Notification

×

Iklan

Iklan

Pj Wako Sonny Terima Penghargaan Apresiasi Pembinaan Proklim dari Kementerian LHK

24 Oktober 2023 | 18.10 WIB Last Updated 2023-10-24T11:10:53Z



Jakarta, pasbana -- Atas kerja keras Pemerintah Kota Padang Panjang dalam pembinaan ProKlim, Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si menerima penghargaan Apresiasi Pembinaan Proklim Tingkat Kota 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Selasa (24/10).

Selain Padang Panjang, penghargaan tersebut juga diserahkan kepada 13 Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. Dirangkai dengan peresmian Rumah Kolaborasi dan Konsultasi Iklim dan Karbon (RKKIK) di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Jakarta. 

Sonny usai menerima penghargaan tersebut, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan khususnya Kementerian LHK yang telah memberikan apresiasi atas kerja Pemko Padang Panjang dalam melakukan pembinaan.

Penghargaan tersebut, lanjut Sonny, menjadi bukti bahwa Pemko melalui dinas terkait terus mengimplementasikan gerakan pengendalian perubahan iklim dengan didorong oleh inisiatif, dedikasi dan komitmen masyarakat yang kuat dalam melaksanakan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Sonny berharap, kegiatan ProKlim ini bisa membawa dampak positif serta dapat memotivasi masyarakat dalam pemanfaatan lahan-lahan kosong di sekitar rumah, khususnya dalam pemenuhan gizi keluarga.

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengungkapkan, ProKlim merupakan program yang memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat dan para pemangku kepentingan yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi.

“Sehingga hal ini dapat mendukung target penurunan emisi GRK (gas rumah kaca-red) nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim. Kita sangat mengapresiasi seluruh elemen, baik pemerintah maupun masyarakat yang telah sungguh-sungguh dan komitmen dalam kegiatan ini,” katanya.

Siti Nurbaya juga mengucapkan terima kasih atas pembinaan yang dilakukan Pemerintah Daerah serta menetapkan arah kebijakan/peraturan dan aktif melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan Proklim di wilayah masing-masing. Hal ini menjadi kontribusi nyata Pemerintah Daerah dalam pengendalian perubahan iklim.

Pada kesempatan tersebut, RT 4, 7, 8 dan 11 Kelurahan Ekor Lubuak, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) juga terpilih sebagai salah satu penerima penghargaan Sertifikat Proklim Utama 2023 dari Kementerian LHK. (rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update