Notification

×

Iklan

Iklan

Bandar Sabu Tewas Di Depan Mapolres 50 Kota, Pasca Baku Tembak Dengan Polisi

07 September 2019 | 19.36 WIB Last Updated 2019-09-07T12:36:48Z
Tempat Kejadian baku tembak antara YD dan Polisi di depan Mapolres 50 Kota ( foto : Dok.Prokabar)

Limapuluh Kota -- Satresnarkoba dan Satreskrim Polres 50 Kota terlibat baku tembak dengan salah seorang bandar narkoba asal Pekanbaru, YD (32) di depan Mapolres 50 Kota, Sabtu (7/9/2019) sekitar pukul 09.30 WIB. Dalam aksi kontak senjata ini, YD tewas setelah peluru polisi menembus lehernya. Sedangkan NL, rekan YD juga terluka di tangan kanan karena terserempet peluru polisi. 

Saat dilakukan penggeledahan di mobil Honda Jazz warna putih BM 1516 SF milik YD, ditemukan sekitar 400 gram sabu-sabu, 1 timbangan digital dan 1 buah senjata api jenis FN. Kejadian kontak senjata ini berawal saat YD menerobos razia Satlantas Polres 50 Kota di wilayah Pangkalan sembari mengacungkan senjata api ke arah petugas dan pengendara lain. 

Petugas yang melihat hal tersebut langsung berkoordinasi dengan petugas Piket di Mapolres 50 kota. Sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara YD dengan petugas Satlantas. Beberapa kali, YD menabrak kendaraan lain di sepanjang jalan dari Pangkalan hingga depan Mapolres 50 Kota.

Aksi tembak menembak antara petugas Polres 50 Kota dengan YD terjadi pukul 09.30 WIB. Sebelum berlangsung aksi tembak menembak ini, YD sempat kejar-kejaran dengan Petugas sejak dari Pangkalan. 

Saat YD melintas di Pangkalan sekitar pukul 08.00 WIB, petugas Satlantas Polres 50 Kota tengah melakukan razia. Di sana, YD tidak mengindahkan imbauan polisi untuk menepi dan tetap melaju menuju Tanjung Pati dari arah Kota Pekanbaru. 
Melihat hal ini, polisi melakukan pengejaran terhadap YD. Namun tanpa diduga YD mengacungkan senjata api dan memuntahkan beberapa kali tembakan ke arah polisi yang mengejar, serta beberapa pengendara lain di sepanjang jalan. 
Melihat hal tersebut, Satlantas Polres 50 Kota langsung berkomunikasi dengan petugas yang tengah piket di Polres 50 Kota untuk menindaklanjuti ulah pengendara yang menerobos razia yang menggunakan senjata api ini.

Mengetahui dirinya tengah dikejar, YD yang melaju ke arah Tanjung Pati tancap gas. Bahkan terlibat beberapa tabrakan dengan pengendara lain. Namun, pelariannya terhenti di depan Mapolres 50 Kota setelah petugas melakukan pemblokiran jalan. 

Menjelang YD mendekati pemblokiran, ia kembali mengeluarkan tembakan ke arah polisi yang berada di pinggir jalan. Sontak tembakan tersebut dibalas polisi dan mengenai leher YD. Alhasil, YD tewas di tempat. Sedangkan temannya NL, mengalami luka-luka karena terkena serempetan peluru petugas. 

“Kami terpaksa melakukan tindakan yang terukur karena YD telah membahayakan petugas yang akan hendak memberhentikannya. Ia mengeluarkan beberapa kali tembakan sambil tetap melaju. Karena itulah kami terpaksa membalas setelah 3 kali tembakan peringatan tidak diacuhkan. Tembakan kami tepat mengenai leher YD dan ia tewas di tempat,” Kata Kapolres 50 Kota, AKBP. Haris Hadis melalui Kasat Resnarkoba, Iptu Hendri Has seperti dikutip dari Covesia.com, Sabtu (7/9/2019).

Usai mobil YD terhenti, petugas langsung mengamankan NL dan melakukan penggeledahan. Di mobil ini, petugas menemukan setengah kilogram sabu-sabu, 1 timbangan digital dan 1 buah senjata api. 

Saat ini, jenazah YD telah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara di Padang untuk keperluan autopsi. Sedangkan teman wanitanya, NL dilarikan ke rumah sakit Adnan WD Payakumbuh untuk menjalani perawatan.(Sumber: Covesia)
×
Kaba Nan Baru Update