Notification

×

Iklan

Iklan

Mira Sukma Yenti, S.Pd: Caleg dengan Prestasi Hafidz 30 Juz, Guru Ngaji yang Siap Memperjuangkan Aspirasi Masyarakat

20 Januari 2024 | 12.03 WIB Last Updated 2024-01-20T05:03:11Z


Tanah Datar, pasbana - Mira Sukma Yenti, S.Pd, adalah seorang guru ngaji hafidz 30 juz yang berasal dari Tanjung Barulak, Tanah Datar, Sumatera Barat. Ia adalah satu-satunya calon legislatif (caleg) dari Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) yang maju di pemilihan umum (pemilu) 2024.

Mira lahir di Tanjung Barulak pada tanggal 19 Mei 1995. Ia merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Ayahnya bernama Mukhtar dan ibunya bernama Yana Alfiana. Mira memiliki seorang kakak perempuan bernama Afni Maya Sari, A. Md, dan seorang adik laki-laki bernama Muhammad Rizky.

Mira menempuh pendidikan dasar di SDN 18 Batipuh, lalu melanjutkan pendidikan menengah pertama di MTs TI Tanjung Barulak. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan menengah atas di MAS TI Tanjung Barulak. Pada tahun 2017, ia lulus dari S1 Tadris Bahasa Inggris di UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Selama masa sekolah, Mira aktif di berbagai organisasi, antara lain UKM Seni Tilawah UIN Mahmud Yunus Batusangkar, LDK AR-RUHUL JADID UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Forum Komunikasi Rumah Tahfizh Kabupaten Tanah Datar, dan Kolaborasi Pemuda Indonesia.

Setelah lulus kuliah, Mira bekerja sebagai guru tahfizh binaan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Ia juga aktif sebagai aktivis PMMD Kementerian Pemuda dan Olahraga, tim penguji validasi hafalan Lajnah Tanah Datar, musyrifah Rumah Quran MQM Batusangkar, dan pengurus Yayasan MQM Batusangkar.

Mira terjun ke dunia politik karena ingin memperjuangkan kepentingan MTI. Ia melihat bahwa MTI merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran penting dalam mencetak generasi yang hafidz Al Quran dan berakhlak mulia. Namun, MTI masih belum mendapatkan perhatian yang layak dari pemerintah.

Mira bertekad untuk memperjuangkan kepentingan MTI jika terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar. Ia ingin memperjuangkan peningkatan kualitas pendidikan di MTI, baik dari segi sarana prasarana maupun kualitas guru. Ia juga ingin memperjuangkan peningkatan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan di MTI.




Mira berharap bahwa kehadirannya di DPRD Kabupaten Tanah Datar dapat menjadi angin segar bagi MTI. Ia ingin MTI dapat terus berkembang dan mencetak generasi yang hafidz Al Quran dan berakhlak mulia.

Pandangan Masyarakat Terhadap Mira Sukma Yenti


Pandangan masyarakat terhadap Mira Sukma Yenti sangat positif. Masyarakat menilai bahwa Mira adalah sosok yang cerdas, berintegritas, dan memiliki komitmen untuk memajukan pendidikan di Tanah Datar.

Salah satu masyarakat yang mendukung Mira adalah Rahmat, seorang warga Tanjung Barulak. Rahmat mengatakan bahwa Mira adalah sosok yang layak untuk menjadi anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar.

"Mira adalah sosok yang cerdas dan berintegritas. Ia juga memiliki komitmen untuk memajukan pendidikan di Tanah Datar," kata Rahmat.

Warga lainnya, yaitu Yusri, juga mendukung Mira. Yusri mengatakan bahwa Mira adalah sosok yang tepat untuk mewakili kepentingan MTI.

"Mira adalah alumni MTI yang telah berkontribusi bagi MTI. Ia juga memiliki komitmen untuk memperjuangkan kepentingan MTI," kata Yusri.

Kesimpulan


Mira Sukma Yenti adalah sosok yang layak untuk menjadi anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar. Ia memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang mumpuni, serta memiliki komitmen untuk memajukan pendidikan di Tanah Datar, khususnya MTI.

Jika terpilih, Mira diharapkan dapat memperjuangkan kepentingan MTI, antara lain peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan, dan peningkatan peran MTI dalam masyarakat.

Bagi Nagari Tanjung Barulak sendiri, Mira berkomitmen untuk bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat Tanjung Barulak sehingga pembangunan di Nagari tersebut dapat ditingkatkan. 

Untuk itu, diharapkan dukungan juga dari Pemuka Nagari agar muncul Anggota Legislatif  dari Tanjung Barulak. Sebagai catatan, Aleg dari Nagari Tanjung Barulak yang duduk di DPRD Tanah Datar terakhir pada periode tahun 2009-2014. Untuk periode selanjutnya tidak ada lagi. (**) 
×
Kaba Nan Baru Update