Follow & Like It !

IKLAN

Budaya

Dunia Sekolah

PARIWISATA

Nagari Pakan Sinayan Agam Deklarasikan Kampung Alquran

On Thursday, January 17, 2019



Agam - Nagari yang dikenal sebagai nagari para ustads atau ulama, Pakan Sinayan, Kabupaten Agam akan mendeklarasikan Nagari Kampung Quran. Warga Nagari Pakan Sinayan akan mendapatkan pembagian 1000 Al-Quran dari para perantau. 

Yusril Dt Maka Pimpinan Sanggar Quran Kamang mengatakan, Kamis (17/1), dalam waktu dekat akan di deklarasikan Pakan Sinayan, Kamang Tengah Sebagai Kampung Quran. Sebanyak 1000 Al-Quran akan dibagikan kepada seluruh warga Pakan Sinayan, Kamang Tengah untuk dihafal minimal satu ayat Al-Quran selama satu minggu.

Lanjut Dt Maka, warga Pakan Sinayan terbiasa membaca, menghafal hingga memahami isi Al-Quran dari segala lapis masyarakat. Kami akan menerapkan hal ini kepada seluruh masyarakat sehingga dengan membaca Al-Quran masyarakat akan semakin mengerti tentang Al-Quran serta meramaikan masjid dan mushala untuk belajar membaca Al-Quran. 

“Kedepannya akan ada aturan-aturan sosial yang nantinya harus ditaati oleh seluruh warga disekitar Nagari Pakan Sinayan, Kamang, Kabupaten Agam. Aturan sosial yang berlaku diantaranya, usai adzan magrib warga diharapkan mengaji di rumah atau di masjid atau mushala, (Bagi warga yang dirumah dilarang menonton televisi). Anak-anak hingga dewasa yang berjenis kelamin perempuan diwajibkan menggunakan jilbab saat dirumah maupun saat bepergian ke luar rumah, (Kebiasaan menutup aurat bagi perempuan harus dibiasakan sejak dini). Selain itu, seluruh warga di Nagari Pakan Sinayan diwajibkan dapat menghafal ayat-ayat suci Al-Quran meskipun hanya Satu Ayat Satu Minggu,” ujar Dt Maka.

Sementara itu menurut Dt Maka, Sanggar Quran sebagai wadah pembelajaran membaca, menulis, memahami bahkan hingga menghafal Al-Quran terbuka bagi masyarakat umum. 

Saat ini Sanggar Quran terdiri dari anak-anak tingkat SD, SMP hingga orang dewasa. Lokasi Sanggar Quran itu sendiri sudah menyebar di 16 titik nagari di sekitar Bukittinggi-Agam dan terpusat di Pakan Sinayan, Kamang Magek, Kabupaten Agam. 

Ustads, Yasril Dt Maka pemrakarsa Sanggar Quran mengatakan, meski baru terbentuk satu tahun namun sudah lebih dari 100 orang yang ikut di Sanggar Quran di Nagari Pakan Sinayan. Biasanya kegiatan belajar Al-Quran pada malam hari dan berlangsung selama 3 kali seminggu.

"Rencananya semua kegiatan ini akan diawasi oleh seluruh warga sendiri demi terwujudnya Kampung Quran yang madani di Nagari Pakan Sinayan, Kamang Tengah ini," tutup Ustads Yusril Dt Maka. (Rizky)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

HUKRIM

Video Moment

INSPIRASI KEHIDUPAN

CARITO LAPAU