan

Iklan

Menikmati Gurihnya Kuah Putih Sate Mega di Padang

16 Februari 2023 | 23.04 WIB Last Updated 2023-02-17T03:05:43Z


Padang, pasbana - Berkunjung ke Kota Padang tak afdal rasanya jika tidak menikmati kuliner khas Minangkabau. Sebagai ibu kota provinsi Sumatera Barat, Padang mempunyai keelokan alam dan kuliner khas yang menggugah selera pengunjung yang datang. 

Kota Padang dikenal dengan makanan khasnya. Ketika berkunjung, wisatawan akan dapat menikmati ragam kuliner daerah. 

Salah satu makanan yang harus dicoba adalah Sate Mega yang berlokasi di Pasar Lubuk Buaya, Kota Padang. Sate Mega ini sudah dirintis  sejak tahun 1975-an yang merupakan usaha turun temurun keluarga. Hingga saat ini sudah mempunyai enam outlet yang tersebar di Kota Padang, masing-masing outlet tersebut dikelola dengan baik oleh sanak keluarga.

Sate ini terbuat dari daging sapi yang mempunyai tekstur lembut dan gurih di setiap potongan dagingnya serta ditambah dengan kuah sate yang berwarna putih keabu-abuan, tentu membuat sate ini berbeda dari sate yang lain.

Olahan kuah sate terbuat dari rempah-rempah alami yang dapat menggugah selera.  

"Semua bahan yang kami gunakan bahan alami, tidak pakai pengawet karena kandungan dalam makanan akan berpengaruh pada kesehatan kita," ujar Ujang Turki, pedagang Sate Mega di depan Pasar Lubuk Buaya, saat diwawancarai, Rabu (15/2/2023). 

Setiap masakan tentu punya ciri khas masing-masing. Namun Sate Mega ini begitu unik, terutama cara pengolahan kuah satenya. Kuah bumbu yang terdiri dari racikan bawang merah, bawang putih, kunyit, yang dimasak dengan kaldu sapi kemudian dikentalkan dengan tepung beras. 

"Sama dengan pembuatan kuah sate pada umumnya, namun Sate Mega ini menggunakan kaldu daging sapi dan ditambah rempah-rempah India," tambah Ujang Turki. 

Warna dari kuah Sate Mega ini memang mempunyai ciri khas tersendiri dibanding dengan sate lain. Semua itu karena dipengaruhi oleh bahan pembuatan yang alami. 

Selain itu, Ujang Turki juga menjelaskan, bahwa ada beberapa konsumen yang sengaja datang untuk mencicipi sate ini. Mereka datang dari berbagai daerah, ada yang dari Bukittinggi, Pasaman, Pekanbaru bahkan sate ini juga pernah dibawa ke Jakarta  

"Apalagi kuah sate ini bisa tahan lebih dari 12 jam," terangnya. 

Harga per porsi sate pun terbilang relatif terjangkau. Satu porsi dikenakan Rp15 ribu, sedangkan untuk setengah porsi dibanderol Rp10 ribu. 

Riri (31), salah seorang pelanggan mengungkapkan bahwa sate ini terbilang unik dan beda dari yang lain. 

"Saya sudah menjadi pelanggan dari tahun 2020 yang mana sate ini mempunyai rasa berbeda dari sate yang lainnya, apalagi harga yang murah dan rasanya yang begitu enak," jelasnya.

Diketahui bahwa enam outlet Sate Mega ini berada di Simpang Kalumpang, Jalan Bhayangkara, Perumahan Singgalang dan tiga outlet-nya berada di Pasar Lubuk Buaya. Jika ingin mencoba gurihnya Sate Mega, silahkan kunjungi outlet nya, dijamin akan ketagihan. Jadi makin tahu Indonesia.(Rel/pb02) 
×
Kaba Nan Baru Update