Notification

×

Iklan

Iklan

MadarRusli , Penyuluh Kehutanan Yang Tulus Mengabdi

18 Juli 2016 | 19.00 WIB Last Updated 2016-07-19T02:45:39Z

Tumbuh Dengan Kemauan Kua

MadarRusli kecil terlahir dari keluarga yang bersahaja di sebuah daerah bernama Sungai Liku, pada tanggal 16 Agustus 1970. Semenjak kecil, kebiasaan untuk hidup secara mandiri telah ditanamkan oleh kedua orangtuanya. Dari didikan yang berkualitas ini, terbentuk lah mental baja dan kemauan yang kuat dalam meraih dan mewujudkan sebuah cita-cita. Setelah menikah dengan wanita pilihan nya Noviarti, ia dikaruniai  7 orang anak.


Berkarir Sebagai Penyuluh Kehutanan

Selepas dari pendidikan yang ia tempuh, Madar Rusli berkesempatan menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Kota Padang Panjang . Berkantor di Kantor Ketahanan Pangan Kota Padang Panjang , ia mulai menekuni karir sebagai Penyuluh Kehutanan di kota tersebut.


Dengan berpegang pada motto " Tiada Hari Tanpa Kebaikan" , MadarRusli mulai bekerja menyelamatkan hutan yang berada di sekitar Bukit Tui, yang merupakan rangkaian Bukit Barisan. Dengan rajin memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar mau menjaga kelestarian hutan .



Memiliki Rencana Kerja Yang Matang

Beberapa rencana kerja  yang telah ia susun adalah terwujudnya PHBM di kawasan hutan lindung di 4 kelurahan di Wilayah Kota Padang Panjang. Kedua,  meminimalisir illegal Logging. Ketiga,  pengembangan jasa lingkungan berbasis ekowisata. Keempat, mendorong penumbuhan dan pengembangan KTH. Dan terakhir, memfasilitasi peningkatan produksi kayu rakyat. 


Untuk mewujudkan rencana kerja sebagai Penyuluh Kehutanan, MadarRusli menetapkan beberapa sasaran kegiatan adalah pelaku utama dan pelaku usaha rimbawan sekitar kawasan hutan. Hal ini diharapkan tercapai outcome yaitu terwujudnya masyarakat sejahtera hutan lestari. Inilah hasil dari sebuah program kemasyarakatan yang berusaha menjaga kelestarian hutan dan tetap memberikan kontribusi secara ekonomis bagi masyarakat.(*)
×
Kaba Nan Baru Update