Notification

×

Iklan

Iklan

Pacu Sampan Open Race II di Danau Maninjau Digelar

09 Desember 2023 | 21.29 WIB Last Updated 2023-12-10T00:34:52Z



Agam, pasbana - Kegiatan ini merupakan One Cabor One Event yang dilaksanakan KONI Agam bersama PODSIdan Pemeeintah Nagari. Cabang yang diperlombakan adalah Pacu Sampan (Dragon Board) dan Pacu Biduk Tradisional pada Sabtu (9/12). 

Bupati Agam yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Drs Edi Busti MSi sekaligus sebagai Ketua KONI Kabupaten Agam di dalam sambutan pembukaannya menyebutkan event ini digelar dalam rangka mencari bibit atlet Kabupaten Agam di bidang dayung sekaligus untuk mempromosikan spot pariwisata Agam secara luas. 

"Event yang kita gelar ini merupakan upaya kita dalam menjaring potensi-potensi lokal untuk menjadi atlet dayung Kabupaten yang akan berlaga di kejuaraan-kejuaraan yang ada sekaligus sebagai ajang ujicoba atlet dayung Agam" ucapnya. 

Ia juga menyampaikan, acara tersebut juga diharapkan dapat memberikan dampak pada perekomian masyarakat sekitar khususnya UMKM dengan memperkenalkan berbagai macam kuliner yang ada di daerah selingkar Danau maninjau kepada para pengunjung khususnya dari daerah di luar kawasan Kecamatan Tanjung Raya. 

"Acara ini diharapkan dapat memberikan efek beragam tidak saja terhadap kunjungan wisatawan tetapi juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta sebagai ajang promosi kuliner yang berasal dari biota yang bersumber dari danau ini seperti palai riniak dan ikan bakar" kata Edi. 

Disamping itu, Ketua KONI Agam tersebut menambahkan bahwa jadwal yang disusun panitia akan dilombakan dua cabang dan untuk hari pertama adalah Pacu Sampan (Dragon Board) dengan peserta 12 tim, sementara hari kedua dilaksanakan Pacu Biduak Tradisional hingga saat ini masih dibuka pendaftaran. 

Ketua panitia Zulfahmi ditempat tersebut turut membenarkan keterangan Ketua Koni itu dan menyampaikan  bahwa cabang lomba hari pertama adalah Pacu Sampan (Dragon Board)  beranggotakan tujuh orang dengan enam pendayung dan satu skiper. Sedangkan cabang hari kedua Pacu Biduk Tradisional yaitu satu biduk satu pendayung. 

Ia menjelaskan bagi peserta lomba yang mendapatkan peringkat terbaik akan diikutkan perlombaan di daerah lain serta berhak memperoleh medali serta voucer penginapan dan uang tunai. 

"Bagi peserta yang berhasil menjadi pemenang lomba akan kita ikutkan pada kejuaraan yang ada di daerah lain serta mereka akan mendapatkan apresiasi berupa uang pembinaan, voucer dan penginapan gratis dari pihak sponsor." katanya. 

Zulfahmi sang ketua pelaksana  yang juga merupakan Kepala MAN di daerah tersebut lebih rinci menyampaikan berbagai akomodasi yang akan diterima para peserta terbaik. 

"Untuk lomba Pacu Sampan (Dragon Board) kita akan pilih empat peserta terbaik yaitu juara 1, 2,3 dan harapan 1. Juara 1 diberikan medali emas uang pembinaan sebesar 6 juta  dan hadiah hiburan dari KAFT, untuk juara 2 medali perak dengan uang pembinaan 4 juta dan hadiah hiburan dari KAFT, untuk peringkat 3 medali perunggu dan uang pembinaan 3 juta ditambah hadiah hiburan dari KAFT sedangkan untuk harapan 1 diganjar dengan hadiah uang pembinaan 1 juta." Rinci zulfahmi. 

Apresiasi penghargaan yang akan diterima oleh pemenang pacu biduk tradisional  yang dikhususkan untuk peserta lokal  yaitu bagi juara 1 medali emas, uang pembinaan 3 juta, dan voucher seharga 1 juta dari UWIEN Fly ditambah voucer senilai 300 ribu dari Hotel Maninjau Indah serta hadiah hiburan dari KAFT. Juara 2 memperoleh uang pembinaan 1 juta, voucher seharga 750 ribu dari UWIEN Fly ditambah hadiah hiburan dari KAFT. Juara 3 diberi uang pembinaan 750 ribu, ditambah voucher seharga 500 ribu, serta hadiah hiburan dari KAFT. Peringkat harapan 1 dianugerahi uang pembinaan sebesar 500 ribu dan voucher 100 ribu dari Palanta Abo Cafe. 

Diketahui, sesuai jadwal acara ini digelar selama dua hari Sabtu dan minggu 9 hingga 10 Desember 2023 bertempat di Muaro Suak Nagari Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya dan disela-sela kesibukan akhir tahun Bupati Agam juga turut hadir dan memberikan semangat kepada peserta lomba serta mengingatkan untuk selalu menjaga sportifitas.
×
Kaba Nan Baru Update