Notification

×

Iklan

Iklan

Masyarakat Lubuk Gadang Diminta Hati-Hati Terkait Keluarnya Harimau dari Habitatnya

01 April 2023 | 23.26 WIB Last Updated 2023-04-01T16:26:42Z


Solok Selatan, pasbana - Kemunculan Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) akhir-akhir ini membuat masyarakat harus lebih berhati hati melakukan aktivitas tempat sering nya muncul satwa yang biasa dipanggil “inyiak balang” ini.  

Mulai dari Nagari Batang Barus, Gantung Ciri Kabupaten Solok yang telah beberapa bulan ini menjadi lokasi konflik Inyiak balang, Nagari Sungai Gambir Sako Tapan Kabupaten Pesisir Selatan dan yang terakhir di Nagari Lubuk Gadang Utara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. 

Dari beberapa titik lokasi kemunculan satwa Harimau sumatera ini, Kepala Balai KSDA Sumbar Ardi Andono menurunkan Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) untuk melakukan penanganan konflik harimau sumatera dengan manusia yang tentunya tahapan ini sesuai dengan SOP.



Saat ini di Nagari Lubuk Gadang Utara , tim WRU Balai KSDA Sumbar bersama warga dan perangkat nagari dan jorong dan dibantu juga oleh YAD-PRHSD sedang berupaya melakukan penghalauan inyiak balang ini dengan bunyi-bunyian yang mana sebelumnya konflik harimau sumatera ini telah memakan satu ekor sapi milik warga tanggal 25 Maret 2023 pada jorong Bariang Palabihan dan anak kerbau pada awal Maret 2023 di Jorong Koto Rambah.

Selain penghalauan, tim melakukan edukasi dan sosialisasi kepada warga agar selalu berhati-hati dan waspada, tidak pergi sendirian ketika ke kebun, serta mengkandangkan ternaknya dengan cara yang aman. Selanjutnya tim akan terus memantau keberadaan satwa dalam beberapa hari kedepan.(*) 
×
Kaba Nan Baru Update