Notification

×

Iklan

Iklan

Gempabumi Guncang Tanah Datar dan Sekitarnya

28 Januari 2024 | 01.32 WIB Last Updated 2024-01-28T01:46:03Z


Padang Panjang, pasbana - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,4 mengguncang Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, pada Sabtu (27/01/2024), pukul 23:53 WIB. 
Gempa tersebut dirasakan kuat dan mengagetkan warga di Tanah Datar, Padang Panjang, Bukittinggi, Padang, Padang Pariaman, Pariaman, Pasaman Barat, dan Solok Selatan.
Dari pantauan pasbana.com yang turut merasakan guncangan gempa saat berada di Kelurahan Pasar Usang, Kota Padang Panjang, terlihat sejumlah warga berhamburan keluar rumah dan kedai.
"Gempanya terasa cukup kuat, saya langsung keluar rumah karena takut," kata seorang warga bernama Nila.
Sementara itu, dikutip dari siaran pers Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Padang Panjang, tidak lama setelah kejadian gempa diketahui gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,4.
Koordinat gempa berada pada 0.52 Lintang Selatan, 100.56 Bujur Timur (7 km Barat Daya Batusangkar, Tanah Datar dengan kedalaman 10 Km.
Di Padang Panjang dan Bukittinggi, guncangan gempa terasa hingga MMI III, sedangkan II-III dirasakan di Padang, Padang Pariaman, Pariaman, Pasaman Barat, dan Solok Selatan.
Di Grup WhatsApp BMKG Sumbar dan Media diinformasikan setidaknya dalam satu hari (Sabtu siang hingga malamnya, red) terjadi 5 (lima) kali gempa bumi tidak jauh dari titik koordinat gempa malam ini dengan magnitudo 3.0, 2,8., 3,1., 2,6.,dan 4,4.
Hingga berita ini ditayangkan tidak diperoleh informasi laporan adanya kerusakan maupun korban.
Aparat mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan. Masyarakat juga diimbau untuk mengikuti informasi dari BMKG terkait perkembangan situasi gempa bumi di wilayah tersebut. (tsb) 
×
Kaba Nan Baru Update