Notification

×

Iklan

Iklan

Manajemen Pemasaran Bisnis UKM Minuman Teh Es Jamsek

25 Oktober 2023 | 15.26 WIB Last Updated 2023-10-25T08:26:00Z
Gambar Tampilan Stand Teh Es Jamsek Sumber: https://maps.app.goo.gl/1QHG28wHy5c9XxzRA?g_st=ic Padang, 20 September 2023 




Oleh: Feliana Rahmadini 
(Mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas) 

pasbana - Bisnis minuman merupakan industri yang sangat besar dan berkembang pesat di seluruh dunia. Bisnis minuman dapat mencakup berbagai jenis produk, mulai dari minuman non-alkohol seperti es teh, jus, sirup, kopi, minuman berenergi, dan sebagainya. 

Teh es Jamsek adalah merek bisnis minuman yang didirikan oleh pengusaha yang bernama Ibuk Resi Oktiusrita bersama suaminya bapak Guswendri. 

Ia memulai membuka bisnis minumannya dalam bentuk stand di pinggir jalan yang merupakan usaha UMKM (usaha Mikro kecil dan Menengah) yang baru didirikan tahun 2021 dan masi berjalan hingga saat ini. Pengusaha ini tidak hanya memasarkan minuman teh es tetapi juga ada berbagai macam minuman seperti nutrisari, pop ice, susu, sirup, dsb. 

Bisnis usaha minuman ini terletak di kota Padang lebih tepat nya di kelurahan Cupak Tangah. Awal sederhana bisnis ini yaitu dikarenakan pemiliknya yang bernama Ibuk Resi memiliki semangat kewirausahaan yang tinggi untuk menjalankan bisnis minuman yang sukses dimulai dengan ide yang sederhana. 

Ia pun memutuskan untuk membuka stand minuman pinggir jalan. Ia memulai berjualan perlahan-lahan dengan modal yang terbatas. Alasan ia memilih pemasaran bisnis ini adalah karena tidak perlu memiliki modal besar dan SDM yang dibutuhkan pun juga tidak banyak karena membuat minumannya sendiri. Memasarkan bisnis stand pinggir jalan bukanlah tugas yang mudah. Ia harus mengatasi berbagai tantangan, seperti cuaca yang tidak dapat diprediksi dan persaingan dari bisnis sekitar. 

Pengusaha ini tau untuk membedakan diri dari pesaing, kualitas harus menjadi prioritas pertama mereka. Ia selalu berusaha menjaga stand tetap bersih dan rapi. Bisnis yang dimilikinya ini diberi nama “Teh Es Jamsek”. Bisnis teh es jamsek ini adalah stand minuman pinggir jalan yang berdedikasi untuk memberikan pengalaman segar dan nikmat kepada pelanggan. 

Dinamakan teh es jamsek karena lokasi stand penjualannya berada di daerah jamsek, kecamatan Pauh, Kelurahan Cupak Tangah. Pengusaha ini memasarkan produknya dengan ramah dan sopan dalam melayani pelanggan yang ingin membeli minuman. Ia memasarkan minuman dengan berbagai pilihan yang akan memuaskan setiap selera. Ia menawarkan minuman dengan harga terjangkau sehingga pelanggan tidak perlu khawatir tentang anggaran saat datang ke stand. 

Pemasaran dilakukan dengan menjual di lokasi yang strategis dimana sering menjadi tempat mahasiswa-mahasiswa membeli minum sepulang dari kuliahnya. 

“Pandai memilih lokasi yang strategis merupakan salah satu pemasaran yang baik untuk mendapatkan keuntungan penjualan” ujar ibuk Resi. 

Melalui wawancara kepada dua pelanggan yang bernama Riri dan Miche yang merupakan mahasiswa Politeknik Negeri Padang, mereka mengatakan tertarik untuk membeli minuman ini dikarenakan pelayanan yang ramah. 

“Dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik sehingga menghasilkan rasa yang segar dan benar-benar nikmat serta pelayanan disini sangat ramah dan cepat. Ini membuat saya kembali lagi kesini” Ucap salah satu pengunjung bernama Riri. 

“Pelayanannya yang sangat cepat dan ramah itu membuat kunjungan saya terasa menyenangkan” ujar pelanggan, Miche. Untuk menarik lebih banyak pelanggan, Ibuk Resi terus mengembangkan menu mereka. Mereka menambahkan berbagai pilihan minuman dengan rasa-rasa yang unik. 

Mereka juga menyediakan es kul-kul buah yaitu cemilan yang terbuat dari potongan buah yang dicelupkan dalam lelehan coklat kemudian dibekukan, menu ini sudah tertera di spanduk yang ia punya. Ini memberikan variasi kepada pelanggan dan membuat mereka kembali lagi untuk mencoba yang baru. 


Gambar Spanduk Bisnis Buk Yanti Sumber: https://maps.app.goo.gl/1QHG28wHy5c9XxzRA?g_st=ic 



Hal lain yang membuat bisnis buk Resi ini menonjol adalah cara penyajiannya. Ia memutuskan untuk menggunakan gelas ramah lingkungan dan sedotan daur ulang untuk mengurangi limbah plastik. Ia memiliki prinsip bahwa pelayanan pelanggan adalah kunci kesuksesan dalam memasarkan suatu bisnis.

Maka dari itu, ia selalu menyuguhkan minuman dengan senyuman, mendengarkan kebutuhan pelanggan, sehingga pelanggan merasa diperhatikan dan dihargai setiap kali datang ke stand mereka. Bisnis minuman memiliki pasar yang sangat luas dan dapat menjangkau berbagai segmen konsumen, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Bisnis minuman sendiri memiliki potensi besar untuk mendatangkan keuntungan yang besar, terutama di pasar yang terus berkembang seperti Asia. Secara umum semua bisnis bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang optimal, maka kegagalan dalam melaksanakan kegiatan pemasaran akan membawa akibat-akibat yang cukup fatal bagi suatu bisnis, usaha-usaha pemasaran untuk menguasai dan memperluas pasar mempunyai arti yang sangat penting. 

Kegiatan pemasaran bukan hanya sekedar penjualan, tetapi berpusat pada usaha pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia. Untuk dapat meningkatkan keunggulan suatu bisnis minuman harus tetap mempertahankan kualitas, serta pelayanan yang baik. Dalam pemenuhan kebutuhannya, setiap manusia mempunyai preferensi yang berbeda dari produk dan jasa yang dibutuhkan mereka.(*)
×
Kaba Nan Baru Update