Notification

×

Iklan

Iklan

Rumah Adat Sinuruik (Rumah Usang Tuanku Nan Sati) Peninggalan Kerajaan Pertama di Nagari Sinuruik

05 Desember 2023 | 21.54 WIB Last Updated 2023-12-08T04:25:48Z


Pasaman Barat, pasbana --- Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi didampingi Ketua TP. PKK Ny. Titi Hamsuardi, Kepala Dinas Kominfo Imter Pedri, Camat Talamau, LSM dan stakeholder terkait berkunjung ke Rumah Adat Sinuruik atau yang biasa dikenal Rumah Usang Tuanku Nan Sati,  yang berada di Jorong Benteng, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Selasa (5/12). Pada kesempatan itu, Bupati Hamsuardi bersilaturrahmi dengan ninik mamak, penghulu serta penerus keluarga rajo Sinuruik. 

Konon menurut Ninik Mamak salah satunya Joni Putra Tuanku Nan Elok, Didalam rumah terdapat benda-benda peninggalan sejarah berupa keris, pedang, berbagai peninggalan adat, bahkan telur burung garuda yang hanya ada di Rumah Gadang Pesisir Selatan dan di Sinuruik itu. Sementara pada bangunan rumah, dinding terbuat dari kayu, atap dari seng, serta bagian depan rumah juga terdapat rangkiang. 

Dalam arahannya, Bupati Hamsuardi menyebutkan rumah usang itu merupakan peninggalan kerajaan pertama yang berada di Nagari Sinuruik. Kehadirannya pada kesempatan itu tidak lain untuk bersilaturrahmi dan menampung aspirasi ninik mamak dan tokoh adat di Jorong Benteng tersebut. 

"Kalau ada hal yang perlu dibicarakan dan dimusyawarahkan dalam hal pelestarian peninggalan sejarah ini, kita diskusikan bersama. Harapannya rumah ini bisa di jaga. Untuk pembangunan museum dan renovasi sesuai permohonan ninik mamak perlu disepakati terlebih dahulu oleh semua pihak terutama ninik mamak dan tokoh masyarakat di Nagari Sinuruik,” ujarnya 

Sementara itu, Ahli waris Tuanku Sati Nagari Sinuruik mengucap terima kasih atas kedatangan Bupati Hamsuardi beserta rombongan yang telah berkunjung ke rumah usang. Ia menyebutkan, Rumah Usang adalah salah satu peninggalan sejarah di Nagari Sinuruik yang perlu dilestarikan. Selain itu, ada juga musholla yang masih terbengkalai yang membutuhkan bantuan. 

“Kami berharap kepada Pemda dapat membuat objek wisata religius, museum, dan bahkan nantinya pengunjung bisa berziarah ke makam. Mengembangkan potensi wisata tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Mohon bantuan juga untuk pembangunan Musholla Puti Linduang Bulan Jorong Benteng Nagari Sinuruik", tangkasnya. (rel/bd)
×
Kaba Nan Baru Update